Implementasi Pendidikan Karakter di SDN 1 Marong Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5911Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi implementasi pendidikan nilai-nilai karakter yang lakukan di SDN 1 Marong Lombok Tengah dan kendala yang dihadapi sekolah dalam proses implementasi pendidikan nilai-nilai karakter di SDN 1 Marong Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model dari Miles dan Hubeman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah dua orang guru dan dua peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang dilaksanakan di SDN 1 Marong Lombok Tengah melalui kegiatan pengembangan diri, yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian) dan integrasi dalam pembelajaran secara tematik, yaitu melalui Silabus dan RPP serta proses pembelajaran. (2) Kendala yang dihadapi sekolah dalam proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yaitu antara lain kurangnya sarana dan prasarana sekolah yang menunjang proses pengimplementasian pendidikan nilai-nilai karakter di sekolah, kurangnya kerja sama antara sekolah dan orang tua siswa terkait dengan pembiasaan baik yang dilakukan di sekolah dan di rumah guna menanamkan nilai karakter yang baik kepada siswa, dan lingkungan tempat tinggal dan lingkungan pergaulan siswa yang kurang baik.
Keywords:
Implementasi, Pendidikan Karakter, SekolahDownloads
References
Ade, J, S., dkk. (2020) Nilai Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 1(1) 1-5. Diambil dari: https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7583/3170
Andri, K,. & Johan, A. (2017). Pendidikan Karakter Religius, Disiplin, dan Bakat Melalui Peningkatan Kualitas Sarana dan Prasarana Sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 2(2), 259-278. Diambil dari: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/download/1475/1286
Anike, H, P. (2017). Pembinaan Karakter Siswa dalam Membentuk Sikap 3S (Senyum Salam Sapa). Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. 2(2) 201-205. Diambil dari: https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JPS/136/133
Atika, dkk. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Mimbal Ilmu. 24 (1).
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia. 2(2), 223. Diambil dari: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721
Faiziyah, A. (2017). Transformasi Nilai-Nilai Religius Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1) 12-21
Framz, H., Agus, W. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pemikiran, Penelitian Pendidikan Dan Sains. 9(1) 1-17. Diambil dari: https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/download/1303/815
Huda, N. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Multi Kreasi Satu Delapan
Imelda, A., dkk. (2020). Implementasi Metode Pembelajaran Bervariasi Pada Materi SKI Di Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Ilmiah PGMI. 6(1), 52-72. Diambil dari: https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/dowload/6026/3218
Isnaini, M. (2013). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah. Jurnal Al-Ta’lim. 1(6), 445-450.
Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16(3), 280-289. Diambil dari: https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/download/519/38
Ma’rufah, A. (2020). Pengembangan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah. Jurnal Edukasi. 1(1), 125-136
Moleong, lexy, J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustoip, S., Muhammad, J., & Zulela, M,S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya. CV Jakad Publishing Surabaya. Diambil dari: https://files.osf.io/v1/resources/qft7g/providers/osfstorage/5becf3b631c15c00191ad9aa?n=1
Najib, M., Wiyani, N. A., & Sholichin. (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini (1 ed.). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Nur, Z., & Rizkia Pangestika, R. (2022). Penguatan Karakter Toleransi Melalui Budaya Sekolah. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 60–67. https://doi.org/10.56916/bip.v1i2.264
Nurhalimah, I. S. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter: Study Kasus di SMP YPPI Baleendah Kabupaten Bandung. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 219–224. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.191
Radiusman., Erfan. M., Sutisna. D., Syazali. M., Sobri. M. (2020). Pendampingan Pendidikan Karakter Mahasiswa HMPS PGSD Universitas Mataram dalam Kegiatan Kemah Bakti Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(2,) 339-345. Diambil dari: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3844
Rosyad, A.M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 5(2), 173-190. Diambil dari: https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/download/2074/1760
Sahiri, A. E. ., & Faturahman, A. . (2022). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Metode Cerita Islami dalam meningkatkan Nilai Karakter Siswa . Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.56916/ijess.v1i2.225
Sifaun, N., dkk. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnar Basicedu. 5(5), 2483-3489. Diambil dari: https://jbasic,org/index.php/basicedu/article/download/12344/763
Silvia, A., dkk. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha. 7(3) 221-229. Diambil dari : https://docs.google.com/forms/u/0/d/e/1FAlpQLSchjgZPIDV07ClpNaLswdeqdigeFXSWahDBS_bUoU0BHVynQ/formResponse?pli=1
Sudrajat, Jajat. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Bisnis. 13 (1) 100-110
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, Dan Keagamaan. Bali: Nilacakra. Diambil dari: https://books.google.com/books/about/Metodologi_Penelitian_Kualitatif_da lam_I.html?id=8iJtDwAAQBAJ.
Warsah, I. (2020). Islamic Psychological Analysis Regarding To Rahman Based Education Portrait At IAIN Curup. Psikis : Jurnal Psikologi Islami. 6(1), 29-41. Diambil dari: https://doi.rg/10.19109/psikis.v6i1.3941
Wulansari, S. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Peta Menggunaka Metode Pembelajaran Bervariasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 17(2), 84-89. Diambil dari: https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/download/246/221
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ririn Dwi Fatmawati, Moh. Irawan Zain, Muhammad Sobri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work