INOVASI PEMBELAJARAN IPS MELALUI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK)

Authors

  • Tiwan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Tutuk Ningsih UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Puwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3233

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPS yang monoton serta minimnya penggunaan meda dan sumber belajar menyebabkan munculnya sikap disrutif siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan inovasi pembelajaran IPS melalui Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode lapangan (field research) yang fokus pada inovasi pembelajaran IPS melalui Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) di MI Muhammadiyah Karanglo Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis datanya dengan teknik interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dalam menemukan hasil penelitian. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa dalam perencanaan dan pembelajaran IPS di kelas IV MI Muhammadiyah Karanglo, guru telah menerapkan TPACK sehingga mampu mengintegrasikan teknologi pembelajaran pada kegiatan pembelajaran. Dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajarannya, guru telah mampu menerapkan teknologi pembelajaran pada kegiatan pembelajaran. Teknologi pembelajaran dimanfaatkan guru sebagai acuan, sumber belajar, dan media pembelajaran.

Keywords:

pembelajaran IPS, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyono, F., Stkip, P., & Sumenep, P. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam belajar pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SDN gapura timur I sumenep. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 60–67. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2516

Cox, S., & Graham, C. R. (2009). Diagramming TPACK in Practice: Using an Elaborated Model of the TPACK Framework to Analyze and Depict Teacher Knowledge. TechTrends, 53(5), 60–69. https://doi.org/10.1007/s11528-009-0327-1

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Ilham, M., & Hardiyanti, W. E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ips Dengan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Globalisasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 12–29. https://doi.org/10.30659/PENDAS.7.1.12-29

Kemdikbud. (2017). Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah.

Kurniawan, H. (2015). Pembelajaran Kreatif Untuk Mewujudkan Anak-Anak Yang Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 20(2), 205–216. https://doi.org/10.24090/INSANIA.V20I2.1433

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2008). Introducing Technological Pedagogical Content Knowledge. Erickson Hall, College of Education . https://www.researchgate.net/publication/242385653_Introducing_Technological_Pedagogical_Content_Knowledge

Nafisah, D., & Ghofur, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android dalam Pembelajaran IPS. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 144–152. https://doi.org/10.37859/EDUTEACH.V1I2.1985

Nevrita, Asikin, N., & Amelia, T. (2020). Analisis Kompetensi TPACK pada Media Pembelajaran Guru Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 203–217. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16709

Ningsih, T. (2022). Transformasi Moral Digital Dalam Pembelajaran (D. W. S. Lestari, Ed.). Rumah Kreatif Wadas Kelir.

Novikasari, I. (2009). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 346–364. https://doi.org/10.24090/INSANIA.V14I2.338

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian dalam Penelitian Bahasa. digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf.

Priyanti, R. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad 21.

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49–55. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I1.1325

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.32493/JPKN.V6I1.Y2019.P65-74

Rahman, B. (2015). Mempersiapkan guru professional (suatu pendekatan komprehensif). FKIP Universitas Lampung.

Rahmawati, B. F., & Zidni, Z. (2019). Identifikasi Permasalahan-Permasalahan dalam Pembelajaran IPS. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.29408/FHS.V3I1.1844

Ratri, S. (2018). Digital Storytelling Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 01(01), 1–8. https://www.researchgate.net/publication/334162861

Rosyid, A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 0(0). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8962

Schmid, M., Brianza, E., & Petko, D. (2020). Developing a short assessment instrument for Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK.xs) and comparing the factor structure of an integrative and a transformative model. Computers & Education, 157, 103967. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2020.103967

Smaldino, S. E., Deborah L., Lowther, & James d. Russel. (2011). Instructional technology and media for learning: teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Kencana. https://lib.ui.ac.id

subhan, muhammad. (2020). Analysis of the Application of Technological Pedagogical Content Knowledge to the Process Learning Curriculum 2013 in Class V: International Journal of Technology Vocational Education and Training, 1(2), 174–179. https://doi.org/10.46643/IJTVET.V1I2.51

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Sulfemi, W., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68.

Sutarsih, E., & Misbah, M. (2021). Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jurnal Kependidikan, 9(1), 69–82. https://doi.org/10.24090/JK.V9I1.4762

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Zohar, A. (2013). Challenges in wide scale implementation efforts to foster higher order thinking (HOT) in science education across a whole school system. Thinking Skills and Creativity, 10, 233–249. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2013.06.002

Downloads

Abstract Views : 2156
Downloads Count: 1691

Published

2022-10-27

How to Cite

Tiwan, & Tutuk Ningsih. (2022). INOVASI PEMBELAJARAN IPS MELALUI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK). Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1385–1395. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3233

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.