Pola Asuh Demokratis dan Career Goal Setting pada Mahasiswa Rantau
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6704Abstract
Pola asuh demokratis memegang peranan penting dalam career goal setting mahasiswa rantau. Mahasiswa rantau yang diasuh dengan pola asuh demokratis dapat lebih berani dalam mengambil keputusan dan dapat mengembangkan prestasi akademiknya dengan maksimal. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa/i yang merantau ke Soloraya serta berasal dari kota / kabupaten diluar daerah Soloraya dan DIY. Peneliti melakukan kontruksi alat ukur dalam menyusun skala pola asuh demokratis (24 aitem valid dengan α = 0,941) dan skala career goal setting (19 aitem valid dengan α = 0,807). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 114 subek penelitian. Peneliti meggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji linearitas kemudian dilanjutkan dengan analysis product moment untuk menguji korelasi kedua variabel. Hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dengan tingkat korelasi lemah yakni sebesar 0,388. Dalam penelitian ini kedua variabel berkorelasi secara positif, artinya semakin tinggi pola asuh demokratis yang diterapkan maka semakin tinggi penetapan tujuan karir mahasiswa rantau.
Keywords:
Pola Asuh, Pola Asuh Demokratis, Penetapan Tujuan, Mahasiswa Rantau, karirDownloads
References
Akhnaf, A. F., Putri, R. P., Vaca, A., Hidayat, N. P., Az-zahra, R. I., & Rusdi, A. (2022). Self Reward dan Kecemasan pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 107–118.
Arini, D. P. (2021). Emerging Adulthood : Pengembangan Teori Erikson Mengenai Teori Psikososial pada Abad 21. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(01), 11–20. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v15i01.1377
Azizah, I. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Cara Bergaul Anak : Studi di Desa Derik, Susukan, Banjarnegara. Yinyang : Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 14(2), 175–200. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.2019.pp
Bantam, D. J., & Syah, M. E. (2022). Pelatihan Goal Setting: Upaya Meningkatkan Keputusan Karier Siswa. Altruis: Journal of Community Services, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.22219/altruis.v3i1.20358
Duru, H. (2022). Analysis of Relationships between High School Students’ Career Maturity, Career Decision-Making Self-Efficacy, and Career Decision-Making Difficulties. International Journal of Psychology and Educational Studies, 63–78.
Fauziyah, S., Affandi, G. R., & Fahmawati, Z. N. (2023). Penerapan Goal Setting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Pendekatan Eksperimen Non-Randomized Control Trial. Psycho Idea, 21(1), 13–24.
Firdaus, S. A., & Kustanti, E. R. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter dengan Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa SMK Teuku Umar Semarang. Jurnal Empati, 8(1), 212–220. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23596
Hartono. (2016). Bimbingan Karier. Jakarta: Kencana.
Hediati, H. D., & Nawangsari, N. A. F. (2020). Perilaku Adaptif Mahasiswa Rantau Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA, (2014). Retrieved from https://repository.unair.ac.id/113281/
Hurlock, E. (1990). Perkembangan Anak (terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E. (1999). Perkembangan Anak (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Kadir, A. (2020). Pola Asuh Orang Tua (Faktor Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Siswa). 2(2), 153–160.
Locke, E. A., & Latham, G. P. (2013). New Developments in Goal Setting and Task Perfomance. New York: Routledge. Retrieved from https://doi.org/10.4324/9780203082744
Locke, E. A., Latham, G. P., & Tosi, H. L. (1991). A Theory of Goal Setting and Task Performance. The Academy of Management Review, 16(2), 480. https://doi.org/10.2307/258875
Marta, S. (2014). Konstruksi Makna Budaya Merantau di Kalangan Mahasiswa Perantau. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(1), 27. https://doi.org/10.24198/jkk.v2i1.6048
Tyas, W. C., & Savira, S. I. (2017). Hubungan antara Coping Stress dengan Subjective Well-being pada Mahasiswa Luar Jawa. Jurusan Psikologi Pendidikan, 4(2), 1–6. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/viewFile/19940/18188
Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reffieka Nurul Oktaviana, Ayatullah Kutub Hardew

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work