ANALYSIS OF DIMSUM PRODUCT QUALITY CONTROL AT PT. XYZ

Authors

  • Adji Candra Kurniawan Universitas Pertamina
  • Erul Gusnadi Universitas Pertamina

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.6425

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah kecacatan produk pada PT. XYZ yang bergerak dalam produksi frozen food hasil olahan perikanan dan udang. Masalah yang dihadapi adalah adanya cacat pada kulit dimsum dan ketidakseragaman bentuk dimsum dalam proses produksi dimsum. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan Six Sigma dengan metode DMAIC. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada dua jenis cacat pada dimsum, yaitu kerusakan pada kulit dimsum mencapai 66% dan ketidakseragaman bentuk dimsum mencapai 34%. Dengan menggunakan peta kendali p-chart, diketahui bahwa ada satu kejadian di mana cacat produk berada di luar batas kendali, sementara yang lainnya berada dalam batas kendali. Meskipun demikian, jumlah cacat produk secara keseluruhan masih melebihi nilai rata-rata cacat. Dalam perhitungan Defect Per Million Opportunities (DPMO), ditemukan bahwa terdapat 23,506.90 produk cacat per satu juta produk yang diproduksi, dengan tingkat sigma sebesar 3.51. Untuk itu, dilakukan analisis sebab-akibat menggunakan fishbone diagram dengan faktor penyebab yang teridentifikasi, yaitu material, mesin, pekerja, dan metode. Setelah analisis sebab-akibat, dilakukan perbaikan dengan metode Kepner Tregoe Potential Problem Analysis (KTPPA) dan Action Plan. Dengan menerapkan pendekatan Six Sigma dan metode DMAIC, diharapkan PT. XYZ dapat mengurangi jumlah cacat produk, meningkatkan mutu dan kualitas dimsum, serta meningkatkan efisiensi dalam proses produksi. Semoga hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dan industri dalam menghadapi tantangan produksi frozen food.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D. 2003. Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitatif. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Assauri, S. 2004. Manajemen Operator Dan Produksi. Jakarta: LPFE UI.

Brue, Greg. 2002. Six Sigma for Manager. Jakarta: Canary.

Gaspersz, V. 2001. Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Gaspersz, V. 2002. Pedoman Implementasi Program Six Sigma Terintegrasi Dengan ISO 9001:2000, MBNQA, Dan HACCP. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mahmud, M. 2018. “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Six Sigma Pada CV Makmur Tani.” Sinteks: Jurnal Teknik 7(2): 24–34.

Pande P. S., Robert P. Neuman., and Ronald R. Cavanach. 2002. The Six Sigma Way (Bagaimana GE, Motorola, Dan Perusahaan Terkenal Lainnya Mengasah Kinerja Mereka). Yogyakarta: Andi Publisher.

Riani, L. P. 2016. “ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK TAHU PUTIH (Studi Kasus Pada Home Industri Tahu Kasih Di Kabupaten Trenggalek). Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.”

Sirine, H., and E. P Kurniawati. 2017. “PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus Pada PT Diras Concept Sukoharjo).” AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship 2(3).

Tjiptono, and G. Chandra. 2011. Service, Quality, & Satisfaction Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI Publisher.

Downloads

Published

22-08-2023

How to Cite

Kurniawan, A. C., & Gusnadi, E. (2023). ANALYSIS OF DIMSUM PRODUCT QUALITY CONTROL AT PT. XYZ. INFOTECH Journal, 9(2), 477–490. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.6425

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)