RANCANG BANGUN SISTEM ABSENSI ONLINE DENGAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION DAN NODEMCU BERBASIS INTERNET OF THINGS

Abstract Views : 130 / Downloads Count: 296

Authors

  • Anharudin Universitas Serang Raya
  • Ngatono Universitas Serang Raya
  • Saefudin Universitas Serang Raya
  • Wahyudin Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v8i2.3765

Abstract

Pelaporan presensi absensi pegawai dibuat dengan output cetak dari tiap-tiap dinas atau instansi, sehingga menimbulkan banyak masalah seperti untuk rekapitulasi data musti dilakukan secara convensional dari laporan satuan kerja sehingga membutuhkan waktu, minimnya akurasi karena laporan tidak dibuat secara rinci kemudian laporan juga sulit dibuat apabila Kantor Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik Diskomsantik Pandeglang memerlukan adanya laporan presensi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN)  dalam rentang waktu yang relatif cepat. Selain itu cost yang timbul dari tiap dinas untuk mengirim rekapitulasi laporan kehadiran ke Diskomsantik sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengolah data output dan merecord semua data-data dari data output tersebut kedalam sebuah tabel database yang dapat diakses dengam mudah oleh semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta mampu menyajikan informasi laporan sesuai yang diingikan. Dengan melakukan metodologi penelitian yang dilakukan dengan studi literatur kemudian melakukan rancang bangun alat dan sistem informasi berbasis web. Hasil dari penelitian ini adalah sistem alat absensi online yang dapat menyimpan data log absensi pegawai ke dalam sebuah database, dan website dapat digunakan untuk mengolah file output data absensi ke dalam file ms.excel. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan sistem absensi online menggunakan sensor RFID, NodeMCU dan website berbasis internet of things yang telah di buat mampu memberikan laporan absensi pegawai secara realtime pada saat pegawai melakukan tapping kartu pegawai. Selain itu pimpinan dapat memonitoring pegawainya masuk tepat waktu atau terlambat sekalipun lewat website dan dapat mendownload data secara langsung.

 

Kata Kunci: Internet of things, NodeMCU, RFID, Website

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, K.P, dkk. (2018). Perancangan Sistem Presensi Untuk Pegawai Dengan RFID Berbasis IoT Menggunakan NodeMCU ESP8266. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science). Vol. 5. No. (1). 25-32.

Asyikin, A.N, dkk. (2019). Prototype Mesin Absensi Berbasis Internet of Things Menggunakan E-ktp Studi Kasus di Simpadu Politeknik Negeri Banjarmasin. Prosiding SNRT (Seminar Nasional Riset Terapan).

Ekasari, M.H, dan Diana, D. (2018). Aplikasi Absensi Mahasiswa dan Dosen STMIK Jakarta STI&K Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI. Vol. 7. No. (2).

Fauziah, H.Y, dkk. (2017). Rancang Bangun Sistem Absensi Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Cendekia (STTC) Berbasis Radio Frequency Identification (RFID). Seminar Nasional Sains dan Teknologi. jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek.

Jadid, A, dkk. (2017). Rancang Bangun Sistem Absensi Perkuliahan Auto ID Berbasis RFID yang Terintegrasi dengan Database Berbasis WEB. KITEKTRO (Jurnal Online Teknik Elektro). Vol. 2. No. (2). 59-69.

Nasir, M, dkk. (2019). Sistem Monitoring Absensi Perkuliahan Dengan Menggunakan RFID Berbasis Raspberry Pi. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe. Vol. 3. No. (1).

Natakusumah, E.K.. (2002). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. LIPI Bandung: Pusat Penelitian Indonesia

Nasution, S. (2018). Presensi Online Menggunakan RFID Pada Kartu Mahasiswa. Journal of Information Technology and Computer Science. Vol. 1. No. (1).

Nurlia, W, dkk. (2018).Penerapan SMS Gateway pada Sistem Monitoring Absensi Siswa Berbasis Web di SMK Setia Budhi Rangkasbitung. Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi.

Surya, P, dkk. (2018). Integrated Functional member Card Menggunakan RFID di Lingkungan STMIK Muhammadiyah Banten. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia online. Universitas AMIKOM.

Syawaluddin, A.N. (2019). Rancang Bangun Sistem Absensi Online Menggunakan NFC Berbasis Iot di Universitas Serang Raya. Jurnal PROSISKO. Vol. 6. No. (2).

Downloads

Published

21-11-2022

How to Cite

Anharudin, Ngatono, Saefudin, & Wahyudin. (2022). RANCANG BANGUN SISTEM ABSENSI ONLINE DENGAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION DAN NODEMCU BERBASIS INTERNET OF THINGS. INFOTECH Journal, 8(2), 116–124. https://doi.org/10.31949/infotech.v8i2.3765

Issue

Section

Articles