Pengembangan Multimedia Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1419Abstract
Pembelajaran matematika akan bermakna jika dikaitkan dengan permasalahan pada kehidupan nyata. Etnomatematika merupakan aktivitas yang didalamnya terdapat konsep-konsep matematika dikaitkan dengan budaya lokal uang sering ditemui siswa di kehidupan nyata. Etnomatematika perlu diimplementasikan pada peserta didik dimulai sejak peserta didik ditingkat sekolah dasar, hal tersebut bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan multimedia berbasis etnomatematika pada materi bangun datar kelas IV Sekolah Dasar. (2) mengetahui kelayakan multimedia berbasis etnomatematika pada materi bangun datar kelas IV Sekolah Dasar. Pelaksanaan dalam penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil Penelitian pengembangan multimedia berbasis etnomatematika: 1) produk yang dikembangkan menghasilkan media pembelajaran berupa multimedia berbasis etnomatematika yang dapat digunakan sebagai referensi sumber dan media untuk belajar. 2) hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi pendidikan terhadap multimedia yang dikembangkan diperoleh skor total rata-rata 3,68 dengan kriteria sangat valid, kemudian respon peserta didik diperoleh skor rata-rata dengan kriteria sangat praktis, dan ketuntasan tes evaluasi pada peserta didik yang mencapai 88% sehingga penggunaan multimedia dinilai efektif.
Keywords:
Etnomatematika, Multimedia, Pembelajaran MatematikaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work