PENGARUH MEDIA POWER POINT INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Farah Putri Salsabila Universitas Prof. DR HAMKA
  • Khavisa Pranata

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2929

Abstract

Semenjak masa pandemi Covid-19, aktivitas belajar mengajar secara daring membuat hasil belajar peserta didik menurun. Sehingga para guru banyak yang mengubah dan mulai berinovasi mencari media pembelajaran yang tepat dan cocok untuk diterapkan didalam sistem belajar mengajar dengan menyesuaikan keadaan saat ini. Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui adanya pengaruh dari media pembelajaran Power Point Interaktif berbasis aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SDN Bambu Apus 04. Pada penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan jenis penelitian True Eksperimen (Eksperimen Murni) untuk menentukan sampel secara random dengan menggunakan teknik Prettest-Posttest Control Group Design memanfaatkan dua sampel kelas untuk penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas control sebagai pembanding. Populasi pada penelitian ini yakni peserta didik kelas V SDN Bambu Apus 04 dengan jumlah sampel 32 peserta didik di kelas eksperimen serta 32 peserta didik di kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal evaluasi untuk mengukur dan melihat hasil belajar peserta didik yang memakai media pembelajaran Power Point Interaktif berbasis aplikasi Google Classroom, kemudian diukur dengan menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas data, uji independent sampel t test. Penelitian ini membuktikan adanya keberhasilan penggunaan media pembelajaran Power Point Interaktif berbasis aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V.

Keywords:

hasil belajar, media pembelajaran, google classroom, power point interaktif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bunyamin Arifin Rahmanto, M. (2020). Efektivitas media pembelajaran daring melalui google classroom. Jurnal pendidikan islam, 11(November), 119–135. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/jpi.v11i2.5974

Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti, E. D. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point dan Audio Visual di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1928–1934. https://doi.org/hasil belajar, flipped classroom, power point, audio visual.

Dila Rukmi Octaviana, Moh Sutomo, & Moh Sahlan. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Power Point Interaktif Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 146–154. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.270

Fauzan, F., & Arifin, F. (2019). The Effectiveness of Google Classroom Media on the Students’ Learning Outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Department. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 271. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.5149

Fauziah, R. S. A. S. I. K. N. A. H. (2022). Pengaruh metode eksperimen berbantuan media kit ipa terhadap kemampuan literasi sains dan karakter rasa ingin tahu siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8. No. 2, 457–467. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2283

Fitri Rahmawati, B. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif & Mixed Methode. Hidayatul Quran Kuningan.

Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial (Pertama). PRENADAMEDIA GROUP.

Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri , SMPN 1 Mojo , Kediri , Indonesia Departemen Matematika , Fakultas Sains dan Teknologi , Universitas Airlangga. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171–181. https://doi.org/http://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119

Misesani, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online. JMM (Jurnal Masyarakat Madani), 5(4), 1640–1652. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5078

Norfai. (2021). ANALISIS DATA PENELITIAN (Analisis Univariat,Bivariat,Multivariat). Penerbit Qiara Media.

Pande Made Wesyartha, Aswasulasikin, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Office 365 Terhadap Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA SD Kelas V. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 196–205. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1302

Parnabhakti, L., Puspaningtyas, N. D., & Indonesia, U. T. (2020). Pengaruh media power point dalam google classroom. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(2), 8–12. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.459

Payadnya, I. P. A. A. I. G. A. N. T. J. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. PENERBIT DEEPUBLISH.

Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point Dengan Fungsi Hyperlink. 4(2), 258–267. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36524

Pramitha Putri, H. & N. (2021). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Ekasakti, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.98

Putri, F. A. B., & Rezkita, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gondolayu. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6122

Putu, N., & Lestari, C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurusan PGSD, FIPUniversitas Pendidikan Ganesha, 2(4), 318–325. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331

Rozak, A., & Albantani, A. M. (2018). Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Arabiyât. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 83–102. https://doi.org/doi: http://dx.doi.org/10.15408/a.v5i1.7481

Saida, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar , Kebiasaan Belajar , dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi IIformasi Dan Ilmu Komputer, 3(9), 8695–8705.

Sari, Ria PuspitaNabila Bunnanditya Tusyantari, M. S. (2021). Dampak Pembelajaran Daringbagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 2–N, 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Siregar, Y. R., & Rosmaini. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Materi Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP. KODE: Jurnal Bahasa, 11(3), 44–55. https://doi.org/https://ilmubersama.com/wp-content/uploads/2019/12/BG-INFOTEKJAR.jpg

Sumilat, J. M., Tuerah, R. M. S., & Setiawan, B. (2022). The Utilization of Online Media in Calculation Operations Mathematics Learning in Elementary School Students. 90–97. https://doi.org/https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0069

Suparmiasih. (2021). Upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas ivb sdn jajartunggal i/450 surabaya dalam pembelajaran daring melalui pemanfaatan media power point pada kelas teams microsoft 365 tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 5(10), 757–770. https://doi.org/https://doi.org/10.52160/e-jmp.v5i10.875

Susanti, E. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4 Nomor1, 179–192. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1406

Thahir, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1936–1944. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1123

Yuliana, I. dkk. (2019). Metode Praktikum Dengan Media Powerpoint Interaktif Improving Cognitive Ability of Students Through. Didakti Biologi :Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3(1), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/dikbio.v3i1.1966

Downloads

Abstract Views : 1090
Downloads Count: 749

Published

2022-10-27

How to Cite

Farah Putri Salsabila, & Khavisa Pranata. (2022). PENGARUH MEDIA POWER POINT INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1124–1132. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2929

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.