PENERAPAN PENDEKATAN SINERGIS BERBASIS KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.210Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan campuran pada siswa kelas IV SDN 2 marikangen, Cirebon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 marikangen, Cirebon. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan pendekatan sinergis berbasis kelompok mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Sinergis Berbasis Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada Materi Operasi Hitung Campuran di kelas IV SDN 2 marikangen
Keywords:
pendekatan sinergis, pembelajaran berkelompok, hasil belajar, matematikaDownloads
References
Aji, TS. (2014). Pengaruh Metode Synergetic Teaching Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Penggunaan Alat Ukur Presisi di SMK Dr. Sutomo Temanggung. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 2(4), 223-230
Alvian, A. & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Media Mistar Bilangan. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(2), 21-30.
Anisa dkk. (2013). Efektivitas Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Menggunakan Strategi Synergetic Teaching. Pancaran, 2(4), hal 100-110.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azis, Abdul dan Nur Kholis. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Strategi Synergetic Teaching Pada Mata Diklat Mengukur Besaran-Besaran Listrik Dalam Rangkaian Elektronika Kelas X Di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 3(2), 83-88.
Kasbolah (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Malang; Depdikbud.
Mulyana, T (2008). Pembelajaran Analitik Sinektik Untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas.Disertasi pada SPs UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.
Nahdi, DS. (2019). Efektivitas Pendekatan Brainstorming Teknik Round-Robin Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 5(1). 11-22.
Netriwati. (2012). Penerapan Strategi Synergetic Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Strategi Belajar Mengajar Matematika di IAIN Raden Inttan Lampung. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. XII (2), 47-52.
Silberman, M. (2006). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. (terjemahan Komarudin Hidayat) Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Suyanto.(1997). Pedoman pelaksaaa penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti.
Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zaini, H. (2008). Srategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work