PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3069Abstract
Pembelajaran bahasa indonesia merupakan pembelajaran yang mempunyai tujuan agar siswa dapat mempunyai kemampuan berkomunikasi yang efektif dan efisien baik secara lisan maupun tulis, menikmati serta memanfaatkan karya sastra sendiri dapat memperluas wawasan siswa, karena itu siswa dapat mencari tahu hal hal baru yang dapat meningkatkan pengetahuan siswa jika siswa dapat berkomunikasi dengan baik. Dari komunikasi itulah dapat menciptakan hasil belajar yang baik. Mempunyai kemampuan menyimak sangatlah penting karena menyimak merupakan salah satu kemampuan dari 4 komponen bahasa yaitu : kemampuan menulis, kemampuan membaca, kemampuan berbicara, dan kemampuan menyimak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh pengaruh media pembelajaran Video Audio Visual Animaker terhadap hasil belajar menyimak siswa pada pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III SDN Jatimulya 03 Kabupaten Bekasi. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimental yang pengambilan datanya dari dua kelas yaitu kelas control dan kelas eksperimen yang sudah dirancang, mengadopsi teknik pengambilan sample yaitu non probability sampling untuk menentukan populasi. Dalam penelitian ini test yang digunakan berupa post test sebanyak 10 butir soal, namun dari 10 butir hanya 7 soal yang valid. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa post test kontrol dan eksperimen Thitung = 11,63 >Ttable = 1,67 dengan signiikasi 0,05 maka dari itu post test kontrol dan eksperimen H1 diterima. Karena itu, dapat dibuktikan bahwa pengguna media audiovisual animaker berpengaruh terhadap hasil belajar menyimak kelas III SD.
Keywords:
kemampuan menyimak bahasa Indonesia, pembelajaran bahasa Indonesia di SDDownloads
References
A. Kusdiwelirawan. (2017). Statistika Pendidikan. III. Jakarta: UHAMKA Press.
Abarca, Roberto Maldonado. (2021). "Keterempilan Menyimak " 2013–15.
Asep Kurniawan. 2018. Metodologi Penilitian Pendidikan. I. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Abarca, R. M. (2021).Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.
Astiti, N., Rukayah, & Sularmi. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Metode Storytelling. Didaktika Dwija Indria, 4(7), 1–6.
Ayu, R. (2020). Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 51 Kaur. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5174
Gusmaidar. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Dengan Menggunakan Media Animasi Audiovisual Melalui Metode Think Pairs Share Pada Siswa. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 1(1), 15–25.
Nisa khairun. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Animaker Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Iv Min 8 Aceh Besar. 1–120.
No, V., Studi, P., Fkip, P., & Majalengka, U. (2020). Jurnal Cakrawala Pendas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Abstrak Pendahuluan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan sosial. 6(2), 108–115.
Nurhayani, I. (2010). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada aata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas Garut, 4(4), 6. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/36/36
Satria Trio, G. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyimak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 114–120.
Umar Aliansyah, M., Mubarok, H., Maimunah, S., & Hamdiah, M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Di Pesantren Ainul Hasan. Jurnal Syntax Fusion, 1(07), 119–124. https://doi.org/10.54543/fusion.v1i07.28
Yusantika, F. D., & Suyitno, I. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. 2013, 251–258.
Abarca, R. M. (2021). 済無No Title No Title No Title. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.
Astiti, N., Rukayah, & Sularmi. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Metode Storytelling. Didaktika Dwija Indria, 4(7), 1–6.
Ayu, R. (2020). Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 51 Kaur. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5174
Gusmaidar. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Dengan Menggunakan Media Animasi Audiovisual Melalui Metode Think Pairs Share Pada Siswa. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 1(1), 15–25.
Nisa khairun. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Animaker Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Iv Min 8 Aceh Besar. 1–120.
No, V., Studi, P., Fkip, P., & Majalengka, U. (2020). Jurnal Cakrawala Pendas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Abstrak Pendahuluan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan sosial . Selain guru , a. 6(2), 108–115.
Nurhayani, I. (2010). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada aata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas Garut, 4(4), 6. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/36/36
Satria Trio, G. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyimak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 114–120.
Umar Aliansyah, M., Mubarok, H., Maimunah, S., & Hamdiah, M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Di Pesantren Ainul Hasan. Jurnal Syntax Fusion, 1(07), 119–124. https://doi.org/10.54543/fusion.v1i07.28
Yusantika, F. D., & Suyitno, I. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. 2013, 251–258.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rina Pratiwi, Zulfadewina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).