Transformasi Pembelajaran Pancasila: Keunggulan Media Pembelajaran Interaktif “Sibola Lala” Bagi Siswa kelas 1 SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8703Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya pemanfaatan media digital yang menarik dan mudah dipahami yang mampu menstimulasi peserta didik dalam pembelajaran. Dari latarbelakang tersebuat peneliti ingin mengembangkan bahan ajar berbantuan media interaktif “Si Bola Lala”. “ Si Bola Lala “ ini merupakan akronim dari kata Simbol dari Sila-sila Pancasila yang terdapat pada materi dalam elemen Pancasila di kurikulum Merdeka fase A. Media pembelajaran interaktif ini dikembangkan sebagai penunjang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terutama pada pelajaran Pancasila. Media interaktif ini berbentuk PDF yang disematkan link video interaktif dan didalamnya terdapat beberapa fitur menu yang bisa diakses pengguna. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D). Menggunakan model 4D yang terdiri atas beberapa tahap (Define, Design, Develop, Dissiminate). Subjek penelitian ini meliputi 3 orang ahli 1 guru dan 28 peserta didik kelas I SDN Kalipang 01 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Setelah media ajar dibuat dan dikembangkan barulah dilakukan ujicoba yang hasilnya diperoleh setelah dilakukan rekaman data melalui wawancara, observasi dan lembar validasi aspek materi yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Dari data yang telah dianalisis diharapkan nantinya sesuai dan relevan dengan kebutuhan siswa dan guru karena media ini memberikan pembelajaran interaktif khusus dan kegiatan bermakna bagi siswa kelas 1.
Keywords:
bahan ajar, media interaktif, berpikir kritisDownloads
References
Agasisti, T., & Antequera, G. (2023). Technological resources, ICT use and schools efficiency in Latin America – Insights from OECD PISA 2018. International Journal of Educational Development, 99(2). https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102757
Deswita, E., & Amini, R. (2022). Pengembangan media pembelajaran tematik terpadu menggunakan Canva untuk siswa kelas III sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 950-961.
Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material using discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 7(1), 16-22. https://doi.org/10.29210/129400
Febliza, A., & Afdal, Z. (2015). Media pembelajaran dan teknologi informasi komunikasi. Yogyakarta: Adefa Grafika.
Garris, P. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1-18. http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54
Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa pada mata kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80-89. http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2.%20Oktober.3000
Melinda, T., & Saputra, E. R. (2021). Canva sebagai media pembelajaran IPA materi perpindahan kalor di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 96-101. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.848
Malgoubri, J.-B. M. B. S. & I. (2023). Teaching quality and student learning achievements in Ethiopian primary education: How effective is instructional quality in closing socioeconomic learning achievement inequalities?. International Journal of Educational Development, 99(2). https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102759
Martatiyana, D. R., Novita, L., & Purnamasari, R. (2022). Pengembangan bahan ajar flipbook manfaat energi kelas IV di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 44-57. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.6161
Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran Canva dalam meningkatkan kompetensi guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021, 1085-1092.
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Http://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/Default/Files/Pengabdian/Dra-Endang-Mulyatiningsih-Mpd/
Nasrul, S. (2018). Pengembangan bahan ajar tematik terpadu berbasis model problem based learning di kelas IV sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 81-92. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100491
Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan media digital berbasis flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694-705. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.589
Rahmawati, A. S. (2019). Penggunaan multimedia interaktif (MMI) sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar fisika [The use of multimedia interactive (MMI) as a learning media in improving physical learning achievement]. Pancasakti Science Education Journal (PSEJ), 4(1), 7-17. Retrieved from http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/psej
Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan media audio visual berbasis aplikasi Canva materi bangun ruang limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292-306. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306
Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Urnika, A. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Adobe Flash muatan pembelajaran PPKN materi keberagaman budaya Indonesia kelas IV SD Negeri Patemon 01 Kota Semarang. Skripsi: Unnes.
Utami, T. R., & Lena, M. S. (2022). Pengembangan bahan ajar pembelajaran tematik terpadu berbasis Flip PDF Professional di kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9004-9009. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2524
Widodo, A. P. A. (2018). Penulisan karya tulis ilmiah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (Jurmia), 2(1), 102-118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Suryani, Oktaviani Adhi Suciptaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work