PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI MAHASISWA TINGKAT II PGSD
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3261Abstract
Sebagai calon guru SD, mahasiswa PGSD dituntut untuk memperoleh keterampilan dalam menyusun perencanaan pembelajaran matematika. Akan tetapi ditemukan masih begitu banyak mahasiswa PGSD yang kurang terampil dalam menyusun perangkat pembelajaran matematika di SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar perencanaan pembelajaran matematika bagi mahasiwa Tingkat II PGSD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development yang mengacu pada model pengembangan dari Plomp dan disederhanakan menjadi emapt fase, yaitu investigasi awal, rancangan, realisasi atau konstruksi, pengujian, dan evaluasi dan revisi. Penelitian ini dilakukan di Unika Santu Paulus Ruteng dengan jumlah subjek penelitian 54 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahan ajar perencanaan pembelajaran matematika terbukti valid, praktis, dan efektif. Kevalidan didasarkan pada persentase penilaian dari 3 validator, yaitu 87,96% termasuk dalam kategori sangat layak. Kepraktisan didasarkan pada ketuntasan nilai yang diperoleh mahasiswa pada kelas uji coba yang menggunakan bahan ajar tersebut, yaitu nilai minimum 60 dan maksimal 95 sehingga dinilai tuntas dan bahan ajar tersebut praktis. Sedangkan keefektifan didasarkan pada nilai rata-rata kelompok 1 (kelas uji coba) lebih tinggi dari kelompok 2 (kelas kontrol), yaitu 73,14 > 69,74. Dengan demikian, bahan ajar tesebut layak digunakan karena valid, praktis, dan efektif.
Keywords:
bahan ajar, matematika, perencanaan pembelajaranDownloads
References
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2010). Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas. Jakarta: Depdiknas. Retrieved from https://teguhsasmitosdp1.files.wordpress.com/2010/06/22-juknis-pengembangan-bahan-ajar-_isi-revisi__0104.pdf
Hamzah, H. M. A., & Muhlisrarini. (2016). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika (1st ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Ismail, F., Pawero, A. M. D., & Umar, M. (2021). Education Planning and Its Implications for Education Policy during the Covid-19 Pandemic. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(2), 110. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i2.4441
Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran (1st ed.). Medan: UIN Sumatera Utara.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Marsi, N. ., Candiasa, & Kirma, I. . (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Kemampuan Abstraksi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11.
Maulana, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Santri Pesantren Ribathul Khail Kutai Kartanegara. Jurnal Theorems, 4(2), 219–227.
Milla, H., Yusuf, E., Suharmi, S., Zufiyardi, Z., Efendi, R., & Annisa, A. (2021). Analysis of the Implementation of Online Learning During Covid-19. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(4), 538. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i4.2577
Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133–140.
Nardi, M. (2019). Kurikulum Program Studi PGSD. Prodi PGSD. Retrieved from https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Pradhana, D., Hobri, & Susanto. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter dengan pendekatan Pendekatan CTL Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Bangsalsari Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Kadikma, 5(1), 49–58. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/download/1147/932/
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (1st ed.). Yogyakarta: Diva Press.
Priyani, N. E. (2021). Pengembangan Modul Etnomatematika Berbasis Budaya Dayak dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Joyfull Learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 109–124. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.226
Selvyanti, P. S., Suryana, Y., & Pranata, O. H. (2020). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 234–242.
Siregar, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Melalui Supervisi Akademik Dengan Teknik Kunjungan Kelas. Aksioma, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.22487/aksioma.v8i1.198
Siregar, Y. (2013). Kompetensi Guru dalam Bidang Strategi Perencanaan dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 3(1), 39–48. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.114
Sukiyanto. (2018). Pengembangan Rencana Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Stad Dan Teori Vygotsky. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 91–101. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.24
Susilawati, W. (2018). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika (I). Jakarta: CV. Insan Mandiri. Retrieved from http://repo.unikadelasalle.ac.id/index.php?p=show_detail&id=11176&keywords=
Utaminingsih, C. D. T. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik dalam Materi Pecahan untuk Kelas 5 SD. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 408–419.
Yayuk, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Untuk Mahasiswa PGSD Semester 6. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 172–182. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p172-182
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mariana Jediut, Sabina Ndiung, Fransiska Jaiman Madu, Eliterius Sennen, Arnoldus Helmon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).