Pengaruh Peer Group Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Beragam Buddha PKBM Homeschooling Kusalamitra Gunungkidul

Authors

  • Sri Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga, Boyolali
  • Eko Prasetyo Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga, Boyolali
  • Maria Fransisca Andati Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga, Boyolali

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9633

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer group terhadap minat belajar peserta didik di PKBM Homeschooling Kusalamitra, Gunungkidul. Menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional, penelitian melibatkan 40 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dan dianalisis menggunakan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peer group memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar, dengan kontribusi sebesar 75,5% (R Square 0.755). Analisis regresi menghasilkan t hitung 10.667 dengan Sig. 0.000 ≤ 0.30, menunjukkan pengaruh yang signifikan. Rata-rata skor peer group adalah 63,13 (kategori tinggi) dengan persentase 76%, sementara rata-rata skor minat belajar adalah 46,37 (kategori tinggi) dengan persentase 74%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peer group berperan penting dalam meningkatkan minat belajar siswa di lingkungan homeschooling, terutama dalam mengatasi potensi isolasi sosial dan mendorong kolaborasi pembelajaran. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran di PKBM Homeschooling Kusalamitra dan lembaga serupa.

Keywords:

Peer group, Minat belajar, PKBM Homeschooling

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, N. (2021). Motivasi belajar siswa dalam pendidikan homeschooling. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 30-45.

Brown, J. (2020). Peer influence on student learning in alternative education settings. Educational Research Quarterly, 43(3), 22-36.

Cahyono, R. (2022). Pengaruh dinamika kelompok sebaya terhadap prestasi akademik siswa. Jurnal Pendidikan, 12(2), 55-67.

Dewi, M. (2018). Pengembangan minat belajar siswa melalui interaksi sosial di kelompok sebaya. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 12-23.

Erwan, R. (2019). Evaluasi minat belajar pada sistem pendidikan nonformal. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 45-60.

Gunawan, H. (2022). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Jakarta: Penerbit Angkasa.

Harsono, A. (2021). Pengaruh lingkungan belajar terhadap minat dan prestasi siswa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2022). Cooperative learning and peer influence in education. Education Psychology Review, 34(1), 75-98.

Kusuma, R. (2022). Pendekatan psikologis dalam meningkatkan minat belajar siswa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Lestari, P. (2020). Manajemen pendidikan di sekolah homeschooling. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(3), 33-45.

Morgan, J. (2021). The role of peer groups in enhancing student engagement in learning. Journal of Educational Psychology, 13(2), 54-70.

Nugroho, A. (2022). Peran peer group dalam pembentukan sikap belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 39-48.

Pratama, S. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran di sekolah. Bandung: Pustaka Media.

Rosyidah, U. (2023). Pengaruh norma sosial dalam kelompok sebaya terhadap minat belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 67-79.

Santoso, F. (2023). Pengaruh kelompok sebaya dalam mengembangkan minat belajar di pendidikan nonformal. Jurnal Pendidikan Alternatif, 9(2), 51-63.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, B. (2023). Dampak sosial kelompok sebaya terhadap prestasi akademik. Jurnal Pendidikan Sosial, 14(3), 18-27.

Utami, D. (2020). Peran kelompok sebaya dalam pembelajaran kolaboratif. Jurnal Pendidikan, 8(1), 19-28.

Widodo, S. (2023). Studi tentang pengaruh peer group pada motivasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2), 24-35.

Wulandari, T. (2019). Faktor-faktor sosial yang mempengaruhi minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 89-103.

Downloads

Abstract Views : 351
Downloads Count: 81

Published

2024-10-14

How to Cite

Lestari, S., Prasetyo, E., & Andati, M. F. (2024). Pengaruh Peer Group Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Beragam Buddha PKBM Homeschooling Kusalamitra Gunungkidul . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9633

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.