Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6652Abstract
Penelitian bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di SMA Negeri 3 Palembang ketika guru dihadapi dengan permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar peserta didik dan kegiatan pembelajaran yang tidak aktif karena terlihat monoton dan membosankan. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn melalui penggunaan aplikasi wordwall dikelas XI.I SMAN 3 Palembang disemester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Menggunakan metode penelitian PTK penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus pembelajaran yang terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, refleksi dan evaluasi yang dilakukan dari awal Juli sampai Akhir Agustus. Data diolah dengan menggunakan rumus analisis persentase. Dimana hasil belajar peserta didik di kegiatan pra siklus hanya 18 orang saja yang mencapai nilai KKM dengan kriteria ketuntasan 40% lalu dilakukan tindakan pada siklus 1 meningkat menjadi 20% dengan kriteria ketuntasan 44,46% namun belum mencapai target capaian yang telah ditetapkan oleh penulis kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 44 orang peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan kriteria ketuntasan 98,78%. Maka penulis menetapkan penelitian berhasil dilakukan.
Keywords:
Wordwall, Hasil Belajar, mata pelajaran PPKnDownloads
References
Aditya, N., Nabillah, W., Ramadani, I., & Rahman Nasution, A. (2023). Penggunaan Media Software PowerPoint Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 14–20. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.42
Anatasya, E., & Anggareni Dewi, D. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha (Vol. 9, Issue 2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Ariyana, Ramdhani, I. S., & Sumiyani. (2020). Merdeka Belajar Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa : Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia , 3(2), 356–370. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2
Azizah, H. N. (2020). Peningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. ALSUNIYAT, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212
Cantika Pertiwi, I. (2023). EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan Pengembangan Media Monopoli Pada Pembelajaran Tema Benda di Sekitarku Siswa Kelas III SD (Vol. 02).
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan , 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079
Gempita, L. E., Alfiandra, A., & Murniati, S. R. (2023). Penerapan Model TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Basicedu, 7(3), 1816–1828. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5592
Irwan, I., & Hasnawi, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 235–245. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.343
Jumrawarsi, & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. 2(3).
Ketut Mudana, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 5(1), 86–94. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. In JPK (Vol. 4, Issue 1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum" Merdeka Belajar" Di Era Society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 05(01).
Nur Khanifah, L. (2019a). Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 5(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Nur Khanifah, L. (2019b). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 5(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter:Jurnal Ilmiah Pendidikan, 01(05). https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/educenter/index
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat , 03(01). www.wordwall.net
Putu, G., & Arimbawa, A. (2021). Penerapan Wordwall Game Quis Berpadukan Clasroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716
Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizky Gustian MR, Kurnisar, Tyas Masito Mutiara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work