PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL ANIMAKER TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV

Authors

  • Vidia Anugerah Rahmadhani - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Ummul Quro Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2967

Abstract

Penggunaan media pembelajaran audio visual masih minim diterapkan pada kalangan siswa Sekolah Dasar terutama dalam pembelajaran IPA dan menyebabkan menurunnya hasil prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan eksperimen dengan menerapkan media pembelajaran audio visual animaker dalam proses pembelajaran materi IPA pada siswa kelas IV.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah media pembelajaran audio visual animaker berpengaruh pada prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quantitative Experiment, dengan menggunakan design post test only. Sampel yang digunakan berasal dari Kelas IV A dan B dengan jumlah Kelas A sebanyak 24 Siswa dan Kelas B sebanyak 27 Siswa. Pengujian persyaratan analisis menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas ( Uji Lillifors ), Uji Homogenitas ( Uji Fisher ), Uji T – Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual Animaker dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual animaker setelah diterapkan dapat menciptakan sebuah media pembelajaran yang menarik dengan berbagai fitur animasi yang lengkap, menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan sebuah media pembelajaran audio visual, membuat siswa menjadi lebih fokus saat pembelajaran dengan menerapkan video pembelajaran dan mampu meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV.

Keywords:

animaker, audio visual, IPA, prestasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, D., & Maryati, T. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2166

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Artha, S., & Intan, R. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 38–47.

Fatikh. (2019). Media Pembelajaran. Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99. Diambil dari http://ejournal.kopertais4.or.id

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. Diambil dari https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574

Hakim, R. Al, Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. E- Jurnal Pendidikan, 4(4), 263–268.

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903.

Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di SDN Cengklong 3. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2), 396–418.

Olagbaju, O. O., & Popoola, A. G. (2020). Effects of Audio-visual Social Media Resources-supported Instruction on Learning Outcomes in Reading. International Journal of Technology in Education, 3(2), 92. https://doi.org/10.46328/ijte.v3i2.26

Sulthon, B. M., Budi, E. S., Zuraedah, E., Priyatna, A., Sanwani, Arif, Z. M., … Faisal, A. (2021). Workshop It Metode Pembelajaran Online Dengan Animaker. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 2(1), 12–16.

Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Media Pembelajaran. Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur.

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis, 7(1), 50–62.

Windasari, Suci & Sofyan, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(4), 6.

Downloads

Abstract Views : 957
Downloads Count: 805

Published

2022-10-27

How to Cite

-, V. A. R., & Ummul Quro. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL ANIMAKER TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1141–1149. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2967

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.