IMPLEMENTASI ALGORITMA A-STAR UNTUK PEMETAAN LOKASI SARANA KESEHATAN KABUPATEN MAJALENGKA BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS)

Authors

  • Suhendri Suhendri Universitas Majalengka
  • Dede Abdurahman
  • Dani Irfan Maulana

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v7i2.1512

Abstract

Kabupaten Majalengka merupakan salah satu daerah Kabupaten dipropinsi Jawa Barat yang maju dan sangat pesat perkembangannya khususnya dalam bidang kesehatan. Dengan banyaknya pembangunan tempat kesehatan diberbagai kawasan yang ada di Kabupaten Majalengka, maka menjadi banyak pilihan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik. Namun tidak sedikit dari masyarakat yang tidak mengetahui beberapa sarana kesehatan yang ada di Kabupaten Majalengka, kebanyakan masyarakat hanya mengetahui sarana kesehatan sekitar daerahnya, cara mencarinya masih harus bertanya kepada orang lain dan masyarakat belum mengetahui sarana kesehatan mana yang terdekat yang akan dituju. Karena kesehatan sangat penting bagi semua orang agar dapat produktif secara sosial maupun ekonomis.Dengan adanya hal tersebut, maka upaya dari hal tersebut adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, untuk membuat sebuah aplikasi yang akan membantu masyarakat dalam menemukan lokasi sarana kesehatan terdekat. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai lokasi sarana kesehatan yang ada di Kabupaten Majalengka, yang dilengkapi dengan penunjuk jalan berupa maps yang telah diberikan algoritma A-Star untuk menentukan rute terdekat menuju lokasi atau sarana kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Rumah Sakit Yukum Medical Center). Jurnal TEKNOINFO, Vol. 11, No. 2.
Fernando, E. (2015). Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Tempat Kesehatan Di Jambi. Jurnal Undip.
Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML. Jurnal Informati Mulawarman, 15.
Juansyah, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted Global Positioning Sistem (A-GPS) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Dan Komputer (KOMPUTA).
Listyorini, T., & Widodo, A. (2013). PERANCANGAN MOBILE LEARNING MATA KULIAH SISTEM OPERASI BERBASIS ANDROID. Jurnal SIMETRIS Vol 3 No 1.
Lingga Wijaya, H. O. (2017). Perancangan Aplikasi Pemetaan Lokasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Kota Lubuklinggau Berbasis Goegraphic Information System (GIS) Dan Location Based Service (LBS). Jatisi, Vol. 3 No. 2.
Maaruf, K. C. (2016). Kecerdasan Buatan Menggunakan Algoritma A-Star Dalam Permainan Ular Tangga. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.
Maulana, G. G. (2017). Pembelajaran Dasar Algoritma Dan Pemograman Menggunakan El-Goritma Berbasis Web. urnal Teknik Mesin (JTM): Vol. 06, No. 2.
Mutsaqov, M. A., Fernando, Y., & Megawaty, D. A. (2020). PENERAPAN ALGORITMA A-STAR PADA APLIKASI PENCARIAN LOKASI FOTO BERBASIS ANDROID. Jurnal Kelitbangan vol 8. no. 1.
Nugroho, A., & Kusuma, A. W. (2018). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LOKASI BIRD CONTEST KOTA MALANG BERBASIS ANDROID. Jurnal SISTEMASI, Volume 7, Nomor 3 .
Panduardi, F., & Haq, E. S. (2016). Wireless Smart Home System Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi an Terapan vol 3 no 1.
Purnama, S., Megawaty, D. A., & Fernando, Y. (2018). Penerapan Algoritma A-Star Untuk Penentuan Jarak Terdekat Wisata Kuliner Di Kota Bandar Lampung. Jurnal TEKNOINFO, Vol. 12, No. 1.
Rosa, A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung.
Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem. ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika.
Syukriyah, Y., Falahah, & Solihin, H. (2016). Penerapan Algoritma A-Star Untuk Mencari Rute Tercepat Dengan Hambatan. Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika.
UU Pokok Kesehatan No. 9 tahun 1960, Bab I Pasal 2 . (n.d.).
Wibowo, K. M., Kanedi, I., & Jumadi, J. (2015). Sistem Informasi Geografis (SIG) Menentukan Lokasi Pertambangan Batu Bara Di Provinsi Bengkulu Berbasis Website. Jurnal Media Infotama Vol. 11 No. 1.

Downloads

Published

22-09-2021

How to Cite

Suhendri, S., Dede Abdurahman, & Dani Irfan Maulana. (2021). IMPLEMENTASI ALGORITMA A-STAR UNTUK PEMETAAN LOKASI SARANA KESEHATAN KABUPATEN MAJALENGKA BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS). INFOTECH Journal, 7(2), 57–65. https://doi.org/10.31949/infotech.v7i2.1512

Issue

Section

Articles