Penggunaan Voyant Tools Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Kelik Wachyudi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3427

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi harus mampu dimanfaatkan oleh manusia sebagai alat yang dapat mempermudah aktivitasnya, termasuk aktivitas dalam belajar bahasa inggris. Salah satu media digital berbasis web yang dapat dimanfaatkan adalah voyant tools. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan penggunaan Voyant Tools untuk memeriksa teks bahasa Inggris. Pertanyaan penelitian berkisar pada penggunaan Voyant Tools yang efektif untuk analisis teks bahasa Inggris dan persepsi siswa setelah menerima instruksi tentang penggunaannya. Selain itu, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian terdiri dari mahasiswa yang terdaftar di sebuah universitas di Karawang. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Voyant Tools memungkinkan analisis teks dengan memeriksa frekuensi kata, kolokasi, word cloud, konkordansi, visualisasi, dan fungsi-fungsi lain yang tersedia dalam Voyant. Selain itu, semua peserta yang diwawancarai menyatakan kemudahan mereka dalam menggunakan Voyant Tools, yang terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris siswa. Sebagai rangkuman, peneliti menemukan bahwa Voyant Tools berbasis web menawarkan pendekatan yang mudah digunakan untuk menganalisis teks bahasa Inggris. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar para peneliti dan pendidik menggunakan alat berbasis web Voyant untuk memfasilitasi analisis teks bahasa Inggris dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Keywords:

Voyant, analisis teks, penggunaan, persepsi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhudithi, E. (2021). Review of voyant tools: See through your text.

Buzarna-Tihenea, A. (2020). Text analysis tools in ESP teaching. Economic Sciences Series, 2, 252–258. https://doaj.org/article/4716f2bc1aeb45f99cc7c8235b5a325b

Joubert, E. (2021). Distant reading in French music criticism. Nineteenth-Century Music Review, 1–25. https://doi.org/10.1017/S1479409820000476

Hendrigan, H. (2019). Mixing digital humanities and applied science librarianship: Using Voyant Tools to reveal word patterns in faculty research. Issues in Science and Technology Librarianship, 91. https://doi.org/10.29173/istl3

Hetenyi, G., Lengyel, A., & Szilasi, M. (2019). Quantitative analysis of qualitative data: Using Voyant Tools to investigate the sales-marketing interface. Journal of Industrial Engineering and Management, 12(3), 393–404. https://doi.org/10.3926/jiem.2929

Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100.

Miller, A. (2018). Text mining digital humanities projects: Assessing content analysis capabilities of Voyant Tools. Journal of Web Librarianship, 12(3), 169–197. https://doi.org/10.1080/19322909.2018.1479673

Ming, X. (2018). Smart learning models of certified legal translators and interpreters in China. Comparative Legilinguistics, 36(1), 47–64. https://doi.org/10.14746/cl.2018.36.3

Özkan, M. (2022). Millî Eğitim Şûra Kararlarında Okul Kütüphaneleri: Bir Doküman Analizi Çalışması. Bilgi Dünyası, 23(2), 173-198.

Sampsel, L. J. (2018). Voyant tools. Music Reference Services Quarterly, 21(3), 153-157.

Sinclair, S., & Rockwell, G. (2015). Text Analysis and Visualization: Making meaning count. In: S. Schreibman, R. Siemens & J. Unsworth (Eds.), A New Companion to Digital Humanities (pp. 274– 290). Malden, MA: Wiley Blackwell.

Sinclair, S., & Rockwell, G. (2020). Researchers, Teachers, and Learners Seeing New Possibilities with Voyant Tools. The Electronic Journal for English as a Second Language, 24(2).

Warschauer, M., Yim, S., Lee, H., & Zheng, B. (2019). Recent contributions of data mining to language learning research. Annual Review of Applied Linguistics, 39, 93-112.

Welsh, M. E. (2014). Review of Voyant tools. Collaborative Librarianship, 6(2), 96-98.

Downloads

Abstract Views : 362
Downloads Count: 594

Published

2022-12-29

How to Cite

Wachyudi, K. (2022). Penggunaan Voyant Tools Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1661–1668. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3427

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.