PENGGUNAAN LEARNINGAPPS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3108Abstract
Learningapps adalah salah satu media pembelajaran berbasis web yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh (Daring). Selain itu, learningapps juga dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sebagai sarana atau media interaktif dalam pembelajaran apapun. Terlebih pada masa pandemi, kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan sebagaimana mestinya. Guru juga harus menggunakan media pembelajaran interaktif yang berbasis teknologi untuk menunjang kegiatan tersebut. Di zaman yang serba digital 5.0 tidak mengeherankan seorang Guru dituntut untuk melek teknologi agar tidak ketinggalan informasi kebaharuan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi pentingnya penggunaan learningapps sebagai media pembelajaran interaktif di Sekolah Dasar. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif dengan tahapan pra-penelitian dan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test sebagai instrument utama, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan learningapps sebagai media pembelajaran interaktif berdampak baik terhadapan sasaran objeknya yaitu siswa sekolah dasar. Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa sekolah dasar memerlukan pembelajaran yang inovatif, interaktif dan bervariatif. Sehingga menghasilkan pemikiran yang kreatif dalam menuangkan ide dan pendapatnya.
Keywords:
learningapps, pembelajaran interaktif, pembelajaran jarak jauhDownloads
References
Abawi, K. (2013). Data Collection Instruments (Questionnaire & Interview). Training in Sexual and Reproductive Health Research Geneva, 1(Geneva Workshop 2013), 18.
Adawiyah, R., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2022). Pengembangan Media Magic Box Sikla ( Siklus Air ) pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Kelas V. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 6(1), 599–606.
Arif, J. R., Faiz, A., & Septiani, L. (2022). Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 201–210.
Dikdasmen, K. (2016). Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.
Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Mahfud, C., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Sinapoy, M. S., Rafliana, I., Djalante, S., Gunawan, L. A., Anindito, R., Warsilah, H., & Surtiari, I. G. A. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 100091. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091
Faiz, A., Hakam, K. A., Nurihsan, J., & Komalasari, K. (2022). Pembelajaran Kognitif Moral melalui Cerita Dilema Berbentuk Animasi. Jurnal Basicedu, 6(4), 6463–6470.
Firmansyah, B. (2020). Pengembangan Blended Learning Melalui Aplikasi E-Campus Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. Edulead, 2(2), 72–83.
Flick, U. (2013). Qualitative Data Analysis (the SAGE h). SAGE Publication Ltd.
Hidayati, I. F., & Prihatin, T. (2016). Pengelolaan Kurikulum Sekolah Alam di TK Alam Al Biruni Cirebon. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(1), 32–39. https://doi.org/10.15294/ijcets.v4i1.14275
Jansen, H. (2010). The logic of qualitative survey research and its position in the field of social research. Forum: Qualitative Social Research Socialforschung, 11(2), 1–22.
Liwis, N., Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus V Kecamatan Buleleng. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 116–126.
Meidawati. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1–5.
Mitia Arizka Wardani, Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2).
Priyambodo, P. (2020). Inovasi pembelajaran berbasis teori kecerdasan majemuk untuk pengembangan peran sekolah di era 4.0. Humanika, 19(2), 139–156. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29269
Qadar, R. (2015). Mengakses Aspek Afektif Dan Kognitif Pada Pembelajaran Optika Dengan Pendekatan Demonstrasi Interaktif. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 1–11.
Ratnawati, S. R., & Werdiningsih, W. (2020). Pemanfaatan e-learning sebagai inovasi media pembelajaran PAI di era revolusi industri 4.0. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 199–220. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1429
Riyanti. (2020). Pengembangan Perangkat pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Septiyani, L., Faiz, A., Yuningsih, D., & Iman, B. N. (2021). Use of Educational Game Website Media in Online Learning on Student’S Critical Thinking. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 381–388. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8395
Sutirman. (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif (1st ed.). Graha Ilmu.
Tacq, J. (2011). Causality in qualitative and quantitative research. Quality and Quantity, 45(2), 263–291. https://doi.org/10.1007/s11135-009-9293-0
Weinberger, Y. (2018). Using qualitative research methods to cope with the educational complexity. Journal of Education and Human Development, 7(1), 135–145. https://doi.org/10.15640/jehd.v7n1a16
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurkholis, Hendri Raharjo, Toto Santi Aji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).