MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2749Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada pentingnya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam mempelajari matematika bagi siswa SD untuk mendukung kemampuan matematis selanjutnya. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SD maka penelitian ini membahas tentang model pembelajaran flipped classroom dengan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan media video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri di Kecamatan Sumedang Utara dengan total jumlah keseluruhannya yaitu 34 sekolah dan di Kecamatan Cimalaka dengan jumlah keseluruhannya yaitu 29 sekolah. Kelas IV di SDN Karangpawulang sebagai kelas kontrol dan kelas IV di SDN Sukamaju sebagai kelas eksperimen. Jumlah subjek penelitian diambil 30 responden untuk kelas eksperimen dan 23 responden untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal pretes-postes kemampuan pemahaman konsep matematis, dengan teknik analisis uji normalitas, uji homogen dan uji beda rata-rata hasil nilai pretes dan postes serta nilai n-gain dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil perlakuan terhadap siswa selama tiga pertemuan menunjukkan bahwa: Efektifitasnya pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan media video pembelajaran belum dapat dikatakan lebih baik dibandingkan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Penggunaan metode pembelajaran yang efektif akan mendukung proses belajar siswa untuk memahami materi ajar.
Keywords:
flipped classroom, video pembelajaranDownloads
References
Aeni, A. N., D. Kurnia, & D. Djuanda. (2019). The impact of information technology on the awareness of parents and high school students to pursue the higher education. Journal of Physics: Conference Series. doi:doi:10.1088/1742-6596/1318/1/012029
Aeni, A.N., C. R. Aulia, dkk. (2022). Pengembangan Lagu “Malaikatku” Sebagai Media Edukasi Mengenalkan Malaikat Allah dalam Islam bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4549-4557. doi:https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2722/pdf
Aeni, A.N., N. Hanifah, & C. Sunaengsih. (2019). The impact of the internet technology on teacher competence and student morality. Journal of Physics: Conference Series. doi: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012046
Alwi, Idrus. (2015). Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Jurnal Formatif, 2, 2.
Astuti A, L. B. (2014). Penerapan Strategi Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep–Konsep Dasar Matematika. Dipetik 2022, dari Institusional Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta: http://eprints.ums.ac.id/31686/
Awwaliya, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Materi Lingkaran Menggunakan Video Pembelajaran Matematika dengan Sistem Daring Di Kelas VIII Mts. Asy-Syafi’iyyah Somosari. Doctoral dissertation, IAIN KUDUS.
Bergmann, J., & Sams. (2012). Flip your classroom: Reach every student in every class every day. International society for technology in education. Dipetik 2022, dari https://books.google.co.id/
Irawati, R., Kurnia, D., Nugraha, D., & Sunarya, D. T. (2021). Pelatihan Perancangan Alat Evaluasi Untuk Menilai Kompetensi Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 2, 91-95. Diambil kembali dari https://ejournal.upi.edu/index.php/JPDPM/article/download/29088/17224
Irawati, W. R. (2012). Alternatif Pembelajaran dengan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD/MI terhadap Materi Membandingkan Pecahan Sederhana. Directory/jurnal/pendidikan/dasar. Diambil kembali dari http://103.23.244.11/Direktori/jurnal/pendidikan_dasar/nomor_14-oktober_2010/alternatif_pembelajaran_dengan_pendekatan_savi.pdf
Isrok'atun dan Amelia Rosmala. (2018). ModeL-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Janatin. (2019). Penerapan Model Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Juniantari, M., Pujawan, I. G. N., & Widhiasih, I. D. A. G. (2018). Pengaruh pendekatan flipped classroom terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA. Journal of Education Technology, 4, 197-204.
Manuk, P. M. . (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Flippd Classroom Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gaya Gravitasi Newton Di Kelas X IPA SMAN Bintang. Yogyakarta: Universitas Santa Dharma. Dipetik 2022
Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Educational Technologia, 1. Dipetik 2021, dari https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9147/5684
Masripah, Wiganda, I., & Fatonah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13, 236-248. Diambil kembali dari https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/1381
Maulana, Dadan Djuanda. (2017). Pengaruh Strategi Murrderr, Minat Penjurusan, Dan Kemampuan Dasar Matematis Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Kreatif Matematis Mahasiswa Pgsd. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 263-281. Dipetik 2021, dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/9116/24.pdf?sequence=1
Romansyah, Fitri & Nurhamidah. (2018). Profil Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Luas dan Keliling Lingkaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1703-1709.
S. Mutmainah, Y. Setiawan & Purwanto. (2019). Model Pembelajaran Flipped Classrom Memanfaatkan Konten di Rumah Belajar pada Jenjang SMP. KEMENDIKBUD.
Safaringga, V, Lestari, W.D. & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6, 3514-3525. Diambil kembali dari https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/2667/1380
Safitri, N., Irawati, R., & Maulana, M. (2021). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Video Etnomatematika terhadap Pemahaman Matematis dan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pena Ilmiah, 4. Diambil kembali dari https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/39578
Saputra, M.E.A, & Mujib. (2018). Efektifitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematoka terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 173-179.
Sari, Lusiana P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Media Interaktif Video terhadap Pemshsmsn Konsep Matematika Siswa. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4, 7242-7249.
Sutisna, A., Maulana, dan Herman S. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Pendekatan Tematik dengan RME. Jurnal Pena Ilmiah, 31-40.
Yulianti, Y. A., & Wulandari, D. (2021). Flipped classroom: Model pembelajaran untuk mencapai kecakapan abad 21 sesuai kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7, 372-384. Diambil kembali dari http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/3209
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yuliani Nur Fauzi, Riana Irawati, Ani Nur Aeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).