Manajemen Kurikulum PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik di MTs Azzainiyah 1 Randumerak
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9122Abstract
Penelitian ini menyajikan tentang bagaimana membentuk nilai-nilai karakter religius peserta didik melalui kurikulum pendidikan agama islam di madrasah. Melalui penerapan manajemen kurikulum yang baik di madrasah diharapkan pendidik mampu membangun kesadaran pada diri anak tentang keberadaan Tuhan dan hubungannya dengan sang pencipta. Dalam pendidikan karakter, madrasah memiliki konteks kurikulum religius yang sangat bermanfaat bagi pencapaian peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, tertib, disiplin sesuai dengan peraturan yang ada, maka diharapkan peserta didik memiliki rasa sopan santun, ketaatan kepada orang tua mereka dan guru, serta memiliki rasa peduli terhadap lingkungan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen kurikulum pendidikan agama islam sangatlah penting diterapkan di madrasah, karena didalamnya terdapat pengetahuan dan pengalaman yang dengan sengaja dan sistematis diberikan kepada peserta didik dengan tujuan meningkatkan karakter religius siswa di madrasah guna mencapai pendidikan islam secara kaffah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pola pengumpulan dan penggunaan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi.
Keywords:
Manajemen, Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Karakter ReligiusDownloads
References
Afifandasari, T., Suluri, S., & Ramadhan, S. (2023). Perkembangan kajian pendidikan karakter religius: Analisis jurnal bibliometrik pada database Scopus. Manazhim, 5(1), 517–535. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.3038
Ainiyah, N., & Wibawa, H. (2013). Melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(11), 30.
Anam, N. (2021). Pengembangan dan pelaksanaan kurikulum untuk dapat mengoptimalkan hasil sesuai kondisi yang ada untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan oleh siswa, keluarga, maupun masyarakat. 1(2), 129–143.
Andayani, E. (2011). Revitalisasi nilai-nilai pendidikan karakter. 4(2), 31–45.
Azhari, R. (2022). Manajemen kurikulum terpadu berbasis pesantren dalam meningkatkan kompetensi bidang keagamaan dan karakter religius peserta didik di SMAS Al-Rifa’ie Gondanglegi Kabupaten Malang. Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 142–156.
Aziz, R. (2003). Hakikat dan prinsip metode. 292, 292–300.
Bahri, S. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam mengatasi krisis moral di madrasah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57–76. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.01.57-76
Bahrissalim, & Fauzan. (2018). Guru PAI di Balai Diklat Keagamaan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 25–52. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/2779
Choirun, N., Wijayanti, D. A., & Widyarini, L. (2023). 3 1,2,3. 08(September), 2002–2010.
Di, P., & S M A Dharmawangsa. (n.d.). Kata kunci. 51–64.
Fery Irianto Setyo Wibowo, F. (2023). Manajemen peningkatan mutu pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan dan Agama, 1(1), 32–26. https://doi.org/10.59024/jipa.v1i1.88
Hamidah, A. Z., Warisno, A., & Hidayah, N. (2021). Manajemen kurikulum dalam meningkatkan karakter religius peserta didik. 7.
Hidayah, N., Sulastini, R., & Handayani, S. (2022). Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan program keunggulan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.35672/afeksi.v3i1.37
Kartika, I., Kuswandi, S., Herawati, S., Ropitasari, A., Al, S., Sukabumi, M., Nida, S., & Adabi, E. (2023). Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam dalam mewujudkan karakter religius pada peserta didik. 917–932.
Kurnia, D. (2022). Perencanaan kurikulum pendidikan Islam. Rayah Al-Islam, 6(01), 11–28. https://doi.org/10.37274/rais.v6i01.524
Muttaqin, M. (2021). Konsep kurikulum pendidikan Islam (Perbandingan antar tokoh/aliran). Jurnal TAUJIH, 14(01), 1–16. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.302
Nadya Putri Mtd, M. I., Butarbutar, S. A. B., Sinulingga, J. R. M., Marpaung, J. R., & Harahap, R. M. (2023). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 249–261. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.722
Noorzanah. (2019). Kurikulum dalam pendidikan Islam. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 68–74.
Nurmadiah, N. (2016). Kurikulum pendidikan agama Islam. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93
Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen program pengembangan kurikulum PAI dan budi pekerti dalam pembentukan karakter religius siswa. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283
Putra, F. P., & Hamami, T. (2023). Pengembangan tujuan kurikulum. At-Ta’dib, 15(1), 17–30.
Sartika, I. I. (2017). Pendidikan karakter sebagai upaya revitalisasi jati diri bangsa. Jurnal Pendidikan Uniga, 8(1), 54–85. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/71
Sudaryanta, S. (2019). Manajemen kurikulum dalam rangka penanaman nilai-nilai karakter religius. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 125. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3673
Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Pembentukan karakter religius siswa aktivitas keagamaan pembiasaan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 2(March), 55–65
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abu Hasan Agus R, Kholifatunnisak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work