Implementasi Aspek Sarana Prasarana Sekolah Ramah Anak di Taman Kanak-kanak
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6568Abstract
Taman Kanak-Kanak menjadi tempat yang aman, nyaman, bersih, sehat, ramah dan menyenangkan tentu menjadi dambaan bagi semua lembaga pendidikan terutama bagi jenjang PAUD. Sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta melindungi berbagai hak dasar pada anak maka pemerintah melaksanakan suatu program yang di sebut Sekolah Ramah Anak. Perwujudan dari Sekolah Ramah Anak sesungguhnya telah banyak dilakukan oleh berbagai pihak. Salah satunya lembaga TK Islam Al-Azhar BSD yang telah ikut mendeklarasikan diri Sebagai Sekolah Ramah Anak pada. Dalam pelaksanaannya tentu tidak mudah karena diperlukan berbagai upaya dalam mengimplementasikannya terutama dalam memenuhi aspek sarana prasarana yang ramah anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sarana prasarana melalui program sekolah ramah anak yang dilaksanakan oleh sekolah TK Islam Al-Azhar BSD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di TK Islam Al-Azhar BSD. Adapaun yang menjadi sumber informan adalah kepala sekolah, guru, orang tua murid/ komite sekolah dan peserta didik dari kelompok B. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa TK Islam Al-Azhar telah mengimplementasikan aspek sarana prasarana berdasarkan panduan pelaksanaan SRA dari pemerintah. Namun dalam prakteknya masih memerlukan peningkatan kualitas ataupun kuantitas dalam beberapa fasilitas diantaranya: lantai toilet dan ketersediaan hygiene kit, toilet bagi penyandang disabilitas, ketersediaan ruang konseling, ketersediaan ruang kreativitasdan ketersediaan kotak komunikasi.
Keywords:
Sekolah Ramah Anak, Taman kanak-kanak, Sarana prasaranaDownloads
References
Amilda, A. (2017). Efektivitas Manajemen Kelas Kelompok Bermain Pada Paud Bon Thorif Palembang. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 21-43.
Amrina, A., Aprison, W., Sesmiarni, Z., Iswantir, M., & Mudinillah, A. (2022). Sekolah Ramah Anak, Tantangan dan Peluangnya dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Globalisasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6803-6812. Doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2130
Direktorat Jendral PAUD. (2013). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. Jakarta, hlm. 15
Evianah, N. (2023). Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan Dan Perlindungan Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3216-3224. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11500
Hafilda, H., & Martana, S. P. (2021). Kriteria Ruang Sekolah Khusus Penyandang Autisme. Waca Cipta Ruang, 7(1), 18-26.
Hilmawati, H., Aminuddin, I., Jaman, U. B., & Iskandar, Y. (2023). Ekspresi Seni Ramah Lingkungan: Belajar, Berkreasi, dan Berkarya (B3) Melalui Teknik Ecoprint Bersama Anak-Anak Desa Cimaja Kecamatan Cikakak. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 2(1), 32-39.
Na'imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747-756. Doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283
Novitasari, N., Habibah, F. H., Yuniar, D. V., Sulistiowati, I. S., Erlina, K. R., Umah, K., ... & Azkiyyah, C. (2022). Perancangan Kelas Desain Interior dalam Membentuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 52-61.
Purwani, A., & Nurfadilah, N. (2021). Kesiapsiagaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Bencana Banjir. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 23-39.
Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 38-52. Doi: http://dx.doi.org/10.31314/pjia.8.1.38-52.2019
Suci, R. P., Suhermin, S., & Triyonowati, T. (2017). Peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini melalui penyediaan sarana penunjang proses pembelajaran pada pos PAUD di Kelurahan Merjosari Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(1), 52-65.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
UNICEF. (2012). Child Friendly School. Diunggah dari https://www.unicef.org/ lifeskills/index_7260.html.
Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86-94. Doi: https://dx.doi.org/10.21831/jc.v15i1.19789
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Leny Madhani, Hamid Patilima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work