Hubungan Minat Baca Dengan Efikasi Diri Mahasiswa

Survei di Perguruan Tinggi Bandung Raya

Authors

  • Salma Alya Mussafa Universitas Padjadjaran
  • Prijana Universitas Padjadjaran
  • Asep Saeful Rohman Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8652

Abstract

Di era pesatnya teknologi dan informasi ternyata minat baca pada kalangan masyarakat masih rendah, tak terkecuali pada mahasiswa. Sedangkan membaca merupakan hal yang dasar dalam proses pembelajaran. Dimana jika terjadinya pembelajaran yang baik, maka efikasi diri yang dimiliki akan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya hubungan antara minat baca dengan efikasi diri mahasiswa di Perguruan Tinggi Bandung Raya. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik pengambilan datanya yaitu survei dan menggunakan instrumen kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa di perguruan tinggi Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Telkom University. Sampel pada penelitian ini menggunakan Quota Sampling sebesar 376 sampel. Uji data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan uji Pearson Product Moment. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan efikasi diri mahasiswa. Maka semakin tinggi minat baca semakin tinggi pula efikasi diri mahasiswa.

Keywords:

minat baca, efikasi diri, perguruan tinggi bandung raya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhir, Y. R. (2017). Hubungan Antara Efikasi DIri dengan Minat Membaca Pada Siswa SMK. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amalia, E. F. (2019). Hubungan Minat Baca dengan Efikasi Diri di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga. Universitas Airlangga.

Hattarina, S., Pratama, H., & Supraptiningsih, L. K. (2020). Kegiatan membaca lebih unggul daripada menonton dalam melatih keterampilan berpikir kritis anak. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 394-401.

Kusumastuti, A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang: DEEPUBLISH.

Ma'rufah, D. A. (2018). Hubungan Antara Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muhammad, E. B., Sholichah, A. S., & Aziz, J. A. (2019). Pengaruh budaya membaca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat tahun 2019. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 332-343.

Munasiba, M. A. (2017). Hubungan Minat Belajar dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus RE Martadinata Kecamatan Batang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal cakrawala pendas, 8(1), 128-134.

Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifan strategi REACT ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penyelesaian masalah, koneksi matematis, self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 262-272.

Rohman, A. (2022). Literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis di era disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40-47.

Triyono. (2018). Efikasi DIri dan Regulasi Emosi dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Sukoharjo: CV Sindunata.

Widodo, H. (2019). Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. Semarang: Mutiara Aksara.

Downloads

Abstract Views : 218
Downloads Count: 83

Published

2024-09-29

How to Cite

Mussafa, S. A., Prijana, P., & Rohman, A. S. (2024). Hubungan Minat Baca Dengan Efikasi Diri Mahasiswa: Survei di Perguruan Tinggi Bandung Raya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8652

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 23 24 25 26 27 28 29 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.