Penggunaan Voyant Tools Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3427Abstract
Kemajuan teknologi dan informasi harus mampu dimanfaatkan oleh manusia sebagai alat yang dapat mempermudah aktivitasnya, termasuk aktivitas dalam belajar bahasa inggris. Salah satu media digital berbasis web yang dapat dimanfaatkan adalah voyant tools. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan penggunaan Voyant Tools untuk memeriksa teks bahasa Inggris. Pertanyaan penelitian berkisar pada penggunaan Voyant Tools yang efektif untuk analisis teks bahasa Inggris dan persepsi siswa setelah menerima instruksi tentang penggunaannya. Selain itu, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian terdiri dari mahasiswa yang terdaftar di sebuah universitas di Karawang. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Voyant Tools memungkinkan analisis teks dengan memeriksa frekuensi kata, kolokasi, word cloud, konkordansi, visualisasi, dan fungsi-fungsi lain yang tersedia dalam Voyant. Selain itu, semua peserta yang diwawancarai menyatakan kemudahan mereka dalam menggunakan Voyant Tools, yang terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris siswa. Sebagai rangkuman, peneliti menemukan bahwa Voyant Tools berbasis web menawarkan pendekatan yang mudah digunakan untuk menganalisis teks bahasa Inggris. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar para peneliti dan pendidik menggunakan alat berbasis web Voyant untuk memfasilitasi analisis teks bahasa Inggris dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Keywords:
Voyant, analisis teks, penggunaan, persepsiDownloads
References
Alhudithi, E. (2021). Review of voyant tools: See through your text.
Buzarna-Tihenea, A. (2020). Text analysis tools in ESP teaching. Economic Sciences Series, 2, 252–258. https://doaj.org/article/4716f2bc1aeb45f99cc7c8235b5a325b
Joubert, E. (2021). Distant reading in French music criticism. Nineteenth-Century Music Review, 1–25. https://doi.org/10.1017/S1479409820000476
Hendrigan, H. (2019). Mixing digital humanities and applied science librarianship: Using Voyant Tools to reveal word patterns in faculty research. Issues in Science and Technology Librarianship, 91. https://doi.org/10.29173/istl3
Hetenyi, G., Lengyel, A., & Szilasi, M. (2019). Quantitative analysis of qualitative data: Using Voyant Tools to investigate the sales-marketing interface. Journal of Industrial Engineering and Management, 12(3), 393–404. https://doi.org/10.3926/jiem.2929
Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116.
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100.
Miller, A. (2018). Text mining digital humanities projects: Assessing content analysis capabilities of Voyant Tools. Journal of Web Librarianship, 12(3), 169–197. https://doi.org/10.1080/19322909.2018.1479673
Ming, X. (2018). Smart learning models of certified legal translators and interpreters in China. Comparative Legilinguistics, 36(1), 47–64. https://doi.org/10.14746/cl.2018.36.3
Özkan, M. (2022). Millî Eğitim Şûra Kararlarında Okul Kütüphaneleri: Bir Doküman Analizi Çalışması. Bilgi Dünyası, 23(2), 173-198.
Sampsel, L. J. (2018). Voyant tools. Music Reference Services Quarterly, 21(3), 153-157.
Sinclair, S., & Rockwell, G. (2015). Text Analysis and Visualization: Making meaning count. In: S. Schreibman, R. Siemens & J. Unsworth (Eds.), A New Companion to Digital Humanities (pp. 274– 290). Malden, MA: Wiley Blackwell.
Sinclair, S., & Rockwell, G. (2020). Researchers, Teachers, and Learners Seeing New Possibilities with Voyant Tools. The Electronic Journal for English as a Second Language, 24(2).
Warschauer, M., Yim, S., Lee, H., & Zheng, B. (2019). Recent contributions of data mining to language learning research. Annual Review of Applied Linguistics, 39, 93-112.
Welsh, M. E. (2014). Review of Voyant tools. Collaborative Librarianship, 6(2), 96-98.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kelik Wachyudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work