Pola Asuh Demokratis dan Career Goal Setting pada Mahasiswa Rantau

Authors

  • Reffieka Nurul Oktaviana UIN Raden Mas Said Surakarta, Sukoharjo
  • Ayatullah Kutub Hardew UIN Raden Mas Said Surakarta, Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6704

Abstract

Pola asuh demokratis memegang peranan penting dalam career goal setting mahasiswa rantau. Mahasiswa rantau yang diasuh dengan pola asuh demokratis dapat lebih berani dalam mengambil keputusan dan dapat mengembangkan prestasi akademiknya dengan maksimal. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa/i yang merantau ke Soloraya serta berasal dari kota / kabupaten diluar daerah Soloraya dan DIY.  Peneliti melakukan kontruksi alat ukur dalam menyusun skala pola asuh demokratis (24 aitem valid dengan α = 0,941) dan skala career goal setting (19 aitem valid dengan α = 0,807). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 114 subek penelitian. Peneliti meggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji linearitas kemudian dilanjutkan dengan analysis product moment untuk menguji korelasi kedua variabel. Hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dengan tingkat korelasi lemah yakni sebesar 0,388. Dalam penelitian ini kedua variabel berkorelasi secara positif, artinya semakin tinggi pola asuh demokratis yang diterapkan maka semakin tinggi penetapan tujuan karir mahasiswa rantau.

Keywords:

Pola Asuh, Pola Asuh Demokratis, Penetapan Tujuan, Mahasiswa Rantau, karir

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhnaf, A. F., Putri, R. P., Vaca, A., Hidayat, N. P., Az-zahra, R. I., & Rusdi, A. (2022). Self Reward dan Kecemasan pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 107–118.

Arini, D. P. (2021). Emerging Adulthood : Pengembangan Teori Erikson Mengenai Teori Psikososial pada Abad 21. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(01), 11–20. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v15i01.1377

Azizah, I. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Cara Bergaul Anak : Studi di Desa Derik, Susukan, Banjarnegara. Yinyang : Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 14(2), 175–200. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.2019.pp

Bantam, D. J., & Syah, M. E. (2022). Pelatihan Goal Setting: Upaya Meningkatkan Keputusan Karier Siswa. Altruis: Journal of Community Services, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.22219/altruis.v3i1.20358

Duru, H. (2022). Analysis of Relationships between High School Students’ Career Maturity, Career Decision-Making Self-Efficacy, and Career Decision-Making Difficulties. International Journal of Psychology and Educational Studies, 63–78.

Fauziyah, S., Affandi, G. R., & Fahmawati, Z. N. (2023). Penerapan Goal Setting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Pendekatan Eksperimen Non-Randomized Control Trial. Psycho Idea, 21(1), 13–24.

Firdaus, S. A., & Kustanti, E. R. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter dengan Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa SMK Teuku Umar Semarang. Jurnal Empati, 8(1), 212–220. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23596

Hartono. (2016). Bimbingan Karier. Jakarta: Kencana.

Hediati, H. D., & Nawangsari, N. A. F. (2020). Perilaku Adaptif Mahasiswa Rantau Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA, (2014). Retrieved from https://repository.unair.ac.id/113281/

Hurlock, E. (1990). Perkembangan Anak (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E. (1999). Perkembangan Anak (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Kadir, A. (2020). Pola Asuh Orang Tua (Faktor Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Siswa). 2(2), 153–160.

Locke, E. A., & Latham, G. P. (2013). New Developments in Goal Setting and Task Perfomance. New York: Routledge. Retrieved from https://doi.org/10.4324/9780203082744

Locke, E. A., Latham, G. P., & Tosi, H. L. (1991). A Theory of Goal Setting and Task Performance. The Academy of Management Review, 16(2), 480. https://doi.org/10.2307/258875

Marta, S. (2014). Konstruksi Makna Budaya Merantau di Kalangan Mahasiswa Perantau. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(1), 27. https://doi.org/10.24198/jkk.v2i1.6048

Tyas, W. C., & Savira, S. I. (2017). Hubungan antara Coping Stress dengan Subjective Well-being pada Mahasiswa Luar Jawa. Jurusan Psikologi Pendidikan, 4(2), 1–6. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/viewFile/19940/18188

Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Downloads

Abstract Views : 686
Downloads Count: 502

Published

2024-02-20

How to Cite

Oktaviana, R. N., & Hardew, A. K. (2024). Pola Asuh Demokratis dan Career Goal Setting pada Mahasiswa Rantau. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 213–220. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6704

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.