Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia

Authors

  • Devi Kusumahwardani UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Ading Pramadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Meti Maspupah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1665

Keywords:

video animasi audiovisual, animaker, hasil belajar, sistem gerak manusia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi ketuntasan nilai ulangan siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Perlu dilakukan sebuah inovasi untuk menunjang proses pembelajaran daring yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan video animasi audiovisual berbasis animaker untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia. Metode yang digunakan yaitu metode pre eksperiment dengan design one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Satu Atap 1 Rawamerta tahun ajaran 2021/2022 dengan populasi penelitian adalah seluruh  siswa kelas VIII dan sampel siswa kelas VIIIA yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, test dan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran guru memperoleh kategori sangat baik, sedangkan aktivitas keterlaksanaan siswa memperoleh kategori baik. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan video animasi audiovisual berbasis animaker memperoleh kategori tinggi. Hasil uji beda rata-rata tes belajar siswa menunjukkan nilai postes lebih baik dibanding nilai pretes. Dengan demikian, media video animasi audiovisual berbasis animaker membantu meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M. Nurul A, Y. Rusdi. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. 1(1), 66-72.
Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran . Jakarta : Gaung Persada Press.
Khairiyah, ummu. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB Pada Siswa Kelas IV Di SD/MI Lamongan. Jurnal studi pendidikan dan keislaman. 5(2). 197-204.
Maheswari , G., & Putri , P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animaker terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2536
Mashuri , D. K., & Budiyono . (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal PGSD, 08(05), 893-903.
Munawar , B., Hasyim , A. F., & Ma'arif , M. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantu Aplikasi Animaker Pada PAUD Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Golden Age, 4(2), 310-321.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Pendidikan, 1(1), 24- 44. ISTIQRO, 5(2), 1-11
Prastowo, A. (2013 ). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif . Yogyakarta : Diva Press. Tafonao , T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114
Wahid , A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.
Wuryanti, U. Badrun, K. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. 7(2). 232-245.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Kusumahwardani, D., Pramadi, A. ., & Maspupah, M. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 110–115. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1665