PENGEMBANGAN MEDIA POCA (POETRY CARD) DENGAN TEKNIK AKROSTIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2443Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media POCA (Poetry Card) dan mengetahui kelayakan media POCA pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari empat Langkah, yaitu 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation dan 5) evaluations. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kampung Melayu 02 Petang. Informasi yang didapat dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan angket kepada ahli media, ahli materi, pakar pendidikan, dan angket dari peserta didik. Hasil yang diperoleh ahli media dikategorikan “sangat layak”, ahli pendidikan “sangat layak”, dan pakar pendidikan “sangat layak”. Hasil angket peserta didik melalui uji coba kecil dan besar dikategorikan “sangat layak”. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media POCA (Poetry Card) sangat layak digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Keywords:
bahasa Indonesia, media POCA, menulis puisiDownloads
References
Bone, P. (2016). Mengajarkan Membaca Dan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1).
Citraningrum, D. M. (2016). Menulis Puisi Dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif, 1(1), 82–90.
Dwitiyanti, N., Kumala, S. A., & Widiyatun, F. (2020). Using the ADDIE model in development of physics unit convertion application based on Android as learning media. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(2), 125–132. https://doi.org/10.30998/formatif.v10i2.5933
Frye, E. M., Trathen, W., & Schlagal, B. (2010). Extending Acrostic Poetry Into Content Learning: A Scaffolding Framework. The Reading Teacher, 63(7), 591–595. https://doi.org/10.1598/rt.63.7.6
Haris Zubaidillah, M., & Hasan. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flashcard) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab, 2(1), 41–56.
Hasanah, D. U., Achsani, F., & Akbar Al Aziz, I. S. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 13. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.13-26
Hidayat, G. T., & Indihadi, D. (2018). Teknik Akrostik dalam Penulisan Puisi (Studi Deskriptif terhadap Karya Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Gunungpereng). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 103–109.
Hotimah, E. (2010a). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.
Hotimah, E. (2010b). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas Ii Mi Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(201), 10–18.
Hung, H.-T. (2015). Intentional Vocabulary Learning Using Digital Flashcards. English Language Teaching, 8(10), 107–112. https://doi.org/10.5539/elt.v8n10p107
Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. (A. Pratama, Ed.). Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Media Pembelajaran.
Juliyana, M. (2021). Rancangan Pembelajaran Menggunakan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Lafamane, F. (2020). Karya Sastra (Puisi, Prosa Drama). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
McLean, S., Hogg, N., & Rush, T. W. (2013). Vocabulary learning through an online computerized flashcard site. Jaltcalljournal, 9(1), 79–98.
Nafi’ah, S. A. (2018). Model Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. (N. Hidayah, Ed.). Yogyakarta.
Nur Anggraini, V., & Isnaini Damayanti, M. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Sederhana Siswa Kelas Iv Sdn Gelam Ii Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 254629.
ÖZER, E., KOÇOĞLU, Y., & Zeynep, Z. (2017). The use of quizlet flashcard software and its effects on vocabulary learning. Dil Dergisi, 0(168), 61–82. https://doi.org/10.1501/dilder_0000000238
Skidmore, L., & K. Moore, R. (2019). This is a repository copy of Using Alexa for flashcard-based learning . White Rose Research Online URL for this paper : Using Alexa for Flashcard-based Learning. INTERSPEECH, 15–19. https://doi.org/10.21437/Interspeech.2019-2893
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Adinda Rizky Hervita, Novanita Whindi Arini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).