INOVASI PEMBELAJARAN IPS MELALUI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK)
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3233Abstract
Pelaksanaan pembelajaran IPS yang monoton serta minimnya penggunaan meda dan sumber belajar menyebabkan munculnya sikap disrutif siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan inovasi pembelajaran IPS melalui Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode lapangan (field research) yang fokus pada inovasi pembelajaran IPS melalui Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) di MI Muhammadiyah Karanglo Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis datanya dengan teknik interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dalam menemukan hasil penelitian. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa dalam perencanaan dan pembelajaran IPS di kelas IV MI Muhammadiyah Karanglo, guru telah menerapkan TPACK sehingga mampu mengintegrasikan teknologi pembelajaran pada kegiatan pembelajaran. Dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajarannya, guru telah mampu menerapkan teknologi pembelajaran pada kegiatan pembelajaran. Teknologi pembelajaran dimanfaatkan guru sebagai acuan, sumber belajar, dan media pembelajaran.
Keywords:
pembelajaran IPS, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)Downloads
References
Budiyono, F., Stkip, P., & Sumenep, P. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam belajar pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SDN gapura timur I sumenep. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 60–67. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2516
Cox, S., & Graham, C. R. (2009). Diagramming TPACK in Practice: Using an Elaborated Model of the TPACK Framework to Analyze and Depict Teacher Knowledge. TechTrends, 53(5), 60–69. https://doi.org/10.1007/s11528-009-0327-1
Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Ilham, M., & Hardiyanti, W. E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ips Dengan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Globalisasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 12–29. https://doi.org/10.30659/PENDAS.7.1.12-29
Kemdikbud. (2017). Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah.
Kurniawan, H. (2015). Pembelajaran Kreatif Untuk Mewujudkan Anak-Anak Yang Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 20(2), 205–216. https://doi.org/10.24090/INSANIA.V20I2.1433
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2008). Introducing Technological Pedagogical Content Knowledge. Erickson Hall, College of Education . https://www.researchgate.net/publication/242385653_Introducing_Technological_Pedagogical_Content_Knowledge
Nafisah, D., & Ghofur, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android dalam Pembelajaran IPS. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 144–152. https://doi.org/10.37859/EDUTEACH.V1I2.1985
Nevrita, Asikin, N., & Amelia, T. (2020). Analisis Kompetensi TPACK pada Media Pembelajaran Guru Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 203–217. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16709
Ningsih, T. (2022). Transformasi Moral Digital Dalam Pembelajaran (D. W. S. Lestari, Ed.). Rumah Kreatif Wadas Kelir.
Novikasari, I. (2009). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 346–364. https://doi.org/10.24090/INSANIA.V14I2.338
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian dalam Penelitian Bahasa. digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf.
Priyanti, R. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad 21.
Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49–55. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I1.1325
Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.32493/JPKN.V6I1.Y2019.P65-74
Rahman, B. (2015). Mempersiapkan guru professional (suatu pendekatan komprehensif). FKIP Universitas Lampung.
Rahmawati, B. F., & Zidni, Z. (2019). Identifikasi Permasalahan-Permasalahan dalam Pembelajaran IPS. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.29408/FHS.V3I1.1844
Ratri, S. (2018). Digital Storytelling Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 01(01), 1–8. https://www.researchgate.net/publication/334162861
Rosyid, A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 0(0). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8962
Schmid, M., Brianza, E., & Petko, D. (2020). Developing a short assessment instrument for Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK.xs) and comparing the factor structure of an integrative and a transformative model. Computers & Education, 157, 103967. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2020.103967
Smaldino, S. E., Deborah L., Lowther, & James d. Russel. (2011). Instructional technology and media for learning: teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Kencana. https://lib.ui.ac.id
subhan, muhammad. (2020). Analysis of the Application of Technological Pedagogical Content Knowledge to the Process Learning Curriculum 2013 in Class V: International Journal of Technology Vocational Education and Training, 1(2), 174–179. https://doi.org/10.46643/IJTVET.V1I2.51
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.
Sulfemi, W., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68.
Sutarsih, E., & Misbah, M. (2021). Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jurnal Kependidikan, 9(1), 69–82. https://doi.org/10.24090/JK.V9I1.4762
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Zohar, A. (2013). Challenges in wide scale implementation efforts to foster higher order thinking (HOT) in science education across a whole school system. Thinking Skills and Creativity, 10, 233–249. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2013.06.002
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tiwan, Ningsih Tutuk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).