PENGARUH MEDIA POWER POINT INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2929Abstract
Semenjak masa pandemi Covid-19, aktivitas belajar mengajar secara daring membuat hasil belajar peserta didik menurun. Sehingga para guru banyak yang mengubah dan mulai berinovasi mencari media pembelajaran yang tepat dan cocok untuk diterapkan didalam sistem belajar mengajar dengan menyesuaikan keadaan saat ini. Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui adanya pengaruh dari media pembelajaran Power Point Interaktif berbasis aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SDN Bambu Apus 04. Pada penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan jenis penelitian True Eksperimen (Eksperimen Murni) untuk menentukan sampel secara random dengan menggunakan teknik Prettest-Posttest Control Group Design memanfaatkan dua sampel kelas untuk penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas control sebagai pembanding. Populasi pada penelitian ini yakni peserta didik kelas V SDN Bambu Apus 04 dengan jumlah sampel 32 peserta didik di kelas eksperimen serta 32 peserta didik di kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal evaluasi untuk mengukur dan melihat hasil belajar peserta didik yang memakai media pembelajaran Power Point Interaktif berbasis aplikasi Google Classroom, kemudian diukur dengan menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas data, uji independent sampel t test. Penelitian ini membuktikan adanya keberhasilan penggunaan media pembelajaran Power Point Interaktif berbasis aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V.
Keywords:
hasil belajar, media pembelajaran, google classroom, power point interaktifDownloads
References
Bunyamin Arifin Rahmanto, M. (2020). Efektivitas media pembelajaran daring melalui google classroom. Jurnal pendidikan islam, 11(November), 119–135. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/jpi.v11i2.5974
Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti, E. D. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point dan Audio Visual di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1928–1934. https://doi.org/hasil belajar, flipped classroom, power point, audio visual.
Dila Rukmi Octaviana, Moh Sutomo, & Moh Sahlan. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Power Point Interaktif Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 146–154. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.270
Fauzan, F., & Arifin, F. (2019). The Effectiveness of Google Classroom Media on the Students’ Learning Outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Department. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 271. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.5149
Fauziah, R. S. A. S. I. K. N. A. H. (2022). Pengaruh metode eksperimen berbantuan media kit ipa terhadap kemampuan literasi sains dan karakter rasa ingin tahu siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8. No. 2, 457–467. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2283
Fitri Rahmawati, B. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif & Mixed Methode. Hidayatul Quran Kuningan.
Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial (Pertama). PRENADAMEDIA GROUP.
Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri , SMPN 1 Mojo , Kediri , Indonesia Departemen Matematika , Fakultas Sains dan Teknologi , Universitas Airlangga. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171–181. https://doi.org/http://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119
Misesani, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online. JMM (Jurnal Masyarakat Madani), 5(4), 1640–1652. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5078
Norfai. (2021). ANALISIS DATA PENELITIAN (Analisis Univariat,Bivariat,Multivariat). Penerbit Qiara Media.
Pande Made Wesyartha, Aswasulasikin, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Office 365 Terhadap Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA SD Kelas V. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 196–205. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1302
Parnabhakti, L., Puspaningtyas, N. D., & Indonesia, U. T. (2020). Pengaruh media power point dalam google classroom. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(2), 8–12. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.459
Payadnya, I. P. A. A. I. G. A. N. T. J. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. PENERBIT DEEPUBLISH.
Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point Dengan Fungsi Hyperlink. 4(2), 258–267. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36524
Pramitha Putri, H. & N. (2021). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Ekasakti, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.98
Putri, F. A. B., & Rezkita, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gondolayu. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6122
Putu, N., & Lestari, C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurusan PGSD, FIPUniversitas Pendidikan Ganesha, 2(4), 318–325. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331
Rozak, A., & Albantani, A. M. (2018). Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Arabiyât. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 83–102. https://doi.org/doi: http://dx.doi.org/10.15408/a.v5i1.7481
Saida, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar , Kebiasaan Belajar , dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi IIformasi Dan Ilmu Komputer, 3(9), 8695–8705.
Sari, Ria PuspitaNabila Bunnanditya Tusyantari, M. S. (2021). Dampak Pembelajaran Daringbagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 2–N, 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Siregar, Y. R., & Rosmaini. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Materi Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP. KODE: Jurnal Bahasa, 11(3), 44–55. https://doi.org/https://ilmubersama.com/wp-content/uploads/2019/12/BG-INFOTEKJAR.jpg
Sumilat, J. M., Tuerah, R. M. S., & Setiawan, B. (2022). The Utilization of Online Media in Calculation Operations Mathematics Learning in Elementary School Students. 90–97. https://doi.org/https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0069
Suparmiasih. (2021). Upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas ivb sdn jajartunggal i/450 surabaya dalam pembelajaran daring melalui pemanfaatan media power point pada kelas teams microsoft 365 tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 5(10), 757–770. https://doi.org/https://doi.org/10.52160/e-jmp.v5i10.875
Susanti, E. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4 Nomor1, 179–192. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1406
Thahir, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1936–1944. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1123
Yuliana, I. dkk. (2019). Metode Praktikum Dengan Media Powerpoint Interaktif Improving Cognitive Ability of Students Through. Didakti Biologi :Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3(1), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/dikbio.v3i1.1966
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Farah Putri Salsabila, Khavisa Pranata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).