Upaya meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn melalui media quizwhizzer

Authors

  • Putri Liandri Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sriwijaya
  • Kurnisar Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sriwijaya
  • Tyas Masito Mutiara SMA Negeri 3 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9531

Abstract

Permasalahan yang ditemukan berupa rendahnya minat belajar peserta didik yang diketahui melalui kegiatan observasi dan penyebaran angket pada kegiatan pra siklus membuat peneliti menerapkan media quizwhizzer sebagai solusi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn melalui media quizwhizzer di kelas XI.6 SMA N 3 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus yang terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, refleksi, dan evaluasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI.6 semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa media quizwhizzer dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas XI.6 hal tersebut terlihat dari hasil angket minat belajar dengan kriteria keberhasilan  75%, dari hasil kegiatan siklus 1 rata-rata yang didapat 63% dengan kategori sedang dan mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 76% dengan kategori tinggi maka dengan itu dapat disimpulkan bahwa media quizwhizzer dapat meningkatkan minat belajar pserta didik kelas XI.6 SMA 3 Palembang.

Keywords:

Minat belajar, Quizwhizzer, Mata pelajaran PPKn

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiningsih, W., Sulistiono, M., & Musthofa, I. (2022). Implementasi Aplikasi Quizwhizzer Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Islam Ma’arif 02 Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(6), 222–231. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Apriyani, R., Nugraha, U., & Yuliawan, E. (2022). Minat Siswa Teradap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kelas X Sma Negeri 12 Kota Jambi Pada Masa New Normal. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 6(1), 38–44. https://doi.org/10.37058/sport.v6i1.5022

Janattaka, N., & Yuliana Sari, E. (2023). Sosialisasi Pendampingan Pembuatan Evaluasi Digital Menggunakan Aplikasi Quizwhizzer Di SDI Miftahul Huda Kabupaten Tulungagung. Communnity Development Journal, 4(1), 154–158.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kamaliah. (2021). Hakikat Peserta Didik. JOURNAL: General and Specific Research, 1(1), 49–55.

Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.

Purnamasari, W., Hala, Y., & Fatmawati. (2023). Penerapan media pembelajaran kahoot dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MIPA 4. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1–6.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Septiani, A., & Santi, A. U. P. (2022). Pengaruh Aplikasi Quizwhizzer Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Sumber Energi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), 1–9.

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

Susanto, D. A., & Ismaya, E. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizwhizzer Pada PTM Terbatas Muatan Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VI SDN 2 Tuko. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 104–110. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1583

Downloads

Abstract Views : 336
Downloads Count: 191

Published

2024-10-14

How to Cite

Liandri, P., Kurnisar, K., & Mutiara, T. M. (2024). Upaya meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn melalui media quizwhizzer. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9531

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.