PENGEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI PENILAIAN SISWA BERBASIS FRAMEWORK LARAVEL DI SD NEGERI PEGANDIKAN I KABUPATEN SERANG
DOI:
https://doi.org/10.31949/infotech.v10i1.9433Abstract
Melalui pendidikan manusia tidak hanya memperoleh pengetahuan dan keterampilan tetapi ia juga akan mendapatkan pengembangan akan nilai, moral dan etika yang akan membentuk karakter. kaitannya antara pengembangan sistem administrasi pendidikan khususnya sistem administrasi penilaian siswa dengan pengembangan karakter siswa adalah bahwa sistem administrasi yang baik, efisien dan terintegrasi dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pembentukan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem administrasi penilaian siswa berbasis framework laravel pada tingkat Sekolah Dasar (SD) Negeri Pegandikan I Kabupaten Serang. Penerapan teknologi informasi ini diharapkan akan mempermudah tugas guru serta meningkatkan transparansi dalam mengevaluasi kemajuan belajar siswa. metode penelitian yang digunakan akan lebih fokus pada pengembangan teknologi informasi hingga pengujiannya. Hasil pengujian pengembangan aplikasi menujukan semua fitur yang diuji dinyatakan berhasil sesuai fungsinya menggunakan pendekatan blackbox test. Sedangkan pengembangan aplikasi ini sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan presentase nilai keberterimaan dan kemudahan dalam penggunaan sebesar 89.27%.
Keywords:
laravel, blackbox, sistem, administrasiDownloads
References
Ariawan, S., Suncaka, E., & Wardani, M. T. (2023). Administrasi Pendidikan. CV Pena Persada. https://books.google.co.id/books?id=kLPSEAAAQBAJ
Astama, J., Adha, N., & Saputri, O. (2023). Implementasi Framework Laravel pada Sistem Informasi Penilaian Siswa di SMPN 1 Tanjung Raja. Jurnal Ilmiah Betrik, 14(03), 531–541.
Azis, N. (2022). Analisis Perancangan Sistem Informasi (N. Wahyuni Sri, Ed.; Pertama: April 2022). Widina Bhakti Persada Bandung.
Brutu, D., Annur, S., & Ibrahim. (2024). Transformasi Administrasi Pendidikan Menuju Pendidikan Berkualitas. Jambura Journal of Educational Management, 5(1), 295–305. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjem/index
Dr. Diah Hidayati, M. M. (2022). Sistem Informasi Pendidikan dan Transformasi Digital. UAD PRESS. https://books.google.co.id/books?id=1CfEEAAAQBAJ
Hendartie, S., Jayanti, S., & Sutejo, H. (2023). Pengujian Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STMIK Palangkaraya Menggunakan Blackbox Testing. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi E-Issn, 5(2), 31–40. https://pmb.stmikplk.ac.id/
Mei, E., Sitepu, R., Nainggolan, J. A., & Lumbansiantar, R. A. (2023). Urgensi Bagi Pendidikan di Negera Indonesia yang sedang Berkembang. Jurnal EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 100–108.
Mustari, M., Rahman, M. T., & Setiawan, A. I. (2022). Administrasi dan Manajemen Pendidikan Sekolah. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://books.google.co.id/books?id=qDyMEAAAQBAJ
Nitte, Y., & Boka, L. K. (2024). Total Quality Management Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. HINEF: JURNAL RUMPUN ILMU PENDIDIKA, 3(1), 93–103.
Pradipta, R. A., Wintoro, P. B., & Budiyanto, D. (2022). Perancangan Pemodelan Basis Data Sistem Informasi secara Konseptual dan Logikal. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 10(2), 127–132. https://doi.org/10.23960/jitet.v10i2.2541
Sinaga, A. V. (2023). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Membentuk Karakter dan Skill Peserta Didik Abad 21. Journal on Education, 06(01), 2836–2846.
Wahyu, S., & Hapsari, I. N. (2021). Perancangan Interaksi Panduan Pembelajaran Berbasis Personalisasi Menggunakan Activity-Centered. Cogito Smart Journal |, 7(2), 227–239.
Wijayanto Aripradono, H., & Rivaldy Hisham, M. (2022). Perancangan dan Pengembangan Web Marketpalce Kebutuhan Rumah Tangga Menggunakan Model WDLC Dengan Metode SCRUM. Jurnal Ilmiah Betrik, 13(1), 75–86.
Zikriadi, Sulaeman, U., & Hifza. (2023). Aneka Jenis Penelitian. SAMBARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–46.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mochammad Darip, Hamdan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.