RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA ABSENSI SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA NETBEANS IDE 8.0 (STUDI KASUS : SDN PELASAH KONENG)

Main Article Content

Dadan Zaliluddin

Abstract

Absensi merupakan hal yang wajib dilakukan untuk siswa. Dalam melakukan absensi masih menggunakan cara manual. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem absensi siswa yang dapat melakukan pendataan dan pengelolaan data agar dapat dilakukan secara cepat, efisien, dan akurat. Pembuatan sistem absensi siswa ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, analisa sistem, perancangan sistem, dan implementasi sistem. Sistem ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java Netbeans IDE 8.0 dan MySQL untuk pengelolaan database.


Sebagai hasil dari tugas akhir ini adalah dibuatnya aplikasi berbasis dekstop Sistem Informasi Absensi siswa Berbasis dekstop Menggunakan Java Netbeans IDE 8.0 yang memiliki fasilitas seperti: manajemen data siswa, manajemen data guru, manajemen absensi siswa, manajemen absensi guru. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan proses absensi akan lebih efisien dan dapat dipantau dengan mudah oleh dosen dan oleh pusat.


 

Article Details

How to Cite
Zaliluddin, D. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA ABSENSI SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA NETBEANS IDE 8.0. INFOTECH Journal, 6(1), 19-24. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/279
Section
Articles

References

Davis B, G., & Olson H, M. 1974. Management Information system. New York: Macgraw-hill.
Fathansyah. 2012. Basis Data. Bandung: Innformatika Bandung.
Indrajani. 2014. Database system case study all in one. Jakarta: PT Elex Media Komputido.
Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ladjamudin, A.-B. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rosa A.S, M. S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung.
Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
Sutanta, E. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
W, P. P., & Herlawati. 2011. Menggunakan UML. Oktober: Informatika Bandung.