PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2978Abstract
Banyak siswa di Kelas I SDN Pengasinan VIII yang belum fasih membaca sehingga mengakibatkan siswa sulit menangkap dan memahami informasi dari sumber pembelajaran. Tujuan ditujukan untuk melihat pengaruh kemampuan membaca awal terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada Kelas I SDN Pengasinan VIII. Penelitian ini mempergunakan metode penelitian Quantitative Exsperiment. Sampel yang digunakan berasal dari kelas I B dan C jumlah masing-masing sebanyak 28 siswa. Peneliti melakukan pengujian kualitas instrumen terlebih dahulu sebelum menggunakan instrument tersebut diberikan kepada sampel. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji Asumsi klasik, Uji Parsial, dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh kemampuan membaca awal terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SDN Pengasinan VIII. Implikasi dari hasil riset ini yaitu menjadikan guru lebih inovatif dalam mempergunakan berbagai media dan materi yang dapat menarik perhatian siswa untuk belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar, menjadikan guru menjadi lebih produktif dalam membuat skenario/strategi/materi pembelajaran yang berhubungan denga dunia nyata siswa, mampu mendorong siswa untuk lebih dapat mengenal huruf, bunyi, suku kata, kata, dan kalimat dalam ruang lingkup sederhana di kehidupan sehari-hari, dan siswa akan memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, dan keingintahuan yang lebih tinggi dalam mempelajari Bahasa Indonesia.
Keywords:
hasil belajar, bahasa Indonesia, kelas I, kemampuan membaca awalDownloads
References
Cabell, S. C., Zucker, T. A., DeCoster, J., Melo, C., Forston, L., & Hamre, B. (2019). Prekindergarten interactive Book Reading Quality and Children’s Language and Literacy Development: Classroom Organization as a Moderator. Early Education and Development, 30(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10409289.2018.1514845
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Havisa, Shalatsi, Solehun, & Putra, Teguh Yuliandri. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda, 3(1), 23–31.
Herawati. (2021). Improving Beginning Reading Ability With Letters Cards In Class 1 Students Of State Elementary School 005 Kepenuhan. Indonesian Journal of Basic Education, 4(3), 333–341.
Isnaini, Muslimah Sholikhah, Aries, Dwi, & Yusuf, Munawir. (2017). Interactive Multimedia To Enhance Early Reading Skill On Children With Light Mental Retardation at 5th Grader SLB Autis Mitra Ananda Karanganyar, Indonesia In Academic Year 2016/2017. European Journal of Special Education Research, 2(2), 1–13.
Kadir, Djuita. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 05 Wanggarasi Tahun 2014/2015 Melalui Media Gambar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(2), 93–102. https://doi.org/10.37905/aksara.5.2.93-102.2019
Khaeriyah, Ika. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 01 Sengare Melalui Penggunaan Media Kartu Kata. Action Research Journal, 1(1), 53–58.
Lasdya, Devi, Pebriana, Putri Hana, Rizal, Muhammad Syahrul, Abbas, Ersis Warmansyah, & Rusmaniah. (2022). Improving Beginning Reading Skills Using Word Card Media for Grade 1 Students at SDN 004 SALO. The Innovation of Social Studies Journal, 3(2), 83–91.
Lindrawati. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Drill Siswa Kelas 1 SDN 04 Batipuah Baruah. Inovasi Pendidikan, 9(1), 27–39.
Marinan. (2018). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2), 178–187.
Nanda, Fitria Ayus. (2019). Penggunaan Media Alfabet Card Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 8 Aceh Besar. UIN Ar-Raniry.
Rizkiana. (2016). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Bangunrejo 2 Kricak Tegalrejo Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rosyida, Fathia. (2018). Pengaruh Kemampuan Membaca Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 23. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.107
Selles, Pilar, Avila, Vicenta, Martinez, Tomas, & Ysla, Liz. (2018). The Skills Related to the Early Reading Acquisition in Spain and Peru. PLOS ONE, 13(3), 1–15.
Sukarto, Emiliana, & Sumiadi, Raden. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Bahasa Pada Siswa Kelas 1 SDN Mumbul Sari. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 244–246.
Sumanty, Rusmi. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Drill. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(3), 819–836.
Suriani, Sahrudin, B., & Efendi. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ginunggung Melalui Media Kartu Huruf Kec. Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 62–77.
Viveronika, Aldona, & Christianti, Martha. (2019). The Differences of Early Reading Ability in Children that Often and Rarely Listen to Stories. 2nd Yogyakarta International Conference on Educational Management/Administration and Pedagogy (YICEMAP 2019), 10–14.
Walgermo, Bente Rigmor, Foldnes, Njal, Uppstad, Per Henning, & Solheim, Oddny Judith. (2018). Developmental Dynamics of Early Reading Skill, Literacy Interest and Readers’ Self-concept within the First Year of Formal Schooling. Read Writ, 31, 1379–1399.
Zahidah, Rahma, & Yusnaldi, Eka. (2022). Relationship Analysis Of Reading Skills Level On Student Learning Outcomes In SD IT Darul Adzkia. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 93–102.
Zainidar. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 dengan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Bergambar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN Kota Jambi. Jurnal Basicedu, 5(3), 1365–1376.
Zunita, Wachda Herma. (2016). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Nyi Ageng Serang Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nia Della Yolanda, Ummul Quro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).