PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN MATERIAL DENGAN METODE LOT SIZING PADA MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (STUDI KASUS: PT. POU YUEN INDONESIA)

Main Article Content

Ai Musrifah

Abstract

Keterlambatan proses produksi dapat terjadi akibat kekurangan material ditengah produksi. Prioritas didalam produksi.adalah melakukan sebuah perubahan perencanaan jika terjadi kekurangan material, karena hal itu tidak bias dimanipulasi ketika terjadi kekurangan material dalam kegiatan produksi. Pengendalian persediaan sebagai bagian dari layanan pasokan material, dapat mengontrol penggunaan bahan baku suatu produk, jika terlalu banyak melebihi anggaran bahan baku akan mengakibatkan kredit buruk bagi perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk menyelesaikan masalah dalam pengendalian persediaan material dengan merancang sebuah system informasi  perencanaan dan pengendalian persediaan material dengan metode lot sizing pada Material Requirement Planning (MRP) di PT. Pou Yuen Indonesia. Rekayasa perangkat lunak yang digunakan adalah metode waterfall dengan analisa permodelan menggunakan unified modeling language (UML) yang menggambarkan usecase diagram, Swimlane diagram, sequence diagram dan class diagram. Hasil dari dibuatnya sistem informasi tersebut memudahkan dalam melakukan monitoring material persediaan, mendapatkan informasi persediaan dan alokasi material dan mendapatakn informasi yang akurat sesuai kenyataan.


 

Article Details

How to Cite
Musrifah, A. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN MATERIAL DENGAN METODE LOT SIZING PADA MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (STUDI KASUS: PT. POU YUEN INDONESIA). INFOTECH Journal, 6(2), 30-35. https://doi.org/10.31949/infotech.v6i2.829
Section
Articles

References

Charistia dan Surjasa Dadang. 2017. Sistem Informasi Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku di PT X. Jurnal Teknik Industri Vol. 7.3, 136-150.
Fachrurrozi, dan Indra Almahdy. 2016. Lot Sizing Material Requirement Planning Pada Produk Tipe Wall Mounting di Industri Box Panel. Jurnal PASTI Vol. 10. 3, 279-293.
Ginting, R., 2007. Sistem Produksi, Graha Ilmu: Yogyakarta.
Makridakis, W. dan McGee., 1999. Metode dan Aplikasi Peramalan, Terjemahan, Binarupa Aksara, Jakarta.
Pressman, R.S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi
Rasjidin, R., Ras, Sachbudi A., dan Futihat, 2007. Penentuan Kombinasi Metode Lot Sizing Berbagai Level Pada Struktur Produk Spion 7024 Untuk Meminimasi Biaya Persediaan Di PT. Cipta Kreasi Prima Muda, Jurnal Inovisi™, 6(2).