Kesulitan Siswa SMA Dalam Menyusun Artikel Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5946Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan menyusun artikel ilmiah Siswa kelas XII SMA prestasi Utama. Dalam penelitian ini, dilakukan pengambilan data dengan cara penganalisisan nilai siswa dalam materi menyusun artikel ilmiah dan pelaksanaan wawancara mendalam dengan guru dan siswa, Wawancara dilakukan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam materi meyusun artikel ilmiah. Materi tersebut tedapat di dalam Kompetensi Dasar 3.11 dan 4.11 Kurikulum SMA Tahun 2013 Revisi 2020. Kompetensi Dasar 3.11 berisi “Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah”. Selanjutnya, Kompetensi Dasar 4.11 berisi “Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan”. Berdasarkan wawancara diketahui menurut siswa bahwa menulis atau menulis artikel ilmiah merupakan kegiatan yang menyulitkan. Dalam kegiatan menulis artikel ilmiah dibutuhkan waktu yang lama dalam penyelesaiaannya.Kemudian Solusi yang diberikan dalam penyelesaian kesulitan belajar siswa adalah meningkatkan kebiasaan membaca dan menulis siswa, pemberian contoh tulisan siswa setingkat SMA yang berhasil diterbitkan, pemberian reward atau hadiah, pengadaan lomba menulis, interaksi dari pihak sekolah dengan orang tua, penggunaan metode pembelajaran yang interaktif, pemanfaatan teman sebaya, pemanfaatan handphone dan laptop dalam pencarian sumber belajar, dan penciptaan suasana belajar yang kondusif.
Keywords:
Artikel Ilmiah, Kesulitan, MenulisDownloads
References
Adas, D., & Bakir, A. (2013). Writing Difficulties and New Solutions : Blended Learning as an Approach to Improve Writing Abilities. International Journal of Humanities and Social Science.
Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678
Dewi, N. P. E. F. D., Martha, I. N., & Wendra, I. W. (2016). Kesulitan Belajar Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IXC SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. E-Journal Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Undiksha, 5(3), 5. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/download/8619/5619
Didiharyono, & Qur’ani, B. (2019). Increasing Community Knowledge Through the Literacy Movement. To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.35914/tomaega.v2i1.235
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.
Hamalik, O. (2005). Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Tarsito.
Ihsan, F. (2005). Dasar-dasar Kependidikan. PT Rineka Cipta.
Inggriyani, F., & Anisa Pebrianti, N. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175
Novariana, H., Sumardi, & Tarjana, S. S. (2018). Senior high school students’ problems in writing a preliminary study of implementing writing e-journal as self assessment to promote students’ writing skill. ELLiC Proceedings.
Pitrianti, S., & Gasanti, R. (2020). Analisis Kesulitan Menulis Karya Ilmiah Siswa Sma Terbuka. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4283
Simanullang, H., Wahjoedi, & Sapto, A. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Донну.
Solihat, E. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Naratif Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara. https://doi.org/10.37640/jip.v12i2.814
Widayoko, A. (2020). Menulis Artikel Ilmiah dan Esai. Yrama Widya.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lumongga Devitasari, Sadieli Telaumbanua, Sartika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work