PERAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Marwah Sholihah Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka
  • Nurrohmatul Amaliyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826

Keywords:

kompetenso pedagogik guru, metode diskusi kelompok, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru. Kompetensi berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengemas pembelajaran agar menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui kemampuan pedagogik guru dalam menerapkan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini untuk mengidentifikasi suatu kemampuan pedagogic guru dalam melakukan pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan pendekan metode kualitatif deskripsi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap guru kelas di sekolah dasar. Pengambilan data melalui guru kelas pada kelas 5 di SDN DUKUH 09 PAGI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat mengajak siswa untuk berpikir kritis, mengemukan sebuah pendapat, menanamkan mental keberanian dalam berpendapat dengan menggunakan metode diskusi kelompok sehingga siswa tidak menjadi pasif ketika mengikuti pembelajaran dikelas. Penggunaan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran menunjang keterampilan berpikir kritis siswa dan guru harus mempersiapkan secara seksama agar metode diskusi kelompok dapat diterapkan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, N. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Gosyen Publishing.

Amaliyah, N., & Handayani, L. R. (2021). The Use of Application Namely Quizizz in Elementary School Students’ Outcomes . Proceedings of the 1st Annual International Conference on Natural and Social Science Education (ICNSSE 2020), 547(Icnsse 2020), 42–48. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210430.007

Amin, M. A. S. (2022). Peran Guru Dalam Pengembangan Keterampilan Sosial. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 195–202.

Amin, S., & Khotimah, S. (2016). Penerapan Metode Diskusi Syndicate Group Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SDN Beru 02 Wling. J-PIPS: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(2), 135–142. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Andawiyah, H., Amran, M., & Hasin, B. P. (2022). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI Di SD Negeri Kalikajar Wetan. Pinisi Journal PGSD, 2(1), 173–179.

Arisoy, B., & Aybek, B. (2021). The effects of subject-based critical thinking education in mathematics on students’ critical thinking skills and virtues*. Eurasian Journal of Educational Research, 2021(92), 99–120. https://doi.org/10.14689/ejer.2021.92.6

Asari, S., Fauziyah, N., & Uchtiawati, S. (2018). Improving Teacher Pedagogic Competences in Remote Areas through Lesson Study Activity. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(2), 53. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.2p.53

Aswad, H. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion)Terhadap Motivasi Belajar Ips Murid Kelas V Sd Negeri Ii Bone-Bone Kota Baubau. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 135. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3112

Aswan, J. (2020). The Implementation of Discussion Method in Special Features of Plants Learning at SDN 02 Delta Pawan. International Journal of Learning and Instruction (IJLI), 2(1), 39. https://doi.org/10.26418/ijli.v2i1.40754

Dian, N. L., Asri, I. G. . A. S., & Ardana, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 20–31. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28900

Duha, M. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Progresif pada Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. 8(3), 130–133.

Fikri, A. A., Nurona, A., Saadah, L., Nailufa, L. E., & Ismah, V. (2021). Keterampilan Guru Dalam Membimbing Diskusi Pada Pembelajaran Abad 21. Journal of Education and Teaching, 2(1), 1–7.

Fitriana, F. (2022). Implementasi Metode Diskusi Dalam Membentuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di MTS An-Najiyyah Lengkong. In Skripsi (Issue Mei). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Granatuma, H. F., & Fatayan, A. (2022). Analisis Prestasi Peserta Didik Dilihat dari Sistem Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Basicedu, 6(3), 4598–4504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2828

Guru, P., Dasar, S., Belajar, H., & Point, M. P. (2022). Jurnal basicedu. 6(3), 4574–4581.

Jagad Aditya Dewantara1, T. H. N. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture And Picture Dalam. 11.

Juramika, J. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Metode Diskusi Oleh Guru Pai Di Sma Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. El-Hekam, 4(2), 129. https://doi.org/10.31958/jeh.v4i2.2014

Kamza, M., Husaini, & Ayu, I. L. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347

laila Hanum, adrianus dedy, dan M. ferdiansyah. (2021). Analisis Perilaku Akademik Siswa Kelas IV Pada Diskusi Pembelajaran PKn SD Negeri 33 Palembang. 1, 41–47.

Manullang, J., Sidabutar, H., & Manullang, A. (2022). Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 502–509. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.39268

Menge, T. (2022). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Lisan Bagi Siswa Kelas II SDI Ende 10. Jurnal Literasi: Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 12–21. http://uniflor.ac.id/e-journal/index.php/literasi/article/view/1770

Nurcahya, D. K. (2019). Analisis Dekadensi Moral dalam Proses Pembelajaran PPKn. Jurnal Civic Hukum, 4(2), 114–121.

Nurhatta. (2021). Efektifitas Metode Diskusi Pada Pembelajaran Pai Di Sma Negeri 6 Padangsidimpuan Sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis T.A 2020/2021. Jurnal PhysEdu Pendidikan Fisika IPTS, 3(3), 26–31.

Ratnadi, N. K. S. (2018). Metode diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(3), 156–164.

Rusmiati, N. M. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VI Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45486

Suandi, I. N. (2022). Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 135. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/45083

Susanto, R. (2017). Analisis Keterkaitan Kepemimpinan Guru Di Kelas dan Pola Pendekatan Bimbingan Terhadap Pembentukan Nilai dan Karakter Anak Didik Usia Sekolah Dasar. Prosiding Inovasi PGSD, 164–178.

Susanto, R., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2019). Development of pedagogical competency models for elementary school teachers: Pedagogical knowledge, reflective ability, emotional intelligence and instructional communication pattern. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2124–2132. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Marwah Sholihah, & Nurrohmatul Amaliyah. (2022). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898–905. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826

Issue

Section

Articles