Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar

  • Yuli Maghfiroh Universitas Kristen Satya Wacana
  • Agustina Tyas Asri Hardini Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Keywords: modul, matematika, pecahan, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kesulitan dalam memahami materi Matematika khususnya pecahan dan belum adanya buku yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran Matematika secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran Matematika materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini berupa penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini hanya berhenti pada uji validasi dan tidak melakukan praktek peggunaan media di lapangan. Instrumen penelitian ini berupa rubrik penilaian ahli yang terdiri dari rubrik penilaian ahli materi dan ahli media. Hasil uji validasi oleh ahli materi yang dilakukan oleh dua ahli materi mendapatkan persentase rata-rata sebesar 76,75% dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil uji validasi oleh ahli media yang dilakukan oleh dua ahli media mendapatkan persentase rata-rata sebesar 80,73% dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian modul pembelajaran Matematika materi pecahan yang telah dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran pecahan khususnya perkalian dan pembagian pecahan dan desimal pada siswa kelas 5 sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Nur. (2012). Sekali Baca Langsung Ingat Semua Pelajaran Kelas 5 SD/ MI. Jakarta: Kunci Aksara.
Habibi, M. (2012). Pengembangan Modul Pecahan Berbasis Konstruktivisme Dengan Sisipan Karikatur Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika-UNINUS (Vol. 2).
Ilahiyah, N., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem Pada Materi Bilangan Pecahan Di SD. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 49-63.
Kristanto, Yosep Dwi. (2016). Modul Pecahan. Yogyakarta.
Kurniati, A. (2016). Pengembangan modul matematika berbasis kontekstual terintegrasi ilmu keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43-58.
Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161-174.
Mawardi, M. (2014). Model Desain Pembelajaran Kosep Dasar PKn Berbasis Belajar Mandiri Menggunakan Moodle. Kab. Semarang: Widya Sari Press.
Nasution, A. (2018). Pengembangan modul matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Novalia, H., & Noer, S. H. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan strategi PQ4R untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 51-65.
Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Rayanto, Y. H. Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Syahrir, S., & Susilawati, S. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), 162-171.
Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri untuk membantu siswa SMA kelas X dalam memahami materi peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1938-1942.
Wahyuningtyas, D. T., & Pratama, E. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Pecahan Sederhana Kelas III SD dengan Pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL). JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 3(1), 34-37.
Published
2021-04-20
How to Cite
Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272-281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997
Section
Articles