PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI COMIC PAGE CREATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3134Abstract
Kemampuan membaca merupakan literasi dasar yang harus dimiliki oleh siswa sekolah dasar. Media comic page merupakan penunjang tercapainya kemampuan membaca yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Comic Page Creator dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelitian Four D Models dengan tahapan define (Pendefinisian), design (disain), develop (Pengembangan), disseminate (penyebaran). Adapun teknik dari penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dan uji coba lapangan dengan penyebaran angket dan terealisasikan dengan membaca komik, media komik pembelajaran ini dengan melalui tahap uji validasi, adapun yang menjadi sasaran dalam penelitian yang dilakukan adalah peserta didik di kelas 2 sekolah dasarsebanyak 20 siswa. Berdasarkan hasil media komik pembelajaran yang dibuat oleh penulis layak atau relavan digunakan untuk proses penelitian yang dilakukan oleh penulis, serta respon dari 20 peserta didik mendapat rata-rata skor terbeser 95% dengan kategori “Sangat relavan/sangat baik” untuk digunakan sebagai meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Media komik sebagai media pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 sekolah dasar. Bagi peneliti selanjutnya, dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis komik pembelajaran dengan lebih baik untuk keterampilan berbahasa selain membaca yaitu berbicara dan menulis.
Keywords:
kemampuan membaca, media komik, media pembelajaranDownloads
References
Azizi, M., & Prasetyo, S. (2018). Kontribusi Pengembangan Media Komik Ipa Bermuatan Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam Untuk Siswa Mi/Sd. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 75. https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0902-07
Bakar, Z. A., & Ismail, N. H. A. (n.d.). Persepsi Dan Sikap Pelajar Terhadap Pendekatan Konstruktivisme Serta Kesan Terhadap Pencapaian Dalam Mata Pelajaran Matematik Di Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Malaysia. 8.
Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(45), 177.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media. (March).
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 11. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.28982
Hafid, H. A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana, 6(2), 69–78.
Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera, 17(1), 90–106. https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Ikbal Barlian. (2013). Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru. Jurnal Forum Sosial, 6(1), 241–246.
Karo-Karo S, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM, VII.
Kustianingsari, N., & Dewi, U. (2015). Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Teks Cerita Manusia Dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas V SDN Putat Jaya III/39 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–9.
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8
Muqdamien, B. … Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
Puspitorini, R. … Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385
Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas Iv Sd Developing Character-Based Education Comic Media On Integratif-Thematic Learning For Fourth Grade. Jurnal Prima Edukasia, 3(1). https://doi.org/10.1016/S0002-9378(15)30176-9
Srimelisa, D. … Arief, E. (2019). Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Bayang Utara. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 53–61. https://doi.org/10.24036/103914-019883
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91
Widyaningrum, I. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Luminor Mangga Besar Jakarta Barat. Jurnal STEI Ekonomi, XX(Xx), 1–22.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Alia Rohani, Nirwana Anas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).