Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa SMP

  • Iwan Ridwan Yusup UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tuti Kurniati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ayu Lita Permata Airin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Diana Rahayu Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Livia Fuziawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: game online, minat belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan game online terhadap minat belajar sisiwa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis desktiptif untuk mengungkapkan suatu fakta, dengan jumlah sampel sebanyak 54 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket yang terdiri dari 19 soal. Berdasakan hasil analisis perhitungan dengan skala Guttman menunjukan angka 64,8%, hal ini dapat diartikan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan game online terhadap minat belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan game online tidak mempengaruhi minat belajar siswa.

 

References

Adams, E. & Rolling, A (2010). Fundamentals og Game Online Design (2nd es) B,CA. Barkeley CA – New Riders.
Angela. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. eJournal Ilmu Komunikasi, 1(2), 532-544.
Nisrinafatin, N. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 135-142.
Pande A Mahrani. (2015). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Udayana, Vol 2 No 2 : 165-166.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sholichah, Aas Siti. 2018. Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 7 (1). Hal 25.
Transmawati, M. W. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Remaja. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (pp. 650-657). Palembang: Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Wandini, Rora Rizky dan Maya Rani Sinaga. 2018. Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Raudhah. Vol.6 (1). Hal 3.
Winkle, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wandini, Rora Rizky dan Maya Rani Sinaga. 2018. Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Raudhah. Vol.6 (1). Hal 3.
Published
2021-03-01
How to Cite
Yusup, I. R., Kurniati, T., Airin, A. L. P., Rahayu, D., & Fuziawati, L. (2021). Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 36-39. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.763
Section
Articles