PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK BERBASIS BLENDED LEARNING TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tri Susilawati Universitas Negeri Padang
  • Rusdinal Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2285

Keywords:

blended learning, e-book, media pembelajaran, sekolah dasar, tematik terpadu

Abstract

Di masa ini pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran masih kurang maksimal yang dimana guru masih kurang menerapkan teknologi dalam pembelajaran, salah satunya penggunaan media pembelajaran, guru cenderung hanya menggunakan media gambar yang terdapat dalam buku siswa, sehingga akan menyebabkan pembelajaran menjadi kurang maksimal, dan siswa akan merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-book berbasis blended learning tematik terpadu untuk siswa kelas 4 SD dengan metode R&D menggunakan model ADDIE. Tahap Analyze mengungkapkan permasalahan dasar pada pengembangan e-book. Tahap Design membuat desain draf untuk e-book. Tahap Develop, penilaian e-book dilakukan oleh pakar, dengan  aspek materi memperoleh skor 91% dengan kategori sangat valid, aspek media memperoleh skor 90% dalam kategori sangat valid, dan aspek bahasa memperoleh skor 97% dengan kategori sangat valid. Tahap Implementation dilakukan uji praktikalitas dan uji efektifitas. Uji praktikalitas oleh guru memperoleh skor 95% kategori sangat praktis, dan hasil uji praktikalitas siswa memperoleh skor 99,5% kategori sangat praktis. Uji efektifitas dilakukan dalam hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan pada Sekolah Dasar Negeri 05 Padang Pasir dan Sekolah Dasar Negeri Percobaan Kota Padang memperoleh skor 82,89 dan 85,86 dengan predikat Baik. aspek keterampilan memperoleh nilai 3,72 dan 3,63 dengan perolehan predikat Amat Baik, dan aspek sikap memperoleh nilai 88 dan 82 dengan predikat Baik. Tahap Evaluation, dilakukan dengan analisis yang dilakukan dan menilai saran dan kontribusi pakar selama tahap validasi e-book yang dikembangkan. Dari penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa e-book berbasis pembelajaran tematik terpadu kelas 4 valid, praktis dan efektif untuk digunakan di kelas 4 SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Susilawati, T., & Rusdinal. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK BERBASIS BLENDED LEARNING TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 378–387. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2285

Issue

Section

Articles