Identifikasi Literasi Fisik Dalam Partisipasi Aktivitas Fisik: Studi Kualitatif Mahasiswa PJKR di Kota dan Kabupaten Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8778Abstract
Jenis aktivitas fisik bermacam-macam salah satunya yaitu aktivitas olahraga. Orang yang melek mengenai konsep literasi fisik dirasa mampu untuk beraktivitas secara efektif dan yakin terhadap kemampuan fisik diri sendiri. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data deskriptif dari peserta melalui kata-kata atau percakapan dari partisipan Di usia muda, motivasi untuk berolahraga akan membuat mereka aktif, mampu bersosialisasi, tetap sehat, dan mencegah depresi. Mahasiswa PJKR memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam melakukan aktivitas fisik, seperti yang ditunjukkan bahwa mereka tetap percaya diri dalam berolahraga. Kemampuan fisik yang baik dihasilkan dari latihan dan pengembangan yang teratur sejak usia anak-anak. Pengetahuan dan pemahaman dalam menerapkan pola hidup dapat mencegah beberapa penyakit yang muncul, Mereka dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan tetap aktif dengan menerapkan pola hidup sehat yang sesuai, dapat meningkatkan kualitas hidup. Mahasiswa yang memahami konsep literasi fisk lebih cenderung menjadi aktif seumur hidup dan bergerak dengan percaya diri dan kompetitif, yang berarti mereka bergerak dengan cara yang efektif dan efisien. Jika Mahasiswa melek secara fisik, mereka akan menjadi aktif dan produktif sepanjang hidup mereka dan memiliki tanggung jawab untuk melakukan hal-hal fisik.
Keywords:
Aktivitas Fisik, literasi fisik, kompetensi fisikDownloads
References
Badriyah, L., & Pijaryani, I. (2022). Kebiasaan Makan (Eating Habits) dan Sedentary Lifestyle dengan Gizi Lebih pada Remaja pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 21(1), 33–37. https://doi.org/10.33221/jikes.v21i1.1521
Gani, R. A., Setiawan, E., Gazali, N., Németh, Z., Achmad, I. Z., Septiadi, F., & Haryanto, J. (2022). Culture of movement awareness through physical literacy integrated in physical education, physical activity and sport during COVID-19: systematic literature review. In Health, Sport, Rehabilitation (Vol. 8, Issue 4, pp. 83–94). https://doi.org/10.34142/HSR.2022.08.04.07
Hartono, K. O., Herlambang, T., & Tyas, W. M. (2022). Volume 14 Issue 1 ( 2022 ) Pages 76-82 JURNAL MANAJEMEN ISSN : 0285-6911 ( Print ) 2528-1518 ( Online ) Pengaruh motivasi intrinsik , motivasi ekstrinsik , dan komiten terhadap kinerja pegawai badan penanggulangan bencana daerah The effect of intrinsic motivation , extrinsic motivation , and committee on the performance of employees of regional disaster management agencies. 14(1), 76–82. https://doi.org/10.29264/jmmn.v14i1.10642
hidayat fahrul, D. (2023). AKTIVITAS BERBAGI PENGETAHUAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI FISIK ANAK USIA DINI. 7, 31–41.
Husnayain Aufa Arini. (2020). Fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri yogyakarta tahun 2020.
KESJAOR. (2021). No Title. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/uploads/contents/others/KESJAOR.pdf
M ikhsan fathurrahman, Dedi Aryadi, A. R. (2020). Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan Dimayarakat Kabupaten Lebak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 1(2), 84–90.
Perdana, F. J. (2019). PENTINGNYA KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI SOSIAL DALAM KEAKTIFAN MENGIKUTI PROSES KEGIATAN BELAJAR. Jurnal Edueksos: The Journal of Social and Economic Education, VIII(2), 70–87.
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
RI, K. (2022). No Title. https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/masalah-dan-tantangan-kesehatan-indonesia-saat-ini
Ricca Andalasari, A. B. B. (2018). KEBIASAAN OLAH RAGA BERPENGARUH TERHADAP TINGKAT STRESS MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES JAKARTA III.
Riskawati, Y. K., Prabowo, E. D., & Al-Rasyid, H. (2018). Physical Activity Level of the Second , Third , and Fourth Years Students At Study Program of Medicine. Majalah Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, 5(1), 26–32.
Riskesda. (2018). No Title. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf
Saputra Adi Surya. (2020). Menjaga Imunitas dan Kesehatan Tubuh melalui Olahraga yang Efektif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, II, 33–42.
Studi, P., Fisika, P., Jakarta, U. N., & Timur, J. (2017). Hubungan antara Pengetahuan dan Pemahaman Siswa tentang Pencemaran Logam Berat dengan Pembentukan Karakter Siswa dalam Menjaga Keberlangsungan Lingkungan Hidup. 3, 21–28.
Subagyo, R. U., & Fithroni, H. (2022). Identifikasi Perilaku Kurang Gerak (Sedentary Behavior) pada Siswa Sekolah Dasar di SDN 195. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(03), 195–202.
Tahki, K. (2021). Permberdayaan Literasi Fisik Pada Manusia (Studi Kasus Di Panti Jompo Tresna Werdha Budi Mulia 3 Jakarta). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021SH-204-SNPPM2021SH-210.
The International Physical Literacy Association. (2014). No Title. https://physicalliteracy.ca/physical-literacy/
Wicaksono, A. (2021). Buku Aktivitas Fisik dan Kesehatan (Issue July). https://www.researchgate.net/publication/353605384
Yeni, D. F., Putri, S. L., & Setiawati, M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp N 1 X Koto Diatas. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 10(2), 133–140. https://doi.org/10.24127/pro.v10i2.6591
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SKetsa Maysi Dwi Putri, Firman Septiadi, Muhammad Saleh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work