MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3187Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar, dikarenakan pencapaian hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil kajian dari beberapa jurnal, model Predict Observe Explain (POE) dapat menjadi solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Systematic Literatur Review (SLR) dari 15 jurnal yang berasal dari database Google Scholar dan OneSearch sesuai dengan kriteria inklusi yaitu, variabel X dan Y (model predict observe explain dan hasil belajar), mata pelajaran IPA, subjek siswa sekolah dasar, jurnal penelitian dipublikasikan 8 tahun terakhir (2013-2021) dan menggunakan Bahasa Indonesia. Penerapan model Predict Observe Explain dalam pembelajaran dimulai dari penyajian masalah, dimana siswa diajak untuk memberikan prediksi sementara terhadap kemungkinan yang akan terjadi, dilanjutkan dengan pengamatan secara langsung terhadap masalah dan kemudian dibuktikan dengan melakukan percobaan untuk menemukan kebenaran dari prediksi awal siswa dalam bentuk penjelasan. Untuk mengatasi siswa yang cenderung menghafal materi, melalui model pembelajaran POE siswa dapat menemukan sendiri konsep melalui percobaan langsung yang dilakukan, sehingga siswa akan merasakan proses belajarnya lebih bermakna.
Keywords:
Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE), Hasil Belajar IPA, Siswa Sekolah DasarDownloads
References
Aliyah, U., & Mulawarman. (2020). Kajian Systematic Literature Review (SLR) Untuk Mengidentifikasi Dampak Terorisme, Layanan Konseling dan Terapi Trauma Pada Anak-Anak. ISLAMIC COUNSELING Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 209–222. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i2.1759
Ardian, D., & Mintohari. (2017). Pengaruh Teknik Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gulomantung Gresik. JPGSD, 5(3), 556–565.
Budiharto, Handayani, S., & Triyoto. (2017). Studi Deskriptif Analisis Terhadap Bimbingan Guru Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Pada Pembelajaran IPA Berbantuan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 05(01), 10–21.
Cahyani, N. W., Agung, A. A. G., & Magunayasa, I. D. (2014). Pengaruh Model POE dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ghanesha, 2(1).
Fahrinnisak. (2018). Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN Pangarangan III Sumenep. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 10–25. https://doi.org/10.24929/alpen.v2i1.13
Fauziah, Y. N. (2011). Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Edisi Khusus, 2, 98–106.
Gayatri, N. M. D., Agung, A. A. G., & Murda, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran POE Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Kecamatan Buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
Juniari, N. K., Kusmariyatni, N. N., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran POE Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 2.
Lismarni. (2018). Penerapan Model Probex Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 011 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 296–304. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6274
Minarta, W. O., & Mintohari. (2015). Pengaruh Teknik Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Pada Metode Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar IPA Tema Pahlawanku Di Sekolah Dasar. JPGSD, 3(2), 379–390.
Muliawati, N. P. C., Ardana, I. K., & Negara, I. G. A. O. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Gugus Ubud. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1).
Prabawa, K. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Di Desa Ringdikit. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.
Sintha Setyastuti, C., Budi Santoso, A., & Haryanti, U. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN 1 Munggung, Karangdowo, Klaten, Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(1), 32–42.
Sumaimi, M. E. (2019). Optimalisasi Hasil Belajar Dengan Model Predict-Observe-Explain (POE) Ditinjau Dari Sikap Empati Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 51–59. https://doi.org/10.30738/natural.v6i1.2920
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Prenadamedia Group.
Udayani, K. M., Kusmariyatni, N., & Mahadewi, L. P. P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7459
Wahyudi, N., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Predict Observe Explain Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 576–587.
Widiantono, N., & Harjono, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 199–213. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p199-213
Wiguna, I. M. D., Sumantri, M., & Parmiti, D. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Bermuatan Konsep Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. E-Journal Mimbar PGSD PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–12.
Yupani, N. P. E., Garminah, N. N., & Mahadewi, L. P. P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Berbantuan Materi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1), 1–12.
Yusrizal. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA SD Kelas IV SDN 006 Sencano Jaya. Jurnal Pendidikan, 11(2), 83–91.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rima Rikmasari, Kori Sundari, Halimah Nuraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).