Media Critical Money Integers Berbasis Metode Socrates untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas 6
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6139Abstract
Penelitian pengembangan media ini bertujuan untuk melatih siswa dalam melakukan kegiatan berpikir kritis dalam materi penjumlahan bilangan bulat Matematika, untuk mengetahui besarnya kemampuan berpikir kritis, serta untuk mengetahui keefektifan penerapan media CRIMI (Critical Money Integers) yang berbasis metode Socrates pada kelas 6. Dalam proses pengimplementasian media pada siswa, uji coba media CRIMI dilakukan di SDN Suruh 01 kelas 6. Variabel bebas pada penelitian pengembangan media ini adalah media CRIMI (X) yang berbasis metode Socrates. Sedangkan variabel terikat penelitian pengembangan ini adalah berpikir kritis (Y). Teknik pengambilan data berupa observasi, tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Adapun dilakukan uji validitas oleh ahli materi dan media untuk memvalidasi penggunaan media CRIMI sebelum diuji cobakan pada siswa menggunanakan teknik non-tes. Pada penelitian pengembangan media ini, uji efektifitas pengimplementasian media dilakukan dengan teknik tes yaitu Pre-test dan Post-test. Setelah itu uji normalitas persebaran data dan uji-t dilakukan setelah mendapatkan hasil pengimplementasian media. Hasil penelitian ini menunujukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media CRIMI terhadap kelas 6 SDN Suruh 01, dan hasil uji hipotesis secara statistik adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan media CRIMI yang berbasis metode Socrates dapat diimplementasikan untuk melatih dan mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi penjumlahan bilangan bulat kelas 6.
Keywords:
Berpikir kritis, media CRIMI, metode SocratesDownloads
References
Augustine, N. R. (2011). Educating the Gifted. Psychological Science in the Public Interest, Supplement, 12(1), 1–2. https://doi.org/10.1177/1529100611422045
Beck, A. T., & Dozois, D. J. A. (2011). Cognitive therapy: Current status and future directions. Annual Review of Medicine, 62, 397–409. https://doi.org/10.1146/annurev-med-052209-100032
Baroody, A. J. (2017) What role should concrete experiences play in early childhood mathematics instruction? Interventions in Early Childhood Mathematics Education ed J Sarama and D Clements (Champaign: University of Illinois at Urbana-Champaign) pp 1-73
Chorzempa, B. F., & Lapidus, L. (2009). To find yourself, think for yourself. Teaching Exceptional Children, 41(3), 54-59.
Ernest, P., Skovsmose, O., Bendegem, J. P. van, Bicudo, M., Miarka, R., & Moeller, L. K. R. (2016). The Philosophy of Mathematics Education. ICME-13 Topical Surveys. In ICME-13 Topical Surveys. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-40569-8
Farhana, S., Amaliyah, A., Safitri, A., & Anggraeni, R. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 507-511.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusa Republik Indonesia.
Mukhadis, A. (2014). Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter di Era Globalisasi. FT Universitas Negeri Malang, 113-136.
Piaget, J. (1964). Cognitive development in children. Journal of research in science teaching, 2(2), 176-186.
Rhodes, M. (1961). An analysis of creativity. The Phi Delta Kappan, 42(7), 305-310.
Runco, M. A: (2014). Creativity theories and themes: Research, development and practice. (2nd ed.) USA: Elsevier Inc.
Said, H. (2013). A New Model Program for Academically Gifted Students in Turkey: Overview of the Education Program for the Gifted Students’ Bridge with University (EPGBU). Journal for the Education of the Young Scientist and Giftedness, 1(2), 21–31. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED553590.pdf
Schiller, N. (2008). Finding a socratic method for information literacy instruction. College and Undergraduate Libraries, 15(1–2), 39–56. https://doi.org/10.1080/10691310802176798
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2013). Instructional Technology and Media for Learning: Pearson New International Edition PDF eBook. Pearson Higher Ed.
Sumarna, A. D. (2020). Akuntan Dalam Industri 4.0: Studi Kasus Kantor Jasa Akuntan (KJA) di Wilayah Kepulauan Riau. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 100-109.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sagita Putri Maharani, Yohana Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work