MENGUKUR USER EXPERIENCE SISTEM INFORMASI AKADEMIK

Abstract Views : 1025 / Downloads Count: 2150

Authors

  • Muhamad Nurdin Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v6i1.310

Keywords:

sistem informasi akademik, pengalaman pengguna, user experience questionnaire, UEQ

Abstract

Sistem informasi akademik merupakan bagian penting pada universitas yang berfungsi sebagai alat bantu untuk pengelolaan kegiatan akademik. Tidak cukup unsur usability namun tingkat user experience juga merupakan unsur yang sangat penting untuk menjadi tolak ukur seberapa baik sistem informasi akademik tersebut digunakan. Studi ini mengadaptasi penggunaan User Experience Questionnare (UEQ) dengan versi bahasa Indonesia, melibatkan 70 mahasiswa  yang telah menggunakan sistem informasi akademik lebih dari satu tahun untuk mengukur pengalaman pengguna sistem informasi akademik yang digunakan oleh Universitas Sangga Buana Bandung. Hasil penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat untuk para praktisi user experience, pengajar mata kuliah interaksi manusia dan komputer, administrator sistem informasi akademik dan pengembang sistem informasi akademik juga pihak lainnya yang berkepentingan terhadap sistem informasi akademik. Berbagai hasil penemuan dalam studi ini juga diharapkan bisa bermanfaat untuk lembaga akademik lain yang menggunakan sistem informasi dalam pengelolaan kegiatan akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhaemin, M.N.A. (2020). Pengembangan Fungsionalitas Sistem Informasi Dengan Pendekatan Kansei Engineering. Jurnal Infotronik. 5(1), 30-36.
Schrepp, M. (2016). User Experience Questionnaire Handbook. www.ueq-online.org.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Online), (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/akademis, diakses 14 Juni 2020).

Downloads

Published

20-06-2020

How to Cite

Muhamad Nurdin. (2020). MENGUKUR USER EXPERIENCE SISTEM INFORMASI AKADEMIK. INFOTECH Journal, 6(1), 7–10. https://doi.org/10.31949/infotech.v6i1.310

Issue

Section

Articles