PENGGUNAAN LEARNINGAPPS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurkholis Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Hendri Raharjo IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Toto Santi Aji Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3108

Keywords:

learningapps, pembelajaran interaktif, pembelajaran jarak jauh

Abstract

Learningapps adalah salah satu media pembelajaran berbasis web yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh (Daring). Selain itu, learningapps juga dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sebagai sarana atau media interaktif dalam pembelajaran apapun. Terlebih pada masa pandemi, kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan sebagaimana mestinya. Guru juga harus menggunakan media pembelajaran interaktif yang berbasis teknologi untuk menunjang kegiatan tersebut. Di zaman yang serba digital 5.0 tidak mengeherankan seorang Guru dituntut untuk melek teknologi agar tidak ketinggalan informasi kebaharuan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi pentingnya penggunaan learningapps sebagai media pembelajaran interaktif di Sekolah Dasar. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif dengan tahapan pra-penelitian dan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test sebagai instrument utama, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan learningapps sebagai media pembelajaran interaktif berdampak baik terhadapan sasaran objeknya yaitu siswa sekolah dasar. Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa sekolah dasar memerlukan pembelajaran yang inovatif, interaktif dan bervariatif. Sehingga menghasilkan pemikiran yang kreatif dalam menuangkan ide dan pendapatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abawi, K. (2013). Data Collection Instruments (Questionnaire & Interview). Training in Sexual and Reproductive Health Research Geneva, 1(Geneva Workshop 2013), 18.

Adawiyah, R., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2022). Pengembangan Media Magic Box Sikla ( Siklus Air ) pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Kelas V. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 6(1), 599–606.

Arif, J. R., Faiz, A., & Septiani, L. (2022). Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 201–210.

Dikdasmen, K. (2016). Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Mahfud, C., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Sinapoy, M. S., Rafliana, I., Djalante, S., Gunawan, L. A., Anindito, R., Warsilah, H., & Surtiari, I. G. A. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 100091. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091

Faiz, A., Hakam, K. A., Nurihsan, J., & Komalasari, K. (2022). Pembelajaran Kognitif Moral melalui Cerita Dilema Berbentuk Animasi. Jurnal Basicedu, 6(4), 6463–6470.

Firmansyah, B. (2020). Pengembangan Blended Learning Melalui Aplikasi E-Campus Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. Edulead, 2(2), 72–83.

Flick, U. (2013). Qualitative Data Analysis (the SAGE h). SAGE Publication Ltd.

Hidayati, I. F., & Prihatin, T. (2016). Pengelolaan Kurikulum Sekolah Alam di TK Alam Al Biruni Cirebon. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(1), 32–39. https://doi.org/10.15294/ijcets.v4i1.14275

Jansen, H. (2010). The logic of qualitative survey research and its position in the field of social research. Forum: Qualitative Social Research Socialforschung, 11(2), 1–22.

Liwis, N., Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus V Kecamatan Buleleng. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 116–126.

Meidawati. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1–5.

Mitia Arizka Wardani, Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2).

Priyambodo, P. (2020). Inovasi pembelajaran berbasis teori kecerdasan majemuk untuk pengembangan peran sekolah di era 4.0. Humanika, 19(2), 139–156. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29269

Qadar, R. (2015). Mengakses Aspek Afektif Dan Kognitif Pada Pembelajaran Optika Dengan Pendekatan Demonstrasi Interaktif. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 1–11.

Ratnawati, S. R., & Werdiningsih, W. (2020). Pemanfaatan e-learning sebagai inovasi media pembelajaran PAI di era revolusi industri 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 199–220. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1429

Riyanti. (2020). Pengembangan Perangkat pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Septiyani, L., Faiz, A., Yuningsih, D., & Iman, B. N. (2021). Use of Educational Game Website Media in Online Learning on Student’S Critical Thinking. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 381–388. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8395

Sutirman. (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif (1st ed.). Graha Ilmu.

Tacq, J. (2011). Causality in qualitative and quantitative research. Quality and Quantity, 45(2), 263–291. https://doi.org/10.1007/s11135-009-9293-0

Weinberger, Y. (2018). Using qualitative research methods to cope with the educational complexity. Journal of Education and Human Development, 7(1), 135–145. https://doi.org/10.15640/jehd.v7n1a16

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Nurkholis, Hendri Raharjo, & Toto Santi Aji. (2022). PENGGUNAAN LEARNINGAPPS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1508–1515. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3108

Issue

Section

Articles