PROTOTIPE CERDAS PEMECAHAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK

Abstract Views : 352 / Downloads Count: 258

Authors

  • Tri Ferga Prasetyo Universitas Majalengka
  • Dony Susandi Universitas Majalengka
  • Muhammad Yunus Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v8i2.3956

Keywords:

Volume Sampah, Populasi Tertinggi, teknologi pengelolaan sampah menjadi energi, sampah untuk didaur ulang, sampah untuk pengomposan, dan sampah untuk pemilahan.

Abstract

Indonesia merupakan negara keempat di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat dengan jumlah penduduk terbanyak mencapai lebih dari 200 juta jiwa, Peningkatan jumlah penduduk dan laju perekonomian serta pembangunan selain memberikan dampak positif juga memberikan dampak yang positif. Dampak negatif salah satunya adalah permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan khususnya dalam pengelolaan sampah yang dapat dilihat dari meningkatnya volume sampah. Tingginya volume sampah di Indonesia terutama di kota-kota besar seperti kota atau kabupaten di Provinsi Jawa Barat dipengaruhi oleh jumlah penduduk yang tinggi. Salah satunya di Kabupaten Majalengka, volume sampah semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Volume sampah dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi jumlah penduduk maka semakin tinggi pula volume sampah yang dihasilkan dari aktivitas penduduk. Minimnya fasilitas yang memudahkan masyarakat mengelola sampah juga menjadi masalah. Selain itu, penumpukan sampah di tempat sampah sering terjadi karena DLH Majalengka melakukan piket untuk mengumpulkan sampah hanya 1-2 kali dalam seminggu. Teknologi merupakan salah satu jawaban dari permasalahan yang ada, antara lain teknologi pengelolaan sampah menjadi energi, sampah menjadi daur ulang, sampah menjadi kompos, dan sampah menjadi pemilahan. Dengan adanya tempat pemilahan sampah yang secara otomatis dapat memilah sampah berdasarkan jenisnya, diharapkan dapat mengurangi pencemaran lingkungan oleh sampah. Dengan memilah sampah berdasarkan jenisnya, tentunya akan memudahkan pengelolaan sampah untuk didaur ulang atau digunakan kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D, Susandi, W, Nugraha, SF, Rodiansyah. 2017. Perancangan smart parking system pada prototype smart office berbasis internet of things, 1-7. Prosiding Semanstek Fakultas Teknik Muhammadiah Jakarta.

F, Fitriyani, D, Susandi, 2022. Rancang Bangun Sistem Monitoring Penerangan Jalan Umum (PJU) Menggunakan Mikrokkontroler Arduino Berbaris Internet Of Things, 157-163, 1(1) : Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika (SNESTIK).

H, Sujadi, TF, Prasetyo, D, Surya, C, Roni, Firmansyah. 2021. Peningkatan Keterampilan Bagi Siswa Man 2 Rajagaluh Dalam Pembuatan Alat Pencatatan Kesehatan Berbasis Internet Of Things, 112-119. 2.(1): Bernas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

K, Martin, D, Susandi, 2022. Perancangan dan Implementasi Sistem Irigasi Kabut Otomatis Tanaman Edelweis Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno, 57-66, 6, (1). : Jurnal ikraith-informatika

T, Wahyuni, TF, Prasetyo, S, Marisa. 2022. Pengembangan Prototipe Sistem Saluran Air Otomatis Menggunakan Sensor HC-SR 04 Berbasis Android, 312-326, 3, (3): Bernas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

TF, Prasetyo, AF, Isdiana, H, Sujadi. 2020. Measure Device of Water Content On Food Materials Based On Internet of Things, 234-245. 3.(2) : IJISTECH (International Journal of Information System and Technology)

TF, Prasetyo, H, Sujadi, RM, Azizi. 2020. Desain Dan Pengembangan Peralatan Rekayasa Otomatis Pada Papan Tulis Menggunakan Arduino Uno R3 Terintegrasi Dengan Android, 57-64. 6. (2) : Infotech Journal

Downloads

Published

15-12-2022

How to Cite

Prasetyo, T. F., Susandi, D., & Yunus, M. (2022). PROTOTIPE CERDAS PEMECAHAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK. INFOTECH Journal, 8(2), 157–163. https://doi.org/10.31949/infotech.v8i2.3956

Issue

Section

Articles