Pengembangan Media Audiobook untuk Pembelajaran Membaca dan Memirsa pada Siswa Fase B
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6705Abstract
Minimnya penggunaan media pada pembelajaran tersebut dan dipengaruhi oleh kurangnya ketersediaan fasilitas sekolah menjadi kendala bagi guru dalam menyampaikan materi dan menyediakan media yang efektif dalam proses penyampaian informasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audiobook dan mengetahui efektivitasnya. Research and Development menjadi metode pada penelitian ini, dengan didasarkan model ADDIE sebagai tumpuan dalam pelaksanaan penelitian ini. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD, guru, ahli media, dan ahli materi. Deskriptif kuantitatif menjadi teknik analisis data yang digunakan. Hasil validasi media menyatakan dalam kategori sangat layak dengan perolehan hasil 100% dan 94,44%. Hasil berdasarkan validasi oleh ahli materi masuk ke dalam kategori sangat layak, perolehan hasil 100%. Pada uji coba produk menyatakan media sangat baik, yang dilakukan melalui uji coba perorangan, uji kelompok kecil, dan uji penggunaan produk. Pada efektivitas penggunaan produk memperoleh hasil asymp. sig 0.000 yang artinya <0,05 sehingga ditarik kesimpulan bahwa perbedaan siginfikan didapatkan dari perolehan pretest dan posttest yang dilaksanakan. Sehingga produk media audiobook ini efektif untuk pembelajaran membaca dan memirsa yang digunakan pada tahap proses pembelajaran.
Keywords:
Audiobook, Membaca, MemirsaDownloads
References
Aguss, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Diri saat Bertanding Atlet Pencak Silat Perguruan Satria Sejati. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 19(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9117
Anggraeni, M. D., Mucharromah, R., Taqiyya, B. Z., Elan, R., & Mahardika, I. K. (n.d.). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN.
Anna, H. (2016). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KONTEKS MULTIBUDAYA. 9(2).
Anwas, O. M. (2015). AUDIOBOOK: MEDIA PEMBELAJARAN MASYARAKAT MODERN. Jurnal Teknodik, 54–62. https://doi.org/10.32550/teknodik.v18i1.111
Apreasta, L., Darniyanti, Y., & Sapira, B. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ELEMEN MEMBACA DAN MEMIRSA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. 09.
Astuti, P. (2021). Pengembangan Desain Pembelajaran Model Addie Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(12), Article 12. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i12.290
Bilqis, A., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Kelas IV. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.628
Ching, L. S., & Tahar, M. M. (2021). Penggunaan Peralatan Multisensori Buku Audio Dalam Meningkatkan Minat Murid-murid Masalah Pembelajaran Terhadap Membaca. 3(1).
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229
Fachrurrozi, F., Utami, N. C. M., & Aldian, R. (2021). PENGEMBANGAN BUKU AUDIO DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I SEKOLAH DASAR. Educational Technology Journal, 1(2), 17–31. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p17-31
Indriastuti, F. (2015). PENGEMBANGAN BUKU AUDIO UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK DISLEKSIA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v3n2.p91--106
Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2021). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1961
Iswara, P. D. (2016). PENGEMBANGAN MATERI AJAR DAN EVALUASI PADA KETERAMPILAN MENDENGARKAN DAN MEMBACA. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646
Mayang, S., Purnanto, A. W., & Pradana, A. B. A. (n.d.). IDENTIFIKASI BERBAGAI MODEL PEMBELAJARAN MEMIRSA DI SD MUHAMADIYAH PAYAMAN KABUPATEN MAGELANG.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 271164. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52
Pikapratiwi, P. K. N., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Tri Hita Karana Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3934
Purnianingrum, G. A. N. T., & Manuaba, I. B. S. (2022). Media Pembelajaran E-Mading Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Tematik Subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.46165
Ramadhan, M. A., & Sugiyono, S. (2015). PENGEMBANGAN SUMBER DANA SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 340. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6488
Rinaldi, A. A., Daryati, D., & Arthur, R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Jurnal PenSil, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7231
Susilo, S. V. (2020). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadia Sastabila, Prana Dwija Iswara, Isrok'atun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work