PENGEMBANGAN MEDIA POCA (POETRY CARD) DENGAN TEKNIK AKROSTIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Adinda Rizky Hervita Universitas Prof. Dr. Hamka
  • Novanita Whindi Arini Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2443

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media POCA (Poetry Card) dan mengetahui kelayakan media POCA pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari empat Langkah, yaitu 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation dan 5) evaluations. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kampung Melayu 02 Petang. Informasi yang didapat dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan angket kepada ahli media, ahli materi, pakar pendidikan, dan angket dari peserta didik. Hasil yang diperoleh ahli media dikategorikan “sangat layak”, ahli pendidikan “sangat layak”, dan pakar pendidikan “sangat layak”. Hasil angket peserta didik melalui uji coba kecil dan besar dikategorikan “sangat layak”. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media POCA (Poetry Card) sangat layak digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Keywords:

bahasa Indonesia, media POCA, menulis puisi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bone, P. (2016). Mengajarkan Membaca Dan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1).

Citraningrum, D. M. (2016). Menulis Puisi Dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif, 1(1), 82–90.

Dwitiyanti, N., Kumala, S. A., & Widiyatun, F. (2020). Using the ADDIE model in development of physics unit convertion application based on Android as learning media. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(2), 125–132. https://doi.org/10.30998/formatif.v10i2.5933

Frye, E. M., Trathen, W., & Schlagal, B. (2010). Extending Acrostic Poetry Into Content Learning: A Scaffolding Framework. The Reading Teacher, 63(7), 591–595. https://doi.org/10.1598/rt.63.7.6

Haris Zubaidillah, M., & Hasan. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flashcard) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab, 2(1), 41–56.

Hasanah, D. U., Achsani, F., & Akbar Al Aziz, I. S. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 13. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.13-26

Hidayat, G. T., & Indihadi, D. (2018). Teknik Akrostik dalam Penulisan Puisi (Studi Deskriptif terhadap Karya Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Gunungpereng). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 103–109.

Hotimah, E. (2010a). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.

Hotimah, E. (2010b). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas Ii Mi Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(201), 10–18.

Hung, H.-T. (2015). Intentional Vocabulary Learning Using Digital Flashcards. English Language Teaching, 8(10), 107–112. https://doi.org/10.5539/elt.v8n10p107

Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. (A. Pratama, Ed.). Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Media Pembelajaran.

Juliyana, M. (2021). Rancangan Pembelajaran Menggunakan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Lafamane, F. (2020). Karya Sastra (Puisi, Prosa Drama). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

McLean, S., Hogg, N., & Rush, T. W. (2013). Vocabulary learning through an online computerized flashcard site. Jaltcalljournal, 9(1), 79–98.

Nafi’ah, S. A. (2018). Model Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. (N. Hidayah, Ed.). Yogyakarta.

Nur Anggraini, V., & Isnaini Damayanti, M. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Sederhana Siswa Kelas Iv Sdn Gelam Ii Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 254629.

ÖZER, E., KOÇOĞLU, Y., & Zeynep, Z. (2017). The use of quizlet flashcard software and its effects on vocabulary learning. Dil Dergisi, 0(168), 61–82. https://doi.org/10.1501/dilder_0000000238

Skidmore, L., & K. Moore, R. (2019). This is a repository copy of Using Alexa for flashcard-based learning . White Rose Research Online URL for this paper : Using Alexa for Flashcard-based Learning. INTERSPEECH, 15–19. https://doi.org/10.21437/Interspeech.2019-2893

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Downloads

Abstract Views : 464
Downloads Count: 409

Published

2022-07-11

How to Cite

Hervita, A. R., & Whindi Arini, N. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA POCA (POETRY CARD) DENGAN TEKNIK AKROSTIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 583–591. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2443

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.