UCS ALGORITHM SIMULATION FOR OPTIMIZING THE TRAVEL ROUTE FROM THE CIKANDE MODERN INDUSTRIAL AREA TO THE KP3B OFFICE

Abstract Views : 11 / Downloads Count: 8

Authors

  • Mochammad Darip Universitas Bina Bangsa
  • Halim Universitas Bina Bangsa
  • Irvan Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v10i2.10089

Keywords:

Algoritma, Desain, Model, Optimal, Uniform Cost Search

Abstract

Jalan menuju Kantor Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) yang menjadi tujuan utama berbagai aktivitas administratif dan layanan publik sering kali menjadi titik kemacetan, meskipun kemacetan ini hanya terjadi pada beberapa lokasi tertentu namun masih menjadi masalah. Umumnya masyarakat atau pengguna jalan yang hendak melakukan rute perjalanan menuju/melewati kawasan tersebut menggunakan jalur jalan raya utama atau jalan raya provinsi, khususnya bagi masyarakat yang belum familiar terhadap rute/jalur perjalanan dari arah kawasan industri modern Kecamatan Cikande. Padahal jika dilihat dari jarak dan lalu lintas perjalanan, rute ini cukup padat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan pendekatan sistematis guna mengoptimalkan perjalanan. Salah satu pendekatan teknik pencarian rute/jalur perjalanan adalah dengan menggunakan pendekatan algoritma Uniform Cost Search (UCS). Hasil analisis dan implementasi yang dilakukan menunjukkan bahwa rute alternatif yang direkomendasikan oleh algoritma UCS lebih efektif dibandingkan dengan jalur yang saat ini umumnya digunakan, berdasarkan kriteria jarak, kepadatan lalu lintas, kondisi jalan dan waktu tempuh.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Halim, Universitas Bina Bangsa

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer

Irvan, Universitas Bina Bangsa

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer

References

Ali, Mm., Hariyati, T., & Yudestia Pratiwi, M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. Education Journal, 2(2), 1–6.

Aprilliando Rizqi, D. (2023). Implementasi Algoritma Uniform Cost Search (UCS) untuk Menentukan Rute Terpendek. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/59496/

Asanto, A. (2024). Rancang Bangun Aplikasi GIS Untuk Menentukan Lokasi Fasilitas Kesehatan Peserta BPJS Faskes I Dengan Menggunakan Algorithma A-Star Dan Scrapping Pada Kota Tangerang Selatan. JURNAL REKAYASA APLIKASI, MULTIMEDIA DAN SISTEM INFORMASI (REKLAMASI), 3(1), 1–4. https://maklumatika.i-tech.ac.id/index.php/reklamasi

Asmara Zita Dewi, R., Yusuf, R., & Muharni, S. (2021). Penerapan Algoritma Uniform Cost Search (UCS) Untuk Rekomendasi Pembangunan Rumah. Journal Computer Science & Information System, 1(1), 1–8.

Aziz, T. A. (2021). Eksplorasi Justifikasi dan Rasionalisasi Mahasiswa dalam Konsep Teori Graf. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(02), 40–54. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Buhaerah, P., Busrah, Z., & Sanjaya, H. (2022). Teori Graf Dan Aplikasinya. In Teori Graf Dan Aplikasinya. Living Spiritual Quotient. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3489/

Hasugian, I. A., Muhyi, K., & Firlidany, N. (2022). Simulasi Monte Carlo Dalam Memprediksi Jumlah Pengiriman Dan Total Pendapatan. Media Mahardhika, 17(2), 133–138. ojs.stiemahardhika.ac.id

Hindarto, Sumarno, & Mochammad Alfan, R. (2022). Buku Ajar Kecerdasan Buatan/Artificial Intelegent (AI) (M. T. Multazam & M. Darmawan, Eds.; Pertama, Vols. 978-623-464-034–2). UMSIDA Press. https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/1306

Nafiah, A. F. (2020). Perancangan Aplikasi Pencarian Rute Terdekat Jasa Binatu Online Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Djikstra. Ubiquitous: Computers and Its Applications Journal, 3(2), 99–106.

Octavian, F., & Hermawan, L. (2023). Penerapan Algoritma Pathfinding A* dalam Game Dual Legacy berbasis Android. Jurnal Buana Informatika, 14(1), 20–29.

Laila, K. W. (2022). Perancangan Basis Data Graf Untuk Silsilah Keluarga. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41749

Permatasari, O. (2020). Dampak Kemacetan Lalu Lintas Terhadap Produktivitas Kerja Di Surabaya. Media Mahardhika, 18(2), 322–331. https://ojs.stiemahardhika.ac.id/index.php/mahardika/article/view/208

Prayoga Permana, A., Ainiyah, K., & Fahmi Hayati Holle, K. (2021). Analisis Perbandingan Algoritma Decision Tree, kNN, dan Naive Bayes untuk Prediksi Kesuksesan Start-up. JISKa, 6(3), 178–188. https://www.kaggle.com/manishkc06/startup-success-prediction.

Rahmadi, D., & Sandariria, H. (2023). Penerapan Minimum Spanning Tree dalam Menentukan Rute Terpendek Distribusi Naskah Soal USBN di SMA Negeri se-Sleman. Basis: Jurnal Ilmiah Matematika, 2(1), 66–71. http://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/Basis

Sulastio, B. S., Anggono, H., & Putra, A. D. (2021). Sistem Informasi Geografis Untuk Menentukan Lokasi Rawan Macet Di Jam Kerja Pada Kota Bandar Lampung Pada Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 104–111. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Ulandari, S., & Zahra, A. (2023). Representasi Teori Graf Dalam Jejaring Sosial Instagram. JURNAL OF EDUCATION IN MATHEMATICS, SCIENCE, AND TECHNOLOGY, 6(2), 97–107. http://jemst.ftk.uinjambi.ac.id/

Yondra, A. O., Darmanto, T., & Yulius, A. (2021). Penggunaan Algoritma A* Pada Permainan Game Godef Berbasis Android. Journal Widyatama: Masitika, 6(Oktober 2021), 1–10

Downloads

Published

28-07-2024

How to Cite

Darip, M., Halim, A., & Septiandi, I. (2024). UCS ALGORITHM SIMULATION FOR OPTIMIZING THE TRAVEL ROUTE FROM THE CIKANDE MODERN INDUSTRIAL AREA TO THE KP3B OFFICE. INFOTECH Journal, 10(2), 201–210. https://doi.org/10.31949/infotech.v10i2.10089

Issue

Section

Articles