MENGUKUR USER EXPERIENCE SISTEM INFORMASI AKADEMIK

Main Article Content

Muhamad Nurdin

Abstract

Sistem informasi akademik merupakan bagian penting pada universitas yang berfungsi sebagai alat bantu untuk pengelolaan kegiatan akademik. Tidak cukup unsur usability namun tingkat user experience juga merupakan unsur yang sangat penting untuk menjadi tolak ukur seberapa baik sistem informasi akademik tersebut digunakan. Studi ini mengadaptasi penggunaan User Experience Questionnare (UEQ) dengan versi bahasa Indonesia, melibatkan 70 mahasiswa  yang telah menggunakan sistem informasi akademik lebih dari satu tahun untuk mengukur pengalaman pengguna sistem informasi akademik yang digunakan oleh Universitas Sangga Buana Bandung. Hasil penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat untuk para praktisi user experience, pengajar mata kuliah interaksi manusia dan komputer, administrator sistem informasi akademik dan pengembang sistem informasi akademik juga pihak lainnya yang berkepentingan terhadap sistem informasi akademik. Berbagai hasil penemuan dalam studi ini juga diharapkan bisa bermanfaat untuk lembaga akademik lain yang menggunakan sistem informasi dalam pengelolaan kegiatan akademik.

Article Details

How to Cite
Muhamad Nurdin. (2020). MENGUKUR USER EXPERIENCE SISTEM INFORMASI AKADEMIK. INFOTECH Journal, 6(1), 7-10. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/310
Section
Articles

References

Muhaemin, M.N.A. (2020). Pengembangan Fungsionalitas Sistem Informasi Dengan Pendekatan Kansei Engineering. Jurnal Infotronik. 5(1), 30-36.
Schrepp, M. (2016). User Experience Questionnaire Handbook. www.ueq-online.org.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Online), (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/akademis, diakses 14 Juni 2020).