Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6233Abstract
Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu bidang dari manajemen umum yang meliputi segi-segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Sumber daya manusia sebagai salah satu sumber daya yang ada dalam organisasi memegang peranan penting dalam keberhasilan pencapaian tujuan organisasi. Berhasil atau tidaknya tergantung pada kemampuan sumber daya manusia dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Manajemen sumber daya manusia adalah proses kegiatan pemimpin yang bermaksud mempekerjakan pegawai yang memberi prestasi cukup dan hasil kepada sumber daya yang ada pada pada sekolah. Beberapa usaha meningkatkan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu sekolah yaitu dengan Meningkatkan sumber daya yang fokus penelitiannya adalah guru. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai penambah wawasan terkait upaya peningkatan mutu sekolah melalui manajemen sumber daya manusia. Adapun hasil penelitian ini adalah terdapat beberapa hal dalam penerapan manajemen sumber daya manusia dalam upaya peningkatan mutu sekolah di SMP Bhakti Pertiwi.
Keywords:
Manajemen, Sumber Daya Manusia, Mutu SekolahDownloads
References
Agus R, A. H., & Ummah, B. (2019). Strategi Image Branding Universitas Nurul Jadid Di Era Revolusi Industri 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 59-81.. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v12i1.352.
Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157-165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957.
Almasri, M N. (2013). Impressum. European Journal of Immunology 43 (10): 2783–2783. https://doi.org/10.1002/eji.201370106.
Arief, M. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SD Insan Amanah Malang). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.709.
Bahri, M. S. (2023). Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di masa Merdeka Belajar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2871-2880. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1954.
Bintoro. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Eri Susan 1. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 952–962
Ekawati, F. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPIT. Jurnal ISEMA: Islamic Educational Management, 3(2), 118-139. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5006.
Goffar, A. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Islam. Islamic Akademika, 3(1), 40-54.
Habibi, A. (2022). Manajemen sumber daya manusia (sdm) di lembaga pendidikan. Taklimuna: Journal of Education and Teaching, 1(1), 1-11.
Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran guru dalam memotivasi belajar siswa selama kegiatan pembelajaran jarak jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193-204. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254.
Hasanah, A. (2022). Urgensi Manajemen Sdm Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smk Bina Nusantara Kebumen. Jurnal Mabiseka (Manajemen, Bisnis, Ekonomi dan Akuntansi), 1(1), 1-16. https://journals.amikpgrikebumen.ac.id/index.php/jurnalmabiseka/article/view/11.
Jumadi, A. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Inklusi Al Irsyad Al Islamiyyah Depok. UNISAN JURNAL, 2(2), 84-90.. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal.
Mubarak, F. (2015). Faktor dan indikator mutu pendidikan islam. Management of Education, 1(1), 10-18.
Samsuni, S. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(1), 113-124. http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/19.
Silaen, N. R., Syamsuriansyah, & Chaerunnisah, R. (2020). Kinjerja Karyawan. In Suparyanto dan Rosad (2015(Vol. 5)
Syarief, F. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Widina Bhakti Persada Bandung. www.penerbitwidina.com.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Karina Nuria Rahman, Abu Hasan Agus R., Muhammad Ainul Yaqin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work