Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Asesmen Diagnostik di Sekolah Dasar Pengampon III Kota Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7856Abstract
Kurikulum merdeka yang diluncurkan pada tahun 2022 memunculkan banyak tuntutan adminstrasi mengajar baru pada guru. Salah satunya adalah pada asesmen diagnostik. Pentingnya menekankan asesmen diagnostik untuk memahami profil belajar siswa dan merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki kesiapan guru dalam mengimplementasikan asesmen diagnostik di SDN Pengampon III, Kota Cirebon. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dua guru diwawancarai menggunakan pedoman wawancara untuk mengevaluasi pemahaman konsep asesmen diagnostik, keterampilan dalam menyusun instrumen, pelaksanaan proses asesmen, evaluasi hasil, serta cara menghadapi tantangan dalam penerapan asesmen diagnostik. Analisis data mengindikasikan bahwa kedua guru memiliki pemahaman konseptual yang kuat dan sering menggunakan asesmen diagnostik dalam praktik pembelajaran mereka. Namun, mereka masih menghadapi tantangan dalam merancang asesmen yang dapat memenuhi kebutuhan siswa secara diferensial. Kesimpulannya, meskipun guru-guru telah menunjukkan kesiapan yang baik dalam mengimplementasikan asesmen diagnostik, perlu ditingkatkan lagi dalam hal diferensiasi instrumen asesmen untuk memastikan pembelajaran yang efektif dan adaptif sesuai dengan kurikulum merdeka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi pelatihan yang lebih efektif bagi para guru untuk mendukung implementasi asesmen diagnostik yang sukses di SD Pengampon III, Kota Cirebon.
Keywords:
Asesmen diagnostik, implementasi dan kesiapan guruDownloads
References
Arifin, S., Kartono, K., & Hidayah, I. (2019). The Analysis of Problem Solving Ability in Terms of Cognitive Style in Problem Based Learning Model with Diagnostic Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 147-156.
Cholifah Tur Rosidah, P. P. (2015). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasi Asesmen Autentik dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 87-103.
Eka Wahyuningsih &, I. M. (2023). Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Cikalongwetan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT), 4(4), hal 445-455.
Ika Maryani, E. H. (2023). Asesmen Diagnostik Pendukung Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: K-Media.
Kemendikbud, P. A. (2020). Buku saku asesmen diagnosis kognitif berkala.
Kusumawati, L. K. (2023). Analisis Kesiapan Guru SMP di Demak dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), hal 2683-2691.
M. Riyan Afandi, M. A. (2023). Tantangan dan Strategi dalam Menggunakan Assessment untuk Meningkatkan Pembelajaran di Era Digital. Prosding Santika 3: Seminar Nasional Tdris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 552-562.
Maharani Dwi Ayuni, I. D. (2023). Analisis Karakteristik Peserta Didik Melalui Asesmen Diagnostik (Studi Kasus : Kelas 6 SDN Pandean Lamper 04). Journal Of Social Science Research, 3(2), hal 3961-3976.
Mamon, S. &. (2021). Merdeka Belajar Menjadi Manusia Manusia Autentik. Jakarta: PT. Elekx Media Komputindo.
Nur Laela Dewi, S. &. (2023). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri , 9(2), hal 4995-5008.
Salma, V. M., Nugroho, S. E., & Akhlis, I. (2016). Pengembangan E-Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Fluida Statis. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(1).
Sadirman. (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ulfa Laulita, M. &. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Asesmen Diagnostik pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidik Indonesia, 5(2), hal 1-17.
Safutri, R. I., & Ain, S. Q. (2024). Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas IV Di SDN 193 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 75-84.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Monika Yolanda S, I. Isrokatun, Cucun Sunaengsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work