Tindak Tutur Ekspresif Mahasiswa Program Studi PGSD STKIP Setiabudhi Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.868Abstract
Pragmatik adalah studi tentang makna yang disampaikan oleh penutur (atau penulis) dan ditafsirkan oleh pendengar (atau pembaca). Sebagai akibat studi ini lebih banyak berhubungan dengan analisis tentang apa yang dimaksudkan orang dengan tuturan-tuturannya daripada dengan makna terpisah dari kata atau frasa yang digunakan dalam tuturan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur ekspresif mahasiswa semester 3 PGSD STKIP Setiabudhi dalam pembelajaran apresiasi anak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber penelitian adalah Mahasiswa semester 3 PGSD STKIP Setiabudhi dengan menggunakan teknik sadap, teknik simak libat cakap, dan teknik simak bebas libat cakap. Hasil penelitian adalah terdapat 5 jenis dan varian fungsi tutur ekspresif meliputi ‘berterima kasih’, ‘meminta maaf’, ‘menyindir’, ‘mengucap selamat’, dan ‘mengeluh’.Dengan demikian, tindak tutur ekresif Mahasiswa dalam pembelajaran apresiasi anak memiliki karakteristik seperti teori Rymes dengan mempertimbangkan dan memperhatikan konteks social, konteks internasional dan konteks individu agency.
Keywords:
Tindak Tutur, tuturan EkspresifDownloads
References
Defina. (2018). Tindak Tutur Ekspresif Pada Anak-anak Saat Main Bola Di Lapangan. Jurnal Ranah, 7(1), 69–85.
Ifatul Mu’awanah, A. P. Y. U. (2020). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Dalam Berita Dokter Deteksi Virus Corona Meninggal di Wuhan Pada Saluran Youtube Tribunnews.com. Jurnal Skripta, 6(2), 72–80.
Kushartanti, Yuwana, Untung, L. (2005). Pesona BahasaIndonesia Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Merdian, E., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2018). Analisis Tindak Tutur Dalam Interaksi Tentara Kodim 0409 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 261-269.
Moleong, L. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muktadir, A. (2016). Aneka Implikatur Yang Terkandung Dalam Tindak Tutur Novel “Ketika Derita Mengabadikan Cinta”. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 340-346..
Murti, A. R., & Nurhuda, Z. (2019). Tindak Tutur Direktif Dalam Novel Susah Sinyal Karya Ika Natassa & Ernest Prakasa (Kajian Pragmatik). Jurnal Sasindo Unpam, 7(1), 70-93.
Rohmadi, M. (2004). Pragmatik dan Teori Analisis. Yogyakarta: Lingkar Media.
Rustono. (1999). Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: Cv.IKIP Semarang Press.
Wijana, I Dewa Putu, dan M. R. (2009). Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sari, F. D. P. (2012). Tindak tutur dan fungsi tuturan ekspresif dalam acara Galau Finite di Metro TV: Suatu kajian pragmatik. Jurnal Skriptorium, 1(2), 1-14.
Thamimi, M., & Wiranty, W. (2019). Tindak tutur Imperatif Bahasa Melayu Dialek Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu (Kajian Pragmatik). Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 155-170.
Yule, G. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work