Pengaruh Peer Group Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Beragam Buddha PKBM Homeschooling Kusalamitra Gunungkidul
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9633Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer group terhadap minat belajar peserta didik di PKBM Homeschooling Kusalamitra, Gunungkidul. Menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional, penelitian melibatkan 40 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dan dianalisis menggunakan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peer group memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar, dengan kontribusi sebesar 75,5% (R Square 0.755). Analisis regresi menghasilkan t hitung 10.667 dengan Sig. 0.000 ≤ 0.30, menunjukkan pengaruh yang signifikan. Rata-rata skor peer group adalah 63,13 (kategori tinggi) dengan persentase 76%, sementara rata-rata skor minat belajar adalah 46,37 (kategori tinggi) dengan persentase 74%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peer group berperan penting dalam meningkatkan minat belajar siswa di lingkungan homeschooling, terutama dalam mengatasi potensi isolasi sosial dan mendorong kolaborasi pembelajaran. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran di PKBM Homeschooling Kusalamitra dan lembaga serupa.
Keywords:
Peer group, Minat belajar, PKBM HomeschoolingDownloads
References
Ahmad, N. (2021). Motivasi belajar siswa dalam pendidikan homeschooling. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 30-45.
Brown, J. (2020). Peer influence on student learning in alternative education settings. Educational Research Quarterly, 43(3), 22-36.
Cahyono, R. (2022). Pengaruh dinamika kelompok sebaya terhadap prestasi akademik siswa. Jurnal Pendidikan, 12(2), 55-67.
Dewi, M. (2018). Pengembangan minat belajar siswa melalui interaksi sosial di kelompok sebaya. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 12-23.
Erwan, R. (2019). Evaluasi minat belajar pada sistem pendidikan nonformal. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 45-60.
Gunawan, H. (2022). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Jakarta: Penerbit Angkasa.
Harsono, A. (2021). Pengaruh lingkungan belajar terhadap minat dan prestasi siswa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2022). Cooperative learning and peer influence in education. Education Psychology Review, 34(1), 75-98.
Kusuma, R. (2022). Pendekatan psikologis dalam meningkatkan minat belajar siswa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Lestari, P. (2020). Manajemen pendidikan di sekolah homeschooling. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(3), 33-45.
Morgan, J. (2021). The role of peer groups in enhancing student engagement in learning. Journal of Educational Psychology, 13(2), 54-70.
Nugroho, A. (2022). Peran peer group dalam pembentukan sikap belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 39-48.
Pratama, S. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran di sekolah. Bandung: Pustaka Media.
Rosyidah, U. (2023). Pengaruh norma sosial dalam kelompok sebaya terhadap minat belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 67-79.
Santoso, F. (2023). Pengaruh kelompok sebaya dalam mengembangkan minat belajar di pendidikan nonformal. Jurnal Pendidikan Alternatif, 9(2), 51-63.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, B. (2023). Dampak sosial kelompok sebaya terhadap prestasi akademik. Jurnal Pendidikan Sosial, 14(3), 18-27.
Utami, D. (2020). Peran kelompok sebaya dalam pembelajaran kolaboratif. Jurnal Pendidikan, 8(1), 19-28.
Widodo, S. (2023). Studi tentang pengaruh peer group pada motivasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2), 24-35.
Wulandari, T. (2019). Faktor-faktor sosial yang mempengaruhi minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 89-103.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Lestari, Eko Prasetyo, Maria Fransisca Andati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work