PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL ANIMAKER TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2967Abstract
Penggunaan media pembelajaran audio visual masih minim diterapkan pada kalangan siswa Sekolah Dasar terutama dalam pembelajaran IPA dan menyebabkan menurunnya hasil prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan eksperimen dengan menerapkan media pembelajaran audio visual animaker dalam proses pembelajaran materi IPA pada siswa kelas IV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah media pembelajaran audio visual animaker berpengaruh pada prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quantitative Experiment, dengan menggunakan design post test only. Sampel yang digunakan berasal dari Kelas IV A dan B dengan jumlah Kelas A sebanyak 24 Siswa dan Kelas B sebanyak 27 Siswa. Pengujian persyaratan analisis menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas ( Uji Lillifors ), Uji Homogenitas ( Uji Fisher ), Uji T – Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual Animaker dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual animaker setelah diterapkan dapat menciptakan sebuah media pembelajaran yang menarik dengan berbagai fitur animasi yang lengkap, menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan sebuah media pembelajaran audio visual, membuat siswa menjadi lebih fokus saat pembelajaran dengan menerapkan video pembelajaran dan mampu meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV.
Keywords:
animaker, audio visual, IPA, prestasi belajarDownloads
References
Abdullah, D., & Maryati, T. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2166
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Artha, S., & Intan, R. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 38–47.
Fatikh. (2019). Media Pembelajaran. Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99. Diambil dari http://ejournal.kopertais4.or.id
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. Diambil dari https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574
Hakim, R. Al, Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. E- Jurnal Pendidikan, 4(4), 263–268.
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903.
Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di SDN Cengklong 3. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2), 396–418.
Olagbaju, O. O., & Popoola, A. G. (2020). Effects of Audio-visual Social Media Resources-supported Instruction on Learning Outcomes in Reading. International Journal of Technology in Education, 3(2), 92. https://doi.org/10.46328/ijte.v3i2.26
Sulthon, B. M., Budi, E. S., Zuraedah, E., Priyatna, A., Sanwani, Arif, Z. M., … Faisal, A. (2021). Workshop It Metode Pembelajaran Online Dengan Animaker. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 2(1), 12–16.
Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Media Pembelajaran. Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis, 7(1), 50–62.
Windasari, Suci & Sofyan, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(4), 6.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Vidia Anugerah Rahmadhani -, Ummul Quro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).