Peningkatan Hasil Belajar Pecahan pada Siswa Kelas IV melalui Pendekatan Kontekstual dengan Bantuan Aplikasi Wordwall

Authors

  • Yudhitia Dwi Patriamurti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isrok’atun Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riana Irawati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7829

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan, menganalisis pengaruh pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar pecahan siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh SDN yang ada di kecamatan cikole kota Sukabumi, kemudian dipilih SDN Dewi Sartika CBM karena mewakili sekolah dengan kategori Ramah Anak dengan siswa kelas IV sebagai subjek penelitian. Sampel yang digunakan berjumlah 60 orang yaitu, 30 Orang siswa dari kelas 4B sebagai kelas kontrol, dan 30 Orang siswa dari kelas 4A sebagai kelas eksperimen. Instrument penelitian ini terdiri dari modul ajar, kisi-kisi soal tes, soal pre-test dan post-test, kunci jawaban, pedoman penilaian, dan angket peserta didik. Pengukuran data diolah menggunakan IBM SPSS. Berdasarkan analisis pengukuran GAIN, diperoleh nilai pengaruh terhadap hasil pembelajaran penerapan pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi wordwall sebesar 0,6. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi Wordwall memberikan pengaruh positif berupa peningkatan sebesar 0,6 yang termasuk kedalam peningkatan usaha yang sedang terhadap hasil belajar pecahan siswa kelas IV.

Keywords:

Pendekatan Kontekstual, Pecahan, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Aplikasi Wordwall

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, S., Sahjat, S., & Salim, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Dengan Pendekatan Konteksual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan MIPA, 81-85.

Aprella, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 237-244.

Cahyani, D., & Syafi'ah, R. (2020). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dengan Strategi React Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Gondang. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 17-28.

DJamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development, 8, 468-470

Isrok'atun. (2021). Memahami Konsep Dasar Matematika untuk PGSD. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kurniawan, R., Sabri, T., & Sugiyono. (2020). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1-8.

Lufiah, S., Wuryani, E., & Prahesti, M. W. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Media Wordwall Pada Materi Pecahan Kelas IV di SDN Noborejo 02. Jurnal Mutiara Pedagogik, 8(2), 13-26.

Ningsih, N., & Fadilah, Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Pecahan di Kelas 3 MI Nurul Huda. AS-SABIQUN, 5(1), 248-261.

Pramesti, K. M., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2019). Dampak Menerapkan Media Pembelajaran Interaktif Calisbar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Anak, 132-140.

Putra, L. D., Febriyah, J., Sholihah, N. F., & Nafisah, A. (2023). Implementasi Teknologi Digital Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas V Min 2 Bantul. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4949-4958.

Sari, W., Hamdani, & Kresnadi, H. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3-13. doi:https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i1.38535

Senjayawati, E. (2020). Penerapan Pendekatan Konteksual Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Di Kota Cimahi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 229-238.

Sudarmo, I. A., Hartini, & Widyaningrum, H. K. (2023). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar tematik siswa SD. Konferensi Ilmiah Dasar (pp. 1463-1470). Madiun: Universitas PGRI Madiun.

Syam, M. N., Abrar, A. I., Idris, R., & Suaidah, I. (2020, May). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kebiasaan Belajar Peserta Didik. Al asma: Journal of Islamic Education, 2, 44-53.

Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 45-52.

Downloads

Abstract Views : 717
Downloads Count: 354

Published

2024-03-09

How to Cite

Patriamurti, Y. D., Isrok’atun, I., & Irawati, R. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Pecahan pada Siswa Kelas IV melalui Pendekatan Kontekstual dengan Bantuan Aplikasi Wordwall. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 274–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7829

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.