PERANCANGAN SISTEM PEMILAH SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK BERBASIS MIKROKONTROLER MENGGUNAKAN SENSOR PROXIMITY

Authors

  • immaculata yolia dewi Widayanti universita duta bangsa
  • Joni Maulindar Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nurchim Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5345

Abstract

Penelitian ini membahas tentang alat pemilah sampah secara otomatis berdasarkan jenisnya, yaitu organik dan anorganik, dengan menggunakan sensor proximity induktif dan kapasitif yang berbasis Internet of Things (IoT). Latar belakang penelitian menjelaskan bahwa sampah merupakan bahan sisa dari kegiatan industri atau rumah tangga yang berbentuk padat atau semi padat, baik itu organik maupun anorganik, yang memiliki kemampuan terurai atau tidak terurai dan sering dibuang ke lingkungan karena sudah tidak berguna lagi. Untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan dan memudahkan proses daur ulang sampah, perlu dilakukan pemilahan sampah sesuai jenisnya. Oleh karena itu, dibuatlah alat pemilah sampah secara otomatis dengan menggunakan sensor proximity induktif dan kapasitif. Metode pengembangan sistem waterfall digunakan dalam penelitian ini, yaitu dengan melakukan tahap analisis, perancangan, implementasi, dan uji coba. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alat pemilah sampah secara otomatis dengan menggunakan sensor proximity induktif dan kapasitif dapat berfungsi dengan baik dan memilah sampah berdasarkan jenisnya dengan akurasi yang tinggi. Penelitian lain yang dibahas dalam pustaka juga memberikan kontribusi pada pengembangan alat pemilah sampah secara otomatis, seperti penggunaan logika program otomatis dan sensor ultrasonik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustya, A. F., & Fahruzi, A. (2020). Rancang Bangun Alat Otomatis Pemilah Sampah Logam, Organik Dan Anorganik Menggunakan Sensor Proximity Induksi Dan Sensor Proximity Kapasitif. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan (Vol. 1, No. 1, pp. 475-480).

Akbar, M., Anjasmara, S. D., & Wardhani, K. D. K. (2021). Rancang Bangun Alat Pendeteksi Sampah Organik dan Anorganik Menggunakan Sensor Proximity dan NodeMCU ESP8266. Jurnal Komputer Terapan, 7(2), 290- 299.

Alfita, R., Wibisono, K. A., & Anwar, M. W. (2021). Rancang Bangun Alat Pemilah Sampah Organik Dan Anorganik. JOURNAL ZETROEM, 3(1), 18- 25.

Prita, L. C., Lestari, Y. S., Firdaus, F., Quthbirrobbaani, H., Ningsih, I. M., & Rahmawati, D. (2021). Alat Pemilah Sampah Organik Anorganik dan Logam Secara Otomatis Menggunakan Sensor Proximity. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(10), 1815-1824.

Wibysono, Adhitya Yusuf, Helfy Susilawati, dan Iik Muhammad Malik Matin. Rancang Bangun Alat Pemilah Sampah Organik dan Non Organik Berbasis Raspberry Pi. Jurnal FUSE-Teknik Elektro 2.2 (2022): 88-96.

Downloads

Published

22-05-2023

How to Cite

Widayanti, immaculata yolia dewi, Maulindar, J., & Nurchim. (2023). PERANCANGAN SISTEM PEMILAH SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK BERBASIS MIKROKONTROLER MENGGUNAKAN SENSOR PROXIMITY. INFOTECH Journal, 9(1), 207–214. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5345

Issue

Section

Articles