ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK SEGMENTASI PELANGGAN (STUDI KASUS : FASHION VIRAL SOLO)

Abstract Views : 804 / Downloads Count: 570

Authors

  • Rifal Bayu Ardi Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Faulinda Ely Nastiti Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Sri Sumarlinda Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5214

Keywords:

Segmentasi, Clustering, K-Means, Pelanggan

Abstract

Fashion Viral Solo merupakan salah satu distributor perlengkapan fashion di Surakarta yang belum memanfaatkan data yang dimiliki untuk melakukan segmentasi dan mengelompokkan pelanggan berdasarkan kemiripannya. Segmentasi adalah proses untuk mencari tahu karakteristik dari pelanggan berdasarkan kesamaan tertentu, sehingga memudahkan pengumpulan informasi tentang pelanggan yang memberikan profit bagi perusahaan. Segmentasi menjadi salah satu strategi untuk menghadapi persaingan usaha, untuk mempertahankan pelanggan, dan untuk membantu manajemen dalam menyusun strategi promosi untuk meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan segmentasi pelanggan yang pernah bertransaksi di Fashion Viral Solo berdasarkan karakteristiknya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan algoritma K-Means untuk melakukan clustering dan penerapan metode Recency, Frequency dan Monetary. K-Means adalah algoritma sederhana, mudah diimplementasikan, tidak lambat, mudah disesuaikan, dan sering digunakan dalam proses data mining khususnya clustering. Nilai atribut Recency menunjukkan waktu terakhir transaksi, Frequency menunjukkan jumlah transaksi, dan Monetary menunjukkan total nominal transaksi. Dengan menggunakan K-Means dan metode Recency, Frequency dan Monetary, peneliti dapat melakukan segmentasi pelanggan Fashion Viral Solo. Dari penelitian ini, diperoleh hasil 2 cluster pelanggan. Cluster 1 dengan jumlah anggota terbanyak, yakni 343 pelanggan dan cluster 2 dengan jumlah anggota 8 pelanggan. Untuk menentukan jumlah cluster yang paling optimal, peneliti menggunakan metode Silhouette Scores dan diperoleh hasil jika membagi pelanggan menjadi 2 cluster adalah yang paling optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Faulinda Ely Nastiti, Universitas Duta Bangsa Surakarta

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer,

Sri Sumarlinda, Universitas Duta Bangsa Surakarta

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer

References

Adiana, B. E., Soesanti, I., & Permanasari, A. E. (2018). ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI RFM MODEL DAN TEKNIK CLUSTERING. Jurnal Terapan Teknologi Informasi. https://doi.org/10.21460/jutei.2018.21.76

Febriani, A., & Putri, S. A. (2020). Segmentasi Konsumen Berdasarkan Model Recency, Frequency, Monetary dengan Metode K-Means. JIEMS (Journal of Industrial Engineering and Management Systems). https://doi.org/10.30813/jiems.v13i2.2274

Fitriyani, I. P., & Hendriyani, C. (2021). Implementasi Customer Data Management Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan IndiHome di PT Telkom. ICIT Journal. https://doi.org/10.33050/icit.v7i2.1645

Herdiana, R., & Solihudin, D. (2023). SEGMENTASI PELANGGAN SALON NUII BEAUTY GLOW MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING. 7(1), 558–566.

Jabbar, J. (2022). SISTEM INFORMASI STOK BARANG MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING KMEANS (STUDI KASUS RMD STORE). INFOTECH Journal. https://doi.org/10.31949/infotech.v8i1.2280

Lestari, W., & Sumarlinda, S. (2021). Clustering Model of Lecturers Performa in Publication Using K-Means for Decision Support Data. International Journal of Multisciences

Sari, Y. P., Primajaya, A., & Irawan, A. S. Y. (2020). Implementasi Algoritma K-Means untuk Clustering Penyebaran Tuberkulosis di Kabupaten Karawang. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika. https://doi.org/10.35314/isi.v5i2.1457

Setiawan, Amani, H., & Tripiawan, W. (2021). Perancangan Segmentasi Pelanggan dengan Metode Clustering K- Means dan Model RFM pada Klinik Kecantikan Seoul Secret. E-Proceeding of Engineering, 8(2), 2286–2293.

Sudarsono, B. G., Leo, M. I., Santoso, A., & Hendrawan, F. (2021). ANALISIS DATA MINING DATA NETFLIX MENGGUNAKAN APLIKASI RAPID MINER. JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems. https://doi.org/10.30813/jbase.v4i1.2729

Sulistiyawati, A., & Supriyanto, E. (2021). Implementasi Algoritma K-means Clustring dalam Penetuan Siswa Kelas Unggulan. Jurnal Tekno Kompak. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.1162

Sumarlinda, S., & Lestari, W. (2022). Decision support system for lecturer publication mapping using k- means clustering method. 5(4), 140–145.

Wulan Permata Sari, T. S. (2023). ANALISA CLUSTER DENGAN K-MEAN CLUSTERING UNTUK PENGELOMPOKAN DATA CYBERCRIME. JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains), 5(1), 49–53.

Downloads

Published

10-05-2023

How to Cite

Ardi, R. B., Ely Nastiti, F., & Sumarlinda, S. (2023). ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK SEGMENTASI PELANGGAN (STUDI KASUS : FASHION VIRAL SOLO). INFOTECH Journal, 9(1), 124–131. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5214

Issue

Section

Articles