PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI COMIC PAGE CREATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alia Rohani Uin Sumatera Utara Medan
  • Nirwana Anas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3134

Abstract

Kemampuan membaca merupakan literasi dasar yang harus dimiliki oleh siswa sekolah dasar. Media comic page merupakan penunjang tercapainya kemampuan membaca yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Comic Page Creator dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelitian Four D Models dengan tahapan define (Pendefinisian), design (disain), develop (Pengembangan), disseminate (penyebaran). Adapun teknik dari penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dan uji coba lapangan dengan penyebaran angket dan terealisasikan dengan membaca komik, media komik pembelajaran ini dengan melalui tahap uji validasi, adapun yang menjadi sasaran dalam penelitian yang dilakukan adalah peserta didik di kelas 2 sekolah dasarsebanyak 20 siswa. Berdasarkan hasil media komik pembelajaran yang dibuat oleh penulis layak atau relavan digunakan untuk proses penelitian yang dilakukan oleh penulis, serta respon dari 20 peserta didik mendapat rata-rata skor terbeser 95% dengan kategori “Sangat relavan/sangat baik” untuk digunakan sebagai meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Media komik sebagai media pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 sekolah dasar. Bagi peneliti selanjutnya, dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis komik pembelajaran dengan lebih baik untuk keterampilan berbahasa selain membaca yaitu berbicara dan menulis.

Keywords:

kemampuan membaca, media komik, media pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizi, M., & Prasetyo, S. (2018). Kontribusi Pengembangan Media Komik Ipa Bermuatan Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam Untuk Siswa Mi/Sd. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 75. https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0902-07

Bakar, Z. A., & Ismail, N. H. A. (n.d.). Persepsi Dan Sikap Pelajar Terhadap Pendekatan Konstruktivisme Serta Kesan Terhadap Pencapaian Dalam Mata Pelajaran Matematik Di Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Malaysia. 8.

Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(45), 177.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media. (March).

Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 11. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.28982

Hafid, H. A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana, 6(2), 69–78.

Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera, 17(1), 90–106. https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Ikbal Barlian. (2013). Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru. Jurnal Forum Sosial, 6(1), 241–246.

Karo-Karo S, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM, VII.

Kustianingsari, N., & Dewi, U. (2015). Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Teks Cerita Manusia Dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas V SDN Putat Jaya III/39 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–9.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8

Muqdamien, B. … Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Puspitorini, R. … Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385

Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas Iv Sd Developing Character-Based Education Comic Media On Integratif-Thematic Learning For Fourth Grade. Jurnal Prima Edukasia, 3(1). https://doi.org/10.1016/S0002-9378(15)30176-9

Srimelisa, D. … Arief, E. (2019). Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Bayang Utara. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 53–61. https://doi.org/10.24036/103914-019883

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91

Widyaningrum, I. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Luminor Mangga Besar Jakarta Barat. Jurnal STEI Ekonomi, XX(Xx), 1–22.

Downloads

Abstract Views : 2262
Downloads Count: 1548

Published

2022-10-27

How to Cite

Alia Rohani, & Anas, N. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI COMIC PAGE CREATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1287–1295. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3134

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.